Main Article Content
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam iklan layanan masyarakat yang bertemakan Covid-19 pada media televisi nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah: (1) observasi, (2) transkripsi data, (3) pengkodean data, (4) identifikasi data, (5) klasifikasi data, (6) menganalisis data, (7) menarik kesimpulan. Tuturan lokusi bertujuan untuk memberikan informasi, menyatakan, menyampaikan pendapat, mengucapkan salam, dan menjelaskan. Tuturan ilokusi bertujuan untuk mengajak atau menyuruh pemirsa menjaga prokes dalam menghadapi pandemi. Tuturan ini terdiri dari asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Bentuk tuturan asertif bertujuan untuk menjelaskan, menyatakan, dan mengusulkan. Tuturan direktif digunakan untuk memerintah, memberi nasihat, bertanya, dan menyetujui. Tuturan komisif digunakan untuk menawarkan. Sedangkan tuturan ekspresif digunakan untuk mengucapkan terima kasih, mengucapkan salam, dan memuji. Tuturan perlokusi selain berguna untuk menyuruh mitra tutur, secara psikologis berguna merubah pola pikir masyarakat. Tuturan ini bertujuan untuk menimbulkan efek berupa rasa takut, membesarkan hati, meyakinkan, mempengaruhi, menganjurkan, dan mengilhami.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Feri Senovil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Agustina, R. (2021). Studi Terbaru Ungkap Covid-19 Pertama Muncul di China pada Oktober 2019, Ahli: Bukan Buatan Manusia Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Studi Terbaru Ungkap Covid-19 Pertama Muncul di China pada Oktober 2019, Ahli: Bukan Buatan Manusia. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/corona/2021/06/25/studi-terbaru-ungkap-covid-19-pertama-muncul-di-china-pada-oktober-2019-ahli-bukan-buatan-manusia
- Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal (Edisi Revi). PT Rineka Cipta.
- Hastuti, S. (2013). Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 1–82.
- Situmeang, I. V. O. (2016). Modul Pengantar Periklanan. Uniersita Persada Indonesia YAI. http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/123
- Wijana, I. D. P., & Rohmadi, M. (2011). Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis (Y. Kusumawati (ed.); 3rd ed.). Yuma Pustaka.
- Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural (Ermanto (ed.)). FBS UNP Press Padang.
- Zhang, L. (2017). Research on the Color Expression of Public Service Advertisement. Ssah, 330–333. https://doi.org/10.25236/ssah.2017.72
References
Agustina, R. (2021). Studi Terbaru Ungkap Covid-19 Pertama Muncul di China pada Oktober 2019, Ahli: Bukan Buatan Manusia Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Studi Terbaru Ungkap Covid-19 Pertama Muncul di China pada Oktober 2019, Ahli: Bukan Buatan Manusia. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/corona/2021/06/25/studi-terbaru-ungkap-covid-19-pertama-muncul-di-china-pada-oktober-2019-ahli-bukan-buatan-manusia
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal (Edisi Revi). PT Rineka Cipta.
Hastuti, S. (2013). Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 1–82.
Situmeang, I. V. O. (2016). Modul Pengantar Periklanan. Uniersita Persada Indonesia YAI. http://repository.upi-yai.ac.id/id/eprint/123
Wijana, I. D. P., & Rohmadi, M. (2011). Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis (Y. Kusumawati (ed.); 3rd ed.). Yuma Pustaka.
Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural (Ermanto (ed.)). FBS UNP Press Padang.
Zhang, L. (2017). Research on the Color Expression of Public Service Advertisement. Ssah, 330–333. https://doi.org/10.25236/ssah.2017.72