Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengdeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia pada guru SMA Negeri 8 Bengkulu Selatan secara lisan pada saat proses belajar mengajar sesuai dengan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. Data pada penelitian ini dikumpulkan  dengan teknik pengamatan dan rekaman. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah: (1) transkripsi data, (2) kodifikasi data, (3) klasifikasi data, (4) interpretasi data, (5) menarik keSimpulan. Temuan penelitian data menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan guru SMA Negeri 8 Bengkulu Selatan adalah bahasa Indonesia dan bahasa Serawai. Bahasa yang digunakan ini mengandung fungsi personal atau pribadi, fungsi direktif, dan fungsi referensial. Tindak tutur yang diTemuankan meliputi tindak tutur representatif, tindak tutur direktif, tindak tutur ekspresif, dan tindak tutur interogatif.This research purpose  was to describe the state of the usage of Indonesian  at SMAN 8 South Bengkulu teacher verbally during the learning process in accordance with  facts found  in the field. Data collection in this research was done by observation and recording technique. Data which have been obtained were  analysed with the steps:  1) data collecting, (2) transcription of data, (3) codification of data, (4) classification of data, (5)  interpretation of data, (6) making concluding. The results of research  show that the use of Ianguage teacher at SMAN 8  Bengkulu Selatan is Indonesian languages anda Serawai languages.  This languages included personal function, directive function, and reference function. speech  act which yielded included a  representative speech act, directive speech act, expressive speech act, and interogative speech act.

Article Details

Author Biography

Sumarsih Sumarsih, SMA Negeri 8 Bengkulu Selatan

Guru SMA Negeri 8 Bengkulu Selatan

References

  1. Aslinda dan Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama
  2. Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta
  4. Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya:Usaha Nasional
  5. Ibrahim, Abd. Syukur. 1995. Sosiolinguistik Sajian, Tujuan, Pendekatan, dan Problem. Surabaya: Usaha Nasional
  6. Rahardi, R. Kunjana. 2004. Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma
  7. Rahardi, R. Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
  8. Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: Semarang Press
  9. Sumarsono dan Paina Partana. 2002. Sosiolinguistik.Yogyakarta: Sabda
  10. Suryaman, Ukun. 1992. Dasar-Dasar Bahasa Indonesia Baku. Bandung: Alumni