Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan bernegosiasi lisan dengan menggunakan model pembelajaran genre pedagogi siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif yang terdiri atas tiga siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes kemampuan bernegosiasi lisan dan teknik observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan bernegosiasi lisan siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 58,9 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 70,32 dengan kategori baik, dan pada siklus III meningkat menjadi 75,08 dengan kategori baik. Selain itu penggunaan model pembelajaran genre pedagogi juga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran bernegosiasi lisan.

Keywords

Kemampuan Negosiasi dan Model Pembelajaran Genre Pedagogi

Article Details

Author Biography

Elisah Elisah, Universitas Bengkulu

Mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Bengkulu

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Arsjad, Maidar G dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  3. Astuti dan Dwi Rini Arianto Puji. 2008. Kreatif dan Komunikatif Berbahasa Indonesia Untuk Siswa SMK Kelas XI. Bandung: Acarya Media Utama.
  4. Djiwandono, Soendi. 2008. Tes Bahasa (Pegangan Bagi Pengajar Bahasa). Jakarta: Indeks.
  5. Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
  6. Johns, Ann M. 2002. Genre in the Classroom. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
  7. Kusmana, Suherli. 2010. Guru Bahasa Indonesia Profesional. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya.
  8. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
  10. Nurgiyantoro, Burhan. 1987. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: Bpfe.
  11. Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa indonesia dalam Kurikulum 2013. Malang: Bumi Aksara.
  12. Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
  13. Saddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajaran keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  14. Sanjaya, H. Wina.2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
  15. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  16. Sukardi, HM. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.
  17. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remadja Rosdakarya Offset.
  18. Susetyo. 2010. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bengkulu: UNIB.
  19. Tarigan, Hendry Guntur. 1986. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.