Main Article Content

Abstract

Novel Guru Aini karya Andrea Hirata memiliki keunikan dalam menceritakan perjuangan tokoh utama dalam menggapai cita-cita. Dari keunikan tersebut diperlukan respons pembaca terutama untuk anak SMA, yaitu terkait apakah benar novel Guru Aini karya Andrea Hirata layak untuk dibaca. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana reader respons pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata di SMA Rejang Lebong kelas XI. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dan metode deskriptif analisis. Data penelitian adalah jawaban dari respon pembaca. Sumber data adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata.penelitian bersumber dari tanggapan siswa di SMAN 2 Rejang Lebong, SMAN 4 Rejang Lebong, dan SMAN 5 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata tentang tokoh yang paling menarik di dalam novel Guru Aini adalah guru Desi, Aini, Enun, Saidah, ayah Desi, Debut. Pesan moral yang dapat dijadikan pelajaran di kehidupan sehari-hari yaitu jangan mudah putus asa, harus berani mengambil resiko, harus bertanggung jawab, harus percaya diri dan harus jujur.


 


Kata Kunci: Novel, Reader Response

Keywords

Reader Response

Article Details

Author Biographies

Widya Putri Dwijayanti, Universitas Bengkulu

Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu

Agus Trianto, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu

Ria Ariesta, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu

References

  1. Abdul Haris Nasution. 2016. Manajemen Sarana dan prasarana dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Multi Kasus di MTsN Pucanglaban dan MTsN Bandung Tulungagung). Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
  2. Afryanto, Suhendi. 2017. Novel dan Pendidikan Nilai. Bandung: Sunan Ambu Press.
  3. Endraswara, Suwardi. 2017. Metodologi Penelitian Sastra, Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
  4. Fajri, EM Zul, Ratu Aprilia Senja. 2017. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Difa Publisher.
  5. Furchan, Arief. 2015. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya : Usaha Nasional.
  6. Guntur Tarifan, Hendry. 2015. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
  7. Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development.. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
  8. Harsanah, Ngurah dkk. 2018. Penerapan Pendekatan Reader Response dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Novel Siswa SMP Mutiara Singaraja. Vol. 8, No. 1, Februari. 2018.
  9. Kadir, Herson dan Patrian Pakaya. 2017. Respons Emosional Pembaca Terhadap Novel Surga yang Dirindukan 2 Karya Asma Nadia. Vol. 6, September 2017.
  10. Kalrier, Mario. 2016. An Introduction to Literary Studies. London: Roultadge.
  11. Kosasih, E. 2015. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia
  12. Muhid, Ahmad. 019. Antara Kemiskinan dan Kedermawan dalam kisah Pak Doblang Serta Keteguhan dan Perjuangan dalam Puisis Paman Doblang: Pendekatan Reader Response. Vol. 6, No. 1, Mei 2019.
  13. Murni, Azura. 2019. Readers’ Response To Maman Suherman’s Re:. A Thesis. Faculty of Language and Arts. Medan: State University.
  14. Nurgiantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  15. Nyoman Kutha Ratna. 2016 (a). Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  16. Pardjimin. 2017. Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Yudistira. Priantoro Agus, Rostamaji,. 2016. menganalisis Gaya Bahasa pada Novel Aku Mati Memeluk Boneka. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  17. Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar. Yogyakarta Romadhon, D. A., & Sunanda, A. 2019. Aspek Motivasi dalam Novel Gading-Gading Ganesha (3G) karya Dermawan Wibisono Kajian Aspek Psikologi Sastra sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Rombon, g. V. W., & claudia, t. S. 2019. Analisis karakter oishi sensei dalam novel nijuushi no hitomi karya sakae tsuboi. Jurnal elektronik fakultas sastra universitas sam ratulangi, 2(2). Salam, D., & Fadhillah, D. 2019. Aspek psikologi pada Novel berjudul Assalamualaikum Beijing karya Asma Nadia (Tinjauan Psikologi Sastra). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2), 15-22.
  18. Segers, Rient. T. 2015. Evaluasi Teks Sastra. Terjemahan Suminto A. Sayuti. Yogyakarta: Adicita Karya Nusantara.
  19. Shaun Tyson. 2018. Essentials of Human Resource Management 5h edition. USA, Elsevier
  20. Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  21. Suroto. 2016. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  22. Wahid, Rosin Novaditya Nur. 2019. Public Disappointment to Gillian Flynn’s Gone Girl Novel (2012): Reader Response theory. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.