Main Article Content

Abstract

Membaca artikel jurnal merupakan proses membaca akademik yang sama sekali berbeda dengan membaca artikel di surat kabar, majalah, atau sebuah blog.  Kosakata khusus, format yang terstruktur, dan penggunaan ragam bahasa ilmiah membuat mahasiswa membutuhkan strategi, pengetahuan, dan waktu yang lebih banyak daripada membaca tulisan-tulisan biasa pada umumnya. Tujuan penelitian ini menganalisis hambatan dan kebutuhan mahasiswa dalam penugasan membaca artikel jurnal yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran membaca akademik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, dengan menyebarkan angket melalui google form kepada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Hasil yang diperoleh pertama mahasiswa memiliki kendala dalam melaksanakan tahapan proses membaca artikel jurnal, permasalahan tersebut paling banyak terjadi pada tahapan prabaca atau sebelum membaca, yaitu kesulitan dalam menentukan kata kunci untuk menemukan artikel yang sesuai dengan tujuan membaca di berbagai laman pencarian. Permasalahan ini berkaitan erat dengan literasi informasi dan literasi digital. Kedua, mahasiwa membutuhkan penilaian yang melihat hasil dan proses pengerjaan atau penilaian autentik; objektif; jelas; dan transparan. Ketiga, mahasiswa memerlukan rubrik penilaian dan petunjuk pengerjaan soal sebagai pedoman dalam mengerjakan tugas. Keempat, penilaian tidak hanya sekadar angka namun juga memberikan umpan balik yang bisa menumbuhkan mtoivasi mahasiswa dalam mengerjakan tugas membaca artikel. Hasil penelitian diharapkan menjadi gambaran dan dasar dalam mengembangkan instrumen penilaian untuk pembelajaran membaca teks akademik di perguruan tinggi.

Article Details

Author Biographies

Indah Pujiastuti, Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia

Vismaia S. Damayanti, Universitas Pendidikan Indonesia

Dosen Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia

Yeti Mulyati, Universitas Pendidikan Indonesia

Dosen Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia

Andoyo Sastromihardjo, Universitas Pendidikan Indonesia

Dosen Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia

References

  1. Abidin, Y. (2012). Model penilaian otentik dalam pembelajaran membaca pemahaman beroreintasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, II(2), 164–178. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1301
  2. Baier, K., Hendricks, C., Gorden, K. W., Hendricks, J. E., & Cochran, L. (2011). College Students’ Textbook Reading, or Not! American Reading Forum Annual Yearbook, 31, 8 pp. http://americanreadingforum.org/yearbook/index.shtml
  3. Bean, J. C., & Melzer, D. (2021). Engaging Ideas: The Professor’s Guide to Integrating Writing, Critical Thinking, and Active Learning in the Classroom (Third). Jossey-Bass.
  4. Brown, H. D. (2004). Language Assesment: Principles and Classroom Pratices. In Pearson Education. Pearson Education.
  5. Habib, M. (2016). Assessment of Reading Comprehension. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, VIII(I), 125–147. https://doi.org/10.18662/rrem/2016.0801.08
  6. Hermida, J. (2009). The Importance of Teaching Academic Reading Skills In First-Year University Courses. The International Journal of Research and Review, 3(September). https://doi.org/10.2139/ssrn.1419247
  7. Hoeft, M. E. (2012). Why University Students Don’t Read: What Professors Can Do To Increase Compliance. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 6(2). https://doi.org/10.20429/ijsotl.2012.060212
  8. Hussein, A. (2011). Assessment for Reading vs. Assessment of Reading: What, Why and How. Annual Conference of the Egyptian Association of Reading & Literacy. https://www.jazanu.edu.sa/Administrations/sfc/Documents/edu/1.pdf
  9. Indriana, L. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi E-learning Dalam Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di Kelas X MAN 2 Ponorogo. IAIN Ponorogo.
  10. Martiarini, E. (2018). Reading for Academic Purposes: Problems Faced by Undergraduate Students of Visual Communication Design, University of Indraprasta PGRI. Channing: Journal of English Language …, 3(1), 16–26. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/Channing/article/view/250
  11. Ozan, C. (2019). The effect of authentic assessment on academic achievement and attitude towards educational measurement and opinions of prospective teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 299–312. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.18564
  12. Pujiastuti, I., Damaianti, V. S., & Syihabuddin. (2022). Membangun Pemahaman Bacaan Mahasiswa melalui Aktivitas Pascabaca. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 119–134.
  13. Purugganan, M., & Hewitt, J. (2004). How to Read a Scientific Article. Ricce University. https://doi.org/10.1016/S1278-3218(97)89559-5
  14. Rohman, M. A. A. A., & Lestari, W. M. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizziz dalam evaluasi Pembelajaran Daring Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Macam-Macam Gaya Kelas IV MI AL Ihsan Damarsi. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1, 31–39.
  15. Sharma, A., Hoof, B. Van, & Pursel, B. (2013). View of An Assessment of Reading Compliance Decisions among Undergraduate Students. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 13(4), 103–123.
  16. Stevens, D. D., & Levi, A. (2005). Introduction to Rubrics: An Assessment Tool to Save Grading Time, Convey Effective Feedback and Promote Student Learning. In Journal of College Student Development (Vol. 47, Issue 3). Stylus Publishing. https://doi.org/10.1353/csd.2006.0033
  17. Subramanyam, R. (2013). Art of Reading a Journal Article: Methodically and Effectively. Journal of Oral and Maxillofacial Pathology.
  18. Suryoputro, G., Riadi, S., & Sya’ban, A. (2012). Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Uhamka Press.
  19. Susanti, E., & Nurhamidah, D. (2022). Pembelajaran Produktif Berbasis Literasi Digital Pada Mahasiswa Bipa (Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing). Jurnal Diksa, 8(1), 68–75. https://ejournal.unib.ac.id/jurnaldiksa/article/view/22658
  20. Suzanne, N., Mukhaiyar, Rozimela, Y., & Refnaldi. (2020). Developing Reading Task Evaluation Rubric to Identify Target Tasks for Particular Readers: An Analyzing Stage. The Eight International Conference on Languages and Arts (ICLA 2019), 463, 54–58. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200819.011
  21. Thomas, S., & Verghis, L. (2018). Reading Assessment. IJRAR, 5(4), 32–37. https://doi.org/10.1177/153450849001600107
  22. Thompson, M. D. (1995). Authentic Reading Assessment: The Reading Portfolio. https://scholarworks.lib.csusb.edu/etd-project/1134
  23. Yambi, T. de A. C. (2018). Assessment and Evaluation in Education. https://www.researchgate.net/publication/342918149_ASSESSMENT_AND_EVALUATION_IN_EDUCATION/citations
  24. Zeivots, S. (2021). Up to 80% of Uni Students Don’t Read Their Assigned Readings. Here are 6 Helpful Tips for Teachers. The Conversation. https://theconversation.com/up-to-80-of-uni-students-dont-read-their-assigned-readings-here-are-6-h