Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
- Andiyani, N., Sadhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 4 (2), 162.
- Nisja, I. (2019). Comparison of Text Writing Learning Report of Exposition Observation and Text Results Using Web-Based STAD Model. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 5(2). doi:10.22202/jg.2019.v5i2.3480
- Nurdyansyah, N., Fahyuni, & Fariyarul, E.(2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Surabaya: Nizamia Learning Center.
- Pandiangan, S. (2020). Penerapan Media Gambar Peristiwa untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Fenomena Sosial. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 69-70. doi:10.24114/jtp.v13i1.18001
- Putri, S. R., Gani, E., & Hafrison, M. (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 188. doi:10.24036/103935-019883
- Rimayanti, A. I., & Jaja. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Cetak. Jurnal Tuturan, 7 (2), 859-860.
- Rustam, A. (2016). Dasar-Dasar Statistika Dilengkapi Analisis dengan Bantuan Exel dalam SPSS 20. Kolaka: Putri Yolanda.
- Setiono, H., dkk. (2017). Seri Penggayaan Pendalaman Buku Teks Bahasa Indonesia. Jakarta: Yudistira.
- Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Simanjutak, A. V., & Baharuddin. (2018). Kemampuan Meningkatkan Analisis Teks Eksplanasi dengan Media Ilustrasi Digital. Jurnal Komunitas Indonesia, 6 (2), 88-97.
- Simaremare, L. P. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Peta Konsep Pada Materi Ekosistem. Jurnal Metabio, 2(2), 64–65. doi:10.36985/jpbm.v8i2.391
- Suciati, T., Effendi, M. S., & Noermanzah, N. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap Kemampuan Menemukan Ide-ide Pokok Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri B. Srikaton. Jurnal Perspektif Pendidikan, 7(2), 97-98. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/374
- Suratmin, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Dikdas Bantara, 3(1). doi:10.32585/jdb.v3i1.582
- Syukur, M., & Emidar, E. (2020). Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 246. doi:10.24036/108207-019883
- Tatalia, R. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 PANTI. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(1). doi:10.22202/jg.2017.v3i1.1868
- Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP). Jakarta: Kencana Prnanda Media Group.
- Yasir, M., & Karlina, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Mata Pembelajaran Akutansi. Research and Development Jurnal Of Education, 2(1), 53-65.
- Zuraidah, Z. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sains dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IV SD Negeri 101768 Tembung. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 8(4), 404–413. doi:10.24114/sejpgsd.v8i4.11671
Referensi
Andiyani, N., Sadhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 4 (2), 162.
Nisja, I. (2019). Comparison of Text Writing Learning Report of Exposition Observation and Text Results Using Web-Based STAD Model. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 5(2). doi:10.22202/jg.2019.v5i2.3480
Nurdyansyah, N., Fahyuni, & Fariyarul, E.(2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Surabaya: Nizamia Learning Center.
Pandiangan, S. (2020). Penerapan Media Gambar Peristiwa untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Fenomena Sosial. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 69-70. doi:10.24114/jtp.v13i1.18001
Putri, S. R., Gani, E., & Hafrison, M. (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batusangkar. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 188. doi:10.24036/103935-019883
Rimayanti, A. I., & Jaja. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Cetak. Jurnal Tuturan, 7 (2), 859-860.
Rustam, A. (2016). Dasar-Dasar Statistika Dilengkapi Analisis dengan Bantuan Exel dalam SPSS 20. Kolaka: Putri Yolanda.
Setiono, H., dkk. (2017). Seri Penggayaan Pendalaman Buku Teks Bahasa Indonesia. Jakarta: Yudistira.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Simanjutak, A. V., & Baharuddin. (2018). Kemampuan Meningkatkan Analisis Teks Eksplanasi dengan Media Ilustrasi Digital. Jurnal Komunitas Indonesia, 6 (2), 88-97.
Simaremare, L. P. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbasis Peta Konsep Pada Materi Ekosistem. Jurnal Metabio, 2(2), 64–65. doi:10.36985/jpbm.v8i2.391
Suciati, T., Effendi, M. S., & Noermanzah, N. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap Kemampuan Menemukan Ide-ide Pokok Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri B. Srikaton. Jurnal Perspektif Pendidikan, 7(2), 97-98. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/374
Suratmin, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Dikdas Bantara, 3(1). doi:10.32585/jdb.v3i1.582
Syukur, M., & Emidar, E. (2020). Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 246. doi:10.24036/108207-019883
Tatalia, R. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 PANTI. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(1). doi:10.22202/jg.2017.v3i1.1868
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP). Jakarta: Kencana Prnanda Media Group.
Yasir, M., & Karlina, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Mata Pembelajaran Akutansi. Research and Development Jurnal Of Education, 2(1), 53-65.
Zuraidah, Z. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sains dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas IV SD Negeri 101768 Tembung. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 8(4), 404–413. doi:10.24114/sejpgsd.v8i4.11671