KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Penulis

  • Joni Wilson Sitopu Universitas Simalungun
  • Ika Rosenta Purba Universitas Simalungun
  • Dewi Asriyati

Kata Kunci:

Problem based learning, Komunikasi matematis.

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah : Pemilihan model pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi, Keaktifan siswa masih kurang ketika berlangsungnya kegiatan belajar mengajar, Daya serap peserta didik rendah, Guru masih sering menggunakan model ceramah, sehingga penjelasan guru masih bersifat abstrak. Tujuan penelitan ini adalah; untuk mengetahui komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan metode konvensional serta sikap siswa kelas XI SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar.

Metode penelitiannya adalah metode Quasi-experimental design dengan jenis penelitiannya adalah Two Group Randomized Posttest-Only Control Design. Setelah dilakukan tes awal (pretest) pada kedua kelas, selanjutnya dilaksanakan pembelajaran dengan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning, sedangkan pada kelas kontrol  dilaksanakan metode konvensional. Setelah proses pembelajaran selesai, selanjutnya dilakukan tes akhir (posttest). Berdasarkan analisis penelitian, diperoleh 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode konvensional; 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan metode konvensional; dan 3) Terdapat perbedaan Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Referensi

Adiga, U. Dan Sachidananda, A., (2015). Problem Based Learning, International Journal of Current Research, vol 7, No 06, hal 17181-17187.

Amir, M Taufiq. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8. Helping Children think Mathematically. New York : Macmillan Publishing Campany.

Cai, J. & Patricia (2000). Fostering Mathematics Thinking Throught Multiple Solutions. Mathematics Teaching in Middle School. Vol V. USA: NCTM.

Eko Sudarmanto, Yenni, Ima Rahmawati et al., (2022). Metode Riset Kuantitatif dan Kualitatif. In yayasan kita menulis (p. 266).

Faudiah et al. (2018). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah ditinjau dari penalaran siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. 1(1), 41-46.

Hani Subakti, Dina Chamidah, Rosmita Sari, dkk. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan, Medan : Yayasan Kita Menulis.ISBN : 978-623-342-228-4.

Hosnan, (2014). Pendekatan saintifik dan berpikir analisis, kritis, dan kreatif. Jakarta: PT. Grasindo

Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 SMP/MTS ilmu pengetahuan alam. 10 september 2019. www.KementrianPendidikandanKebudayaan.go.id.

National Council of Teacher of Mathematics. (1989). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM

Ngalimun. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana.

Pratiwi et al, (2019). The Reflection of HOTS in EFL Techers ‘ Summative Assessment. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(3), 127-133.

Sitopu, J. W. (2020). PENGARUH SIKAP MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DASAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP USI PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Metabio. 2020., 8(1), 17–30.

Sitopu, J. W., Purba, I. R., & Sipayung, T. (2021). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Dengan Menggunakan Aplikasi SPSS. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 1(2), 82–87. https://doi.org/10.47709/dst.v1i2.1068.

Sitopu, J. W. (2022). PENGARUH SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 5(1), 192–196. https://doi.org/https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1

Sudirman, (2015). Model Pembelajaran Inovatif Kreatif, Semarang : Unnes Press.

Suharta, Luhan, dan Putri, L. A., (2013). Application of Cooperative Problem-Based Learning model to Develop Creativity and Foster Democracy, and Improve Student Learning Outcomes in Chemistry in High School, Journal of Education and Practice, vol 4, No 25, hal.55-60.

Suhendi Syam, Hani Subakti, Sonny Kristianto et al., 2022. Belajar dan Pembelajaran, Medan : Yayasan Kita Menulis.ISBN : 978-623-342-371-7.

Wardoyo, M.S. (2013). Pembelajaran kontruktivisme (teori dan aplikasi pembelajaran dalam pembentukan karakter). Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Sitopu, J. W., Purba, I. R., & Asriyati, D. (2022). KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(2), 66–75. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/22457

Terbitan

Bagian

Articles