Desain Pembelajaran Scaffolding Berorientasi Cognitive Perturbation Pada Perkuliahan Statistika Penelitian Pendidikan Sains
Abstrak
Abstrak
Penelitian bertujuan menghasilkan produk desain pembelajaran scaffolding berorientasi cognitive perturbation dan memperoleh data respon mahasiswa berdasarkan pengembangan desain pembelajaran. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation and Evaluation). Penelitian dibatasi sampai tahap pengembangan (Develop). Sampel penelitian berjumlah 19 mahasiswa S2 pendidikan IPA di salah satu universitas negeri di kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa angket validasi ahli desain dan materi, serta angket respon mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket validasi pada 4 dosen ahli di bidang desain dan materi statistik. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yang kemudian dinarasikan secara kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa desain pembelajaran dikategorikan sangat layak dari aspek desain dan materi dengan persentase sebesar 95,03%. Berdasarkan respon mahasiswa terhadap desain pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan aspek proses pembelajaran dan manfaat diperoleh masing-masing skor persentase rata sebesar 95,57% dan 93%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan dapat menjadi alternatif solusi dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid 19.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .