Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Dadun Kohar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Bogdan, Robert dan Taylor. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Terjemahan oleh Arief Rurchan, Surabaya: Usaha Nasional.
- Gross, R. (2012a). Psychology the science of mind and behavior. (Edisi Keenam). Buku Pertama. Penerjemah: Drs. Helly Prajitno Soecipto, M.A.& Dra. Sri Mulyantini Soecipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Gross, R. (2012b). Psychology the science of mind and behavior. (Edisi Keenam). Buku Kedua. Penerjemah: Drs. Helly Prajitno Soecipto, M.A.& Dra. Sri Mulyantini Soecipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Hartati, Sri. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Berwarna pada SIswa Kelas IA MIN 1 Kota Bengkulu. Dalam Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3. No. 1, 2017, 1-11. doi: https://doi.org/10.33369/diksa.v3i1.11495.
- Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning: Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak; Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan. Edisi Revisi. Penerjemah: Narulita Yusron. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Jensen, E. (2011). Pembelajaran Berbasis-Otak: Paradigma Pengajaran Baru. (Edisi Kedua). Penerjemah Benyamion Molan. Jakarta: Indeks.
- Kohar, Dadun. (2017). “Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Otak (MPBO) dan Model Pembelajaran Peningkatan Kapasitas Berpikir (MPPKB) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman di SMPN Unggulan Sindang Indramayu.” Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
- Kusumoputro, S. dan Lily D. S. (2008) Belajar & Pola Pikir Berbasis Mekanisme Otak (Whole-Brain Thinking). Jakarta: UI Press.
- Muchlas, M. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: UGM Press.
- Mustopa, Empep dan Febi Junaidi. (2020). “Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik di SMK Negeri 1 Ketapang”. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas Bengkulu.
- Nurmaliah, Siti dan Nunung Nursyamsiah. (2020). “Persepsi Peserta Didik terhadap Media Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid-19”. Klitika Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor 2. Desember 2020. Universitas Veteran Bangun Nusantara.
- Putikadyanto, Agus Purnomo Ahmad, dkk. (2021). “Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Daring di SMAN 1 Pasuruan”. Ghancaran Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Special Edition: Lalonget II. November 2021. IAIN Madura.
- Rusyana, Yus. 1982. Metode Pengajaran Sastra: Untuk Mahasisiwa FKSS dan Guru Pengajar Sastra. Bandung: CV Gunung Larang
- Schunk, D.H. (2012). Learning theoris an educational persepective; teori-teori pembelajaran: perspektif pendidikan. (Edisi Keenam). Penerjemah: Eva Hamdiah & Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Shaleh, Abdul Rahman. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.
- Smith, E.E. & Kosslyn, S.M. (2014). Psikologi kognitif: pikiran dan otak. Penerjemah Drs. Helly Prajitno Soecipto, M.A.& Dra. Sri Mulyantini Soecipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Solso, R.L. dkk. (2007). Psikologi kognitif. (Edisi kedelapan). Alih bahasa: Mikael Rahardanto dan Kristianto Batuadji. Jakarta: Erlangga.
- Sternberg, R.J. (2008). Psikologi kognitif. (Edisi Keempat). Penerjemah Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Sugiyono. (2007) Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
- Surya, Moh. 1992. Psikologi Pendidikan. Edisi Revisi. Bandung: Publikasi Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandung
- Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Off.
- Zahra, Dina & Afnita. (2020). “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bonjol.” Dalam Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6. No. 2, 2020, 83-92. doi: https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.11062.
References
Bogdan, Robert dan Taylor. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Terjemahan oleh Arief Rurchan, Surabaya: Usaha Nasional.
Gross, R. (2012a). Psychology the science of mind and behavior. (Edisi Keenam). Buku Pertama. Penerjemah: Drs. Helly Prajitno Soecipto, M.A.& Dra. Sri Mulyantini Soecipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gross, R. (2012b). Psychology the science of mind and behavior. (Edisi Keenam). Buku Kedua. Penerjemah: Drs. Helly Prajitno Soecipto, M.A.& Dra. Sri Mulyantini Soecipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hartati, Sri. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Berwarna pada SIswa Kelas IA MIN 1 Kota Bengkulu. Dalam Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3. No. 1, 2017, 1-11. doi: https://doi.org/10.33369/diksa.v3i1.11495.
Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning: Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak; Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan. Edisi Revisi. Penerjemah: Narulita Yusron. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jensen, E. (2011). Pembelajaran Berbasis-Otak: Paradigma Pengajaran Baru. (Edisi Kedua). Penerjemah Benyamion Molan. Jakarta: Indeks.
Kohar, Dadun. (2017). “Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Otak (MPBO) dan Model Pembelajaran Peningkatan Kapasitas Berpikir (MPPKB) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman di SMPN Unggulan Sindang Indramayu.” Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Kusumoputro, S. dan Lily D. S. (2008) Belajar & Pola Pikir Berbasis Mekanisme Otak (Whole-Brain Thinking). Jakarta: UI Press.
Muchlas, M. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: UGM Press.
Mustopa, Empep dan Febi Junaidi. (2020). “Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik di SMK Negeri 1 Ketapang”. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas Bengkulu.
Nurmaliah, Siti dan Nunung Nursyamsiah. (2020). “Persepsi Peserta Didik terhadap Media Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid-19”. Klitika Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor 2. Desember 2020. Universitas Veteran Bangun Nusantara.
Putikadyanto, Agus Purnomo Ahmad, dkk. (2021). “Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Daring di SMAN 1 Pasuruan”. Ghancaran Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Special Edition: Lalonget II. November 2021. IAIN Madura.
Rusyana, Yus. 1982. Metode Pengajaran Sastra: Untuk Mahasisiwa FKSS dan Guru Pengajar Sastra. Bandung: CV Gunung Larang
Schunk, D.H. (2012). Learning theoris an educational persepective; teori-teori pembelajaran: perspektif pendidikan. (Edisi Keenam). Penerjemah: Eva Hamdiah & Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Shaleh, Abdul Rahman. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.
Smith, E.E. & Kosslyn, S.M. (2014). Psikologi kognitif: pikiran dan otak. Penerjemah Drs. Helly Prajitno Soecipto, M.A.& Dra. Sri Mulyantini Soecipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Solso, R.L. dkk. (2007). Psikologi kognitif. (Edisi kedelapan). Alih bahasa: Mikael Rahardanto dan Kristianto Batuadji. Jakarta: Erlangga.
Sternberg, R.J. (2008). Psikologi kognitif. (Edisi Keempat). Penerjemah Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2007) Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Surya, Moh. 1992. Psikologi Pendidikan. Edisi Revisi. Bandung: Publikasi Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandung
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Off.
Zahra, Dina & Afnita. (2020). “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bonjol.” Dalam Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6. No. 2, 2020, 83-92. doi: https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.11062.