Main Article Content

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran menulis berita. Prosedur penelitian ini mengikuti prosedur pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah mahasiswa dan dosen program studi PBSI di Universitas PGRI Semarang. Proses pengembangan ini menghasilkan produk berupa menghasilkan produk model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran menulis berita yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data instrumen non tes yaitu angket yang diberikan kepada 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Hasil kelayakan produk menghasilkan produk model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran menulis berita dengan menggunakan skala likert berupa skor 1-5 adalah sebagai berikut: a) Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor sebesar 81,54% yaitu termasuk dalam kategori sangat layak; b) Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor sebesar 78,4% yang termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil kelayakan dapat disimpulkan bahwa produk model pembelajaran project based learning layak digunakan dalam pembelajaran menulis berita.

Keywords

model pembelajaran menulis berita problem based learning

Article Details

Author Biography

Agus Wismanto, Universitas PGRI Semarang

Dosen Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang

References

  1. Alias, N, DeWitt, D, Rahman, M.N.A,Gelamdin, R.B, Rauf, R.A.A, & Siraj,S. 2014. Effectiveness of the biology PtechLS module in a Felda Science Centre. Malaysian Online Journal of Edication Technologi, 2(4).
  2. Bergström, A., & Belfrage, M. J. 2018. Nesw in Social Media. Digital Journalism, 6(5), 1–16. https://doi.org/10.1080/21670811.2018.1423625
  3. Boesman, J., Berbers, A., Haenes, L. d’, & Group, B. Van. 2015. The news is in the frame : A journalist-centered approach to the frame-building process of the Belgian Syria fighters. Journalism, 1–19. https://doi.org/10.1177/1464884915610988
  4. Borg, W.R. dan Gall, M.D. 2007. Educational Research: An Introduktion, Fifthy Edition. New York: Longman. Columbus: Merril Prentice Hall.
  5. Habibi, F., Eviyuliwati, I., & Kartowisastro, S. 2018. The Effect of Reflective Journal Writing on Students ’ Writing Ability o f Narrative Text. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 115(Icems 2017), 16–20.
  6. Husnul, A., & Rohilah. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita melalui Media Peta Konsep pada Siswa kelas VIII-H SMPN Kota Serang tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Membaca UNTIRTA, 3(2), 91–100.
  7. Javed, M., & Juan, W. X. 201). A Study of Students’ Assesments in Writing Skills of the English Language. International Journal of Instruction, 6(2), 129–144.
  8. Khairullah, Syambasril, & Wartiningsih, A. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMAS Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1 – 11.
  9. Khatimah, H. 2018. Posisi dan Peran Media dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Tasamuh, 16(1), 119–136.
  10. Masitoh, S., & Suprijadi, D. 2015. Improving Students Ability in Writing Descriptive Text Using Genre Based Approach (GBA) at the Eight Grade Students of SMP Islam Terpadu Fitrah Insani. ELTIN JOURNAL, 3(1), 38–52.
  11. Nugraha, V. & Sari, H. N. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. Semantik, 8(1), 18 – 28.
  12. Restendy, M. S. 2016. Daya Tarik Jurnalistik, PERS, Berita dan Perbedaan Peran dalam News Casting. Jurnal AL - HIKMAH, 4(2), 1–12.
  13. Wardiani, R. & Mulyaningsih, I. 2015. Kemampuan Menulis Deskripsi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nuurusshiddiiq, Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 1(1), 1-16. doi: 10.24235/ileal.v1i1.36.
  14. Yulastri, A., Hidayat, H., Genefri, Islami, S., & Edya, F. 2017. Developing an entreprenuership module by using product-based learning approach in vocational education. International Journal of Environmental & Science Education, 12(5), 1097-1109.