Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter secara terintegrasi dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas XI TIK SMK Negeri 2 Kepahiang yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, rekaman, dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan pada kegiatan perencanaan implementasikan pendidikan karakter sudah terintegrasi dalam bentuk menyusun silabus dan RPP berkarakter. Implementasikan pendidikan karakter pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui ucapan langsung serta tingkah laku guru dan siswa yang sesuai dengan indikator pelaksanaan pendidikan karakter. Nilai pendidikan karakter yang belum diimplementasikan dalam kegiatan ini adalah cinta damai dan peduli lingkungan. Implementasi pendidikan karakter pada kegiatan evaluasi dilakukan pada proses evaluasi. Sedangkan pada hasil evaluasi belum diimplementasikan. Simpulan penelitian ini adalah pada kegiatan perencanaan pendidikan karakter sudah diimplementasikan secara optimal oleh guru, kegiatan pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter sudah diimplementasikan secara optimal oleh guru dan siswa, tetapi pada evaluasi pembelajaran pendidikan karakter belum diimplementasikan secara optimal karena pembelajaran hanya berfokus pada penilaian hasil belajar.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
- Arikunto, Suharsimi. 2006: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Damayanti, Dewi. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska.
- Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
- Fathurrohman, Pupuh, dkk. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
- Finoza, Lamuddin. 2004. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Insan Mulia.
- Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta Bandung.
- Harsono, Hanafiah. 2002. Implementasi Kebijakan dan Politik. Bandung: PT. Mutiara Sumber Widya.
- Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
- Keraf, Gorys. 1982. Eksposisi dan Deskripsi Cetakan Kedua. Ende: Nusa Indah.
- Kusuma, Suherli, 2010. Guru Bahasa Indonesia Profesional. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya.
- Mahsun. 2014. Menulis Karangan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
- Milles, Mattew B, dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
- Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
- Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
- Sanddhono, Kundharu dan Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: KPD (Karya Putra Darwanti Bandung).
- Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
- Setiawan, Guntur. 2004. Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
- Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta Bandung.
- Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta Bandung.
- Surahmad, Winarno. 1992. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
- Usman, Nurdin. 2002. Konmenulis karangan Implementasi Berbasis Kurikulum. Semarang: CV. Obor Pustaka.
- Wahyuni, Sri dan Abd. Syukur Ibrahim. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung: Refika Aditama.
- Widyamartaya, A. 1992. Seni Menuangkan Gagasan Cetakan Kedua. Yogyakarta: Karnisius.
- Zuchdi, Damiyati, dkk. 2013. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembalajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Jakarta: CV. Multi Presanndo.
- Zusnani, Ida. 2013. Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. Bantul: Platinum.
References
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Arikunto, Suharsimi. 2006: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Damayanti, Dewi. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska.
Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
Fathurrohman, Pupuh, dkk. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Finoza, Lamuddin. 2004. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Insan Mulia.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta Bandung.
Harsono, Hanafiah. 2002. Implementasi Kebijakan dan Politik. Bandung: PT. Mutiara Sumber Widya.
Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Keraf, Gorys. 1982. Eksposisi dan Deskripsi Cetakan Kedua. Ende: Nusa Indah.
Kusuma, Suherli, 2010. Guru Bahasa Indonesia Profesional. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya.
Mahsun. 2014. Menulis Karangan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Milles, Mattew B, dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Sanddhono, Kundharu dan Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: KPD (Karya Putra Darwanti Bandung).
Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Setiawan, Guntur. 2004. Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta Bandung.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta Bandung.
Surahmad, Winarno. 1992. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Usman, Nurdin. 2002. Konmenulis karangan Implementasi Berbasis Kurikulum. Semarang: CV. Obor Pustaka.
Wahyuni, Sri dan Abd. Syukur Ibrahim. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung: Refika Aditama.
Widyamartaya, A. 1992. Seni Menuangkan Gagasan Cetakan Kedua. Yogyakarta: Karnisius.
Zuchdi, Damiyati, dkk. 2013. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembalajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Jakarta: CV. Multi Presanndo.
Zusnani, Ida. 2013. Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. Bantul: Platinum.