Main Article Content

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah peran metode Role Playing dalam menumbuhkan apresiasi drama dan bahasa alami siswa. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif, dan data dalam penelitian ini merupakan data sekunder, dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode Role Playing dapat membantu siswa menumbuhkan apresiasi drama dan bahasa alaminya. Metode ini akan menjadi lebih baik baik lagi jika dilakukan persiapan mengajar dan latiahn penggunaan metode, penggunaan media pembelajaran, memahami gaya belajar dan personalitas pembelajar, dan meningkatkan kualitas peran guru di dalam kelas.

Keywords

metode role playing drama

Article Details

Author Biographies

Ria Ariesta, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Bengkulu

Amril Canrhas, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Bengkulu

Imranudin Imranudin, Universitas Bengkulu

Dosen Universitas Bengkulu

References

  1. Brown, H. Douglas. 2007. Teaching by Principles. New York: Pearson Education.
  2. Dahlan, M.D. 1984. Model-model Mengajar. Bandung: CV Diponegoro.
  3. DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2010. Quantum Learning. Penerjemah Alwiyah Abdurrahman, Bandung: Kaifa.
  4. DePorter, Bobbi, Mark Reardon, Susan Singer-Nourie, 2010. Quantum Teaching. Penerjemah Ary Nilandari, Bandung: Kaifa.
  5. Fadlan, M. Nida. 2010. http://miftah19. wordpress.com/2010/09/27/tujuan-pembelajaran-bahasa/
  6. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2120528-tujuan-pembelajaran-sastra-menurut-moody/
  7. Joyce, Bruce dan Marsha Weil. 1980. Models of Teaching, New Jersey: Prentice-Hall.
  8. Palmer, H. E. 1974. The Principles of Language Study. Oxford: Oxford University Press.
  9. Ridwan, Sakura. 2011. Metodologi Pemelajaran Bahasa: Aplikasi dalam Pengajaran Morfologi-Sintaksis, Yogyakarta: Kepel Press.
  10. Suheri, Anita. 2011. “Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Drama Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu Tahun pelajaran 2010/1011”, Skripsi, Bengkulu: Tidak Diterbitkan.
  11. Trianto, Agus. 2009, “Problem Pengajaran Sastra di SMK” http://agupenajateng.net/2009/02/20/problem-pengajaran-sastra-di-smk
  12. Waluyo, Herman J. 2003. Drama: Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.