Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur yang dominan dalam membuka, menerangkan , dan menutup pelajaran dalam wacana kelas menyimak pada kelas Vb saat membuka pelajaran di SDN 62 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2012/2013 didasarkan pada kategori tindak tutur (speech act categories) menurut Sinclair dan Coulthard’s (IRF) Penelitian ini merupakan penelitian wacana kelas yang mendeskripsikan wacana kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu observasi rekaman video. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa tindak tutur yang dominan saat pembelajaran, yakni tindak tutur reply sebanyak 82 tindak tutur atau 12, 4% dari seluruh tindak, directive sebanyak 57 tindak tutur atau 8,6% dari seluruh tindak tutur, elicitation sebanyak 53 tindak tutur atau 8% dari seluruh tindak tutur dan nomination 52 atau 7,9% dari seluruh tindak tutur yang mengarah pada tanya jawab dalam pembelajaran dan penunjukkan pada nama siswa untuk meminta respon. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) data yang dominan ditemukan tidak cukup menonjol sebagai data yang menjadi penguatan pembelajaran (2) tindak tutur guru sangat dominan dalam pembelajarqn sehingga mengabaikan pembelajaran siswa aktif. Implikasi dalam pembelajaran dikhawatirkan akan berdampak pada tercapainya komunikatif pembelajaran yang dalam kurun waktu lama akan berdampak pada mutu pendidikan.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Aslinda dan Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.
- Atkins, Andrew. 2001. Sinclair and Coulthard,s IRF, Model in A One to One Classroom: Analysis. https://www.birmingham.ac.uk/documents/college-artslaw/cels/essays/csdp/atkins4.pdf
- Betsy, Rymes. 1990. Classroom Discourse Analysis: A Tool for Critical Reflection. Creekill, NJ: Hampton Press.
- Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
- Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
- Danim, Sudarwan. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Danim, Sudarwan. 2010. Pedagogi Andragogi dan Heutagogi. Jakarta: Rineka Cipta.
References
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aslinda dan Leni Syafyahya. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.
Atkins, Andrew. 2001. Sinclair and Coulthard,s IRF, Model in A One to One Classroom: Analysis. https://www.birmingham.ac.uk/documents/college-artslaw/cels/essays/csdp/atkins4.pdf
Betsy, Rymes. 1990. Classroom Discourse Analysis: A Tool for Critical Reflection. Creekill, NJ: Hampton Press.
Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Danim, Sudarwan. 2010. Pedagogi Andragogi dan Heutagogi. Jakarta: Rineka Cipta.