Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak mahasiswa yang diperoleh dari hasil Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa selama tahun 2022 mahasiswa yang melaksanakan UKBI di Kantor  Bahasa provinsi Bengkulu sebanyak 175 mahasiswa. Dari 175 mahasiswa tersebut rata-rata skor keterampilan menyimakkan mahasiswa adalah 472 yang artinya berada pada peringkat 5 yaitu semenjana. Predikat ini menunjukkan bahwa peserta uji memiliki kemahiran yang cukup memadai dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Namun dalam berkomunikasi untuk keperluan keilmiahan, yang bersangkutan sangat terkendala. Untuk keperluan keprofesian dan kemasyarakatan yang kompleks, yang bersangkutan masih mengalami kendala, tetapi tidak terkendala untuk keperluan keprofesian dan kemasyarakatan yang tidak kompleks. Hal ini juga masih jauh dari standar tentang standar kemahiran berbahasa indonesia yang telah dirumuskan pemerintah pada  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2016. Berdasarkan peraturan tersebut dapat disimpulkan bahwa kategori semenjana atau kategori di bawahnya  diperuntukan untuk profesi teknisi, asisten ahli, juru masak, petani, peternak, nelayan, pekerja bangunan,tukang kayu, operator mesin, perakit mesin, sopir, pramuwisma, tenaga kebersihan, buruh, pengasuh bayi dan penjaga kebun. Diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa diantaranya meningkatkan intesitas mahasiswa untuk berlatih menyimak.

Keywords

UKBI Mahasiswa Bengkulu

Article Details

Author Biographies

Nafri Yanti, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu

Catur Wulandari, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu

Fina Hiasa, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu

Safinatul Hasanah Hararahap, Universitas Negeri Medan

Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu

References

  1. Arono, & Nadrah. (2020). Model Pembelajaran Menyimak Kritis. PT Raja Grafindo Persada.
  2. Corey, J., & Benson, D. H. (2016). Audio production and critical listening: Technical ear training, second edition. In Audio Production and Critical Listening: Technical Ear Training. https://doi.org/10.4324/9781315727813
  3. Elitasari, H. T., Mustadi, A., & Saifudin, M. F. (2019). Implementation of UKBI to improve students’ listening ability. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 255–262. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.12182
  4. Erkek, G., & Batur, Z. (2020). A Comparative Study on Critical Thinking in Education: From Critical Reading Attainments to Critical Listening Attainments. International Journal of Education and Literacy Studies, 8(1), 142. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.8n.1p.142
  5. Everest, F. A. (2007). Critical listening skills for audio professionals.
  6. Ferrari-Bridgers, F., Vogel, R., & Lynch, B. (2017). Fostering and Assessing Critical Listening Skills in the Speech Course. International Journal of Listening, 31(1), 19–32. https://doi.org/10.1080/10904018.2015.1020231
  7. Hudaa, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Dengan Simulasi Tes Ukbi Sebagai Tes Standar Bahasa Indonesia. Salingka, 16(1), 47. https://doi.org/10.26499/salingka.v16i1.229
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2016 tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia, Pub. L. No. Nomor 70 Tahun 2016, Lembaran Negara RI Tahun 2016, Sekretariat Negara. Jakarta. (2016). https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=1588
  9. Kusmiatun, A. (2019). Pentingnya Tes Kemahiran Berbahasa Indonesia Bagi Pemelajar Bipa Bertujuan Akademik. Diksi, 27(1), 8–13. https://doi.org/10.21831/diksi.v27i1.26140
  10. Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang pendidikan. Alfabeta.
  11. Nurhayati, S. (2016). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks cerita Ulang dengan Teknik UKBI bagi Siswa Kelas XI TIPTL 1 SMK Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal Unnes. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/13897
  12. Oktriono, K. (2019). UKBI: Experimental development of web-based Indonesian language proficiency test for foreign speakers. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012254
  13. Pratama, P. M. (2021). Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia melalui Program Klinik Bahasa UKBI Adaptif. Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1143
  14. Ramdhan, V., Ramliyana, R., & Sutisna, U. (2022). Pelatihan tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) di SMK Al–Husna Bojong Gede. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 144–149. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5489
  15. Renwick, R., Dow, C., Palmer, O. E., & Kuykendall, R. E. (1954). A critical listening exercise. Central States Speech Journal, 5(2), 25–27. https://doi.org/10.1080/10510975409362345
  16. Solak, E., & Erdem, G. (2016). Teaching Language Skills for Prospective English Teachers. In World (Vol. 3). Nisan Kitabevi. https://www.researchgate.net/publication/301770203_TEACHING_LANGUAGE_SKILLS_FOR_PROSPECTIVE_ENGLISH_TEACHERS
  17. Sumarsih, N. (2018). Strategi Penanganan Soal UKBI Menurut Dimensi Soal Faktual (Strategies of UKBI Question Management Based on Dimension of Factual Question). Totobuang, 3(3), 1–13. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020
  18. Walzer, D. A. (2015). Critical listening assessment in undergraduate music technology programmes. Journal of Music, Technology and Education, 8(1), 41–53. https://doi.org/10.1386/jmte.8.1.41_1
  19. Wedayanthi, Suandi, & Artawan. (2014). Efektivitas Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karya Tulis Sehubungan Dengan Perolehan Skor Sesi Menulis Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (Ukbi) Pada Guru. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10. http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_bahasa/article/view/1402
  20. Yanti, N., Mulyati, Y., Sunendar, D., & Damaianti, V. (2022). Covid-19 Pandemic and the Implications for Needs Listening Teaching Materials. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 11(3), 961–972.
  21. Yanti, N., Mulyati, Y., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2021). Proceedings of the 3rd International Conference on Educational Science and Teacher Profession (ICETeP 2021). Utilization of Digital Technology in Learning Listening Skills During the Covid-19 Pandemic, 188–202. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-19-0
  22. Zalmansyah, A. (2013). Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Bagi Guru dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Se-Lampung Utara. Sirok Bastra, 2.