Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa
Keywords:
Pengembangan, media pembelejaran interaktif, kemampuan pemecahan masalah matematika, self-efficacy siswaAbstract
Abstrak
Penelitian ini menghasilkan suatu produk yaitu media yang mendukung proses pembelajaran yang berbentuk flip book. Hasil ulasan kevalidan pakar materi menyiratkan bahwa media memenuhi taraf sangat valid pada rerata skor 3,2, kevalidan pakar media menunjukkan bahwasannya media memenuhi taraf valid dengan rerata skor 3, dan kevalidan pakar bahasa menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan memenuhi taraf valid dengan rerata skor 3,6. Adapun hasil analisa kelayakan media yang diujikan ke lima orang siswa memenuhi taraf sangat layak dengan perolehan skor rerata 3,25 dan penyebaran media yang dilakukan ke 29 orang siswa mencapai taraf sangat layak dengan rerata skor 3,1. Untuk tingkat keefektifan dengan menganalisa respon siswa, diperoleh kategori sangat baik dengan perolehan rerata skor 3,2 dalam uji coba 5 orang dan pada penyebaran media ke 29 orang siswa mendapati rerata skor 3,1 dengan taraf sangat baik.
Kata kunci: Pengembangan, Media pembelajaran interaktif, Kemampuan pemecahan masalah matematika, Self-efficacy siswa
Abstract
This study produces a product, namely media that support the learning process in the form of a flipbook. The results of the review of the validity of the material experts imply that the media meets the very valid level with an average score of 3.2, the validity of the media experts indicates that the media meets the valid with an average score of 3, and the validity of the linguists shows that the language used meets valid category with an average score of 3.6. The results of the media feasibility analysis tested on five students met the very worth with an average score of 3.25 and the distribution of media carried out to 29 students reached the very worth with an average score of 3.1. For the level of effectiveness by analyzing student responses, obtained a very good level with an average score of 3.
Keywords: Development, interactive learning media, mathematical problem-solving skills, student self-efficacy.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .