Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa

Penulis

  • Diah Ayu Pertiwi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Zulfi Amri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Edi Syahputra Universitas Negeri Medan
  • Irvan Irvan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Kata Kunci:

Pengembangan, media pembelejaran interaktif, kemampuan pemecahan masalah matematika, self-efficacy siswa

Abstrak

Penelitian ini menghasilkan suatu produk yaitu media yang mendukung proses pembelajaran yang berbentuk flip book. Hasil ulasan  kevalidan  pakar materi menyiratkan bahwa media memenuhi taraf sangat valid pada rerata skor 3,2, kevalidan pakar  media menunjukkan bahwasannya media memenuhi taraf valid dengan rerata skor 3, dan kevalidan pakar bahasa menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan memenuhi taraf valid dengan rerata skor 3,6.  Adapun hasil analisa kelayakan media yang diujikan ke lima orang siswa memenuhi taraf sangat layak dengan perolehan skor rerata 3,25 dan penyebaran media yang dilakukan ke 29 orang siswa mencapai taraf sangat layak dengan  rerata skor 3,1. Untuk tingkat keefektifan dengan menganalisa respon siswa, diperoleh kategori sangat baik dengan perolehan rerata skor 3,2 dalam  uji coba 5 orang dan pada penyebaran media ke 29 orang siswa mendapati rerata skor 3,1 dengan taraf sangat baik.

Biografi Penulis

Diah Ayu Pertiwi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

SINTA ID: 5978951

SCOPUS ID: 57219856057

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Pertiwi, D. A., Amri, Z., Syahputra, E., & Irvan, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(2), 46–65. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/18878

Terbitan

Bagian

Articles