Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak mahasiswa yang diperoleh dari hasil Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa selama tahun 2022 mahasiswa yang melaksanakan UKBI di Kantor Bahasa provinsi Bengkulu sebanyak 175 mahasiswa. Dari 175 mahasiswa tersebut rata-rata skor keterampilan menyimakkan mahasiswa adalah 472 yang artinya berada pada peringkat 5 yaitu semenjana. Predikat ini menunjukkan bahwa peserta uji memiliki kemahiran yang cukup memadai dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Namun dalam berkomunikasi untuk keperluan keilmiahan, yang bersangkutan sangat terkendala. Untuk keperluan keprofesian dan kemasyarakatan yang kompleks, yang bersangkutan masih mengalami kendala, tetapi tidak terkendala untuk keperluan keprofesian dan kemasyarakatan yang tidak kompleks. Hal ini juga masih jauh dari standar tentang standar kemahiran berbahasa indonesia yang telah dirumuskan pemerintah pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2016. Berdasarkan peraturan tersebut dapat disimpulkan bahwa kategori semenjana atau kategori di bawahnya diperuntukan untuk profesi teknisi, asisten ahli, juru masak, petani, peternak, nelayan, pekerja bangunan,tukang kayu, operator mesin, perakit mesin, sopir, pramuwisma, tenaga kebersihan, buruh, pengasuh bayi dan penjaga kebun. Diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa diantaranya meningkatkan intesitas mahasiswa untuk berlatih menyimak.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Nafri Yanti, Catur Wulandari, Fina Hiasa, Safinatul Hararahap

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
- Arono, & Nadrah. (2020). Model Pembelajaran Menyimak Kritis. PT Raja Grafindo Persada.
- Corey, J., & Benson, D. H. (2016). Audio production and critical listening: Technical ear training, second edition. In Audio Production and Critical Listening: Technical Ear Training. https://doi.org/10.4324/9781315727813
- Elitasari, H. T., Mustadi, A., & Saifudin, M. F. (2019). Implementation of UKBI to improve students’ listening ability. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 255–262. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.12182
- Erkek, G., & Batur, Z. (2020). A Comparative Study on Critical Thinking in Education: From Critical Reading Attainments to Critical Listening Attainments. International Journal of Education and Literacy Studies, 8(1), 142. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.8n.1p.142
- Everest, F. A. (2007). Critical listening skills for audio professionals.
- Ferrari-Bridgers, F., Vogel, R., & Lynch, B. (2017). Fostering and Assessing Critical Listening Skills in the Speech Course. International Journal of Listening, 31(1), 19–32. https://doi.org/10.1080/10904018.2015.1020231
- Hudaa, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Dengan Simulasi Tes Ukbi Sebagai Tes Standar Bahasa Indonesia. Salingka, 16(1), 47. https://doi.org/10.26499/salingka.v16i1.229
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2016 tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia, Pub. L. No. Nomor 70 Tahun 2016, Lembaran Negara RI Tahun 2016, Sekretariat Negara. Jakarta. (2016). https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=1588
- Kusmiatun, A. (2019). Pentingnya Tes Kemahiran Berbahasa Indonesia Bagi Pemelajar Bipa Bertujuan Akademik. Diksi, 27(1), 8–13. https://doi.org/10.21831/diksi.v27i1.26140
- Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang pendidikan. Alfabeta.
- Nurhayati, S. (2016). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks cerita Ulang dengan Teknik UKBI bagi Siswa Kelas XI TIPTL 1 SMK Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal Unnes. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/13897
- Oktriono, K. (2019). UKBI: Experimental development of web-based Indonesian language proficiency test for foreign speakers. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012254
- Pratama, P. M. (2021). Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia melalui Program Klinik Bahasa UKBI Adaptif. Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1143
- Ramdhan, V., Ramliyana, R., & Sutisna, U. (2022). Pelatihan tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di SMK Al–Husna Bojong Gede. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 144–149. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5489
- Renwick, R., Dow, C., Palmer, O. E., & Kuykendall, R. E. (1954). A critical listening exercise. Central States Speech Journal, 5(2), 25–27. https://doi.org/10.1080/10510975409362345
- Solak, E., & Erdem, G. (2016). Teaching Language Skills for Prospective English Teachers. In World (Vol. 3). Nisan Kitabevi. https://www.researchgate.net/publication/301770203_TEACHING_LANGUAGE_SKILLS_FOR_PROSPECTIVE_ENGLISH_TEACHERS
- Sumarsih, N. (2018). Strategi Penanganan Soal UKBI Menurut Dimensi Soal Faktual (Strategies of UKBI Question Management Based on Dimension of Factual Question). Totobuang, 3(3), 1–13. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020
- Walzer, D. A. (2015). Critical listening assessment in undergraduate music technology programmes. Journal of Music, Technology and Education, 8(1), 41–53. https://doi.org/10.1386/jmte.8.1.41_1
- Wedayanthi, Suandi, & Artawan. (2014). Efektivitas Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karya Tulis Sehubungan Dengan Perolehan Skor Sesi Menulis Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (Ukbi) Pada Guru. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10. http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_bahasa/article/view/1402
- Yanti, N., Mulyati, Y., Sunendar, D., & Damaianti, V. (2022). Covid-19 Pandemic and the Implications for Needs Listening Teaching Materials. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 11(3), 961–972.
- Yanti, N., Mulyati, Y., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2021). Proceedings of the 3rd International Conference on Educational Science and Teacher Profession (ICETeP 2021). Utilization of Digital Technology in Learning Listening Skills During the Covid-19 Pandemic, 188–202. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-19-0
- Zalmansyah, A. (2013). Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Bagi Guru dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Se-Lampung Utara. Sirok Bastra, 2.
Referensi
Arono, & Nadrah. (2020). Model Pembelajaran Menyimak Kritis. PT Raja Grafindo Persada.
Corey, J., & Benson, D. H. (2016). Audio production and critical listening: Technical ear training, second edition. In Audio Production and Critical Listening: Technical Ear Training. https://doi.org/10.4324/9781315727813
Elitasari, H. T., Mustadi, A., & Saifudin, M. F. (2019). Implementation of UKBI to improve students’ listening ability. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 255–262. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.12182
Erkek, G., & Batur, Z. (2020). A Comparative Study on Critical Thinking in Education: From Critical Reading Attainments to Critical Listening Attainments. International Journal of Education and Literacy Studies, 8(1), 142. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.8n.1p.142
Everest, F. A. (2007). Critical listening skills for audio professionals.
Ferrari-Bridgers, F., Vogel, R., & Lynch, B. (2017). Fostering and Assessing Critical Listening Skills in the Speech Course. International Journal of Listening, 31(1), 19–32. https://doi.org/10.1080/10904018.2015.1020231
Hudaa, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Dengan Simulasi Tes Ukbi Sebagai Tes Standar Bahasa Indonesia. Salingka, 16(1), 47. https://doi.org/10.26499/salingka.v16i1.229
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2016 tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia, Pub. L. No. Nomor 70 Tahun 2016, Lembaran Negara RI Tahun 2016, Sekretariat Negara. Jakarta. (2016). https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=1588
Kusmiatun, A. (2019). Pentingnya Tes Kemahiran Berbahasa Indonesia Bagi Pemelajar Bipa Bertujuan Akademik. Diksi, 27(1), 8–13. https://doi.org/10.21831/diksi.v27i1.26140
Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang pendidikan. Alfabeta.
Nurhayati, S. (2016). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks cerita Ulang dengan Teknik UKBI bagi Siswa Kelas XI TIPTL 1 SMK Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal Unnes. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/13897
Oktriono, K. (2019). UKBI: Experimental development of web-based Indonesian language proficiency test for foreign speakers. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012254
Pratama, P. M. (2021). Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia melalui Program Klinik Bahasa UKBI Adaptif. Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1143
Ramdhan, V., Ramliyana, R., & Sutisna, U. (2022). Pelatihan tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di SMK Al–Husna Bojong Gede. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 144–149. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5489
Renwick, R., Dow, C., Palmer, O. E., & Kuykendall, R. E. (1954). A critical listening exercise. Central States Speech Journal, 5(2), 25–27. https://doi.org/10.1080/10510975409362345
Solak, E., & Erdem, G. (2016). Teaching Language Skills for Prospective English Teachers. In World (Vol. 3). Nisan Kitabevi. https://www.researchgate.net/publication/301770203_TEACHING_LANGUAGE_SKILLS_FOR_PROSPECTIVE_ENGLISH_TEACHERS
Sumarsih, N. (2018). Strategi Penanganan Soal UKBI Menurut Dimensi Soal Faktual (Strategies of UKBI Question Management Based on Dimension of Factual Question). Totobuang, 3(3), 1–13. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020
Walzer, D. A. (2015). Critical listening assessment in undergraduate music technology programmes. Journal of Music, Technology and Education, 8(1), 41–53. https://doi.org/10.1386/jmte.8.1.41_1
Wedayanthi, Suandi, & Artawan. (2014). Efektivitas Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karya Tulis Sehubungan Dengan Perolehan Skor Sesi Menulis Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (Ukbi) Pada Guru. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10. http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_bahasa/article/view/1402
Yanti, N., Mulyati, Y., Sunendar, D., & Damaianti, V. (2022). Covid-19 Pandemic and the Implications for Needs Listening Teaching Materials. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 11(3), 961–972.
Yanti, N., Mulyati, Y., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2021). Proceedings of the 3rd International Conference on Educational Science and Teacher Profession (ICETeP 2021). Utilization of Digital Technology in Learning Listening Skills During the Covid-19 Pandemic, 188–202. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-19-0
Zalmansyah, A. (2013). Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Bagi Guru dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Se-Lampung Utara. Sirok Bastra, 2.