Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pembelajaran sosial terhadap proses perilaku imitasi perempuan setelah menonton video tayangan beauty vlogger di youtube. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran sosial dengan empat komponen yaitu attention process, retention, reproduction, dan motivation.Data penelitian ini diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap lima informan, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Teori pembelajaran sosial adalah teori yang menyatakan bahwa perilaku yang baru dapat dibentuk dengan cara mengamati dan meniru orang lain. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan dari rumusan masalah bagaimana proses pembelajaran sosial perilaku imitasi perempuan setelah menonton video tayangan beauty vlogger di youtube. Hasil penelitian yang didapatkan dari youtube adalah mendapatkan informasi mengenai skincare dan make up, meningkatkan pengetahuan dalam menonton tayangan beauty vlogger.


Kata kunci: Beauty Vlogger, Youtube, Teori Pembelajaran Sosial

Article Details

How to Cite
Idolina, I. (2023). Representasi Feminisme Tokoh Jo March dalam Film Little Women Perspektif John Fiske. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 7(2), 188–202. https://doi.org/10.33369/jkaganga.7.2.188-202