Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisa kebutuhan dalam mengembangkan media interaktif berbasis Quizizz dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dengan pendekatan whole language. Pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap media interaktif pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan model ADDIE yang memiliki lima langkah pengembangan meliputi analysis, design, development or production, implementation dan evaluations. Tempat penelitian dilakukan di SDN Pulogebang 11 Jakarta Timur. Sasaran penelitian pada analisia kebutuhan ini adalah 8 orang guru fase C dan 30 siswa fase C yang dipilih secara random. dan guru kelas fase C. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan observasi. Hasil analisis kebutuhan penelitian ini menunjukkan bahwa perlunya pengembangan media interaktif berbasis Quizizz dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dengan pendekatan whole language.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Nurlaela -, Herlina Usman, Gusti Yarmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran bahasa indonesia kelas iii sekolah dasar. jurnal kiprah pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
- Ansoriyah, S., & Rahmat, A. (t.t.). peningkatan kemampuan menulis populer mahasiswa melalui pendekatan whole language dengan pembuatan media story board. 2(1). https://doi.org/10.21009/AKSIS
- Anugrawati, S., & Hermansyah, T. (t.t.). What is Elementary Education Need for Sustainable Development | ISBN 978-623-6988-28-2 [601] Use of Quizizz Education Game Assessment Media Towards Students’ Motivation in Online Learning (Vol. 2020).
- Darmawanti, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Melalui Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Daring (Vol. 1, Nomor 2).
- Hartati MIN, S., Bengkulu Jln Irian No, K., & Semarang Kota Bengkulu, K. (2017). Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata Berwarna pada Siswa Kelas IA MIN 1 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.33369/diksa.v3i1.11495
- Haryati, S., Albeta, W., Futra, D., & Desviana Siregar, A. (2021). Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan The Development of Evaluation Instruments in Online Learning using the Quizizz Application: During Covid-19 Pandemic. 13(1). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1
- Kumalasari, D. E., Sumiharsono, M. R., & Hidayat, S. (t.t.). Pengaruh media
- Lestari, A. I., & Khairuna, K. (2022). Development of quizizz-based learning media on digestive system materials in class xi. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 7(02), 129–138. https://doi.org/10.33503/ebio.v7i02.2100
- Lestari, N. D. (t.t.). problematika pembelajaran bahasa indonesia dan upayanya dalam menghadapi tantangan era society 5.0. oktober, 20(2), 2022.
- Sahprihatin, M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. 2(3), 235–243.
- Septian, R. N., & Ananthiah, W. (t.t.). Problematika dan Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas Satu Sekolah Dasar.
- Solihatini, I. T., Abidin, Y., Nailul, S., & Aljamaliah, M. (n.d.). Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. 7(2), 2021. https://doi.org/10.33369/diksa.v7i2.2089
- Usman, H., & Anwar, M. (2021). Integrated language skill approach: Model of teaching materials for elementary school teacher education programs in indonesia. Studies in English Language and Education, 8(2), 656–669. https://doi.org/10.24815/siele.v8i2.19031
- Usman, H., Lestari, I., & Pelenkahu, N. (2020). English e-Book for Elementary School Students: Research by Design Based on Whole Language Approach. 67
- Usman, H., Rafiqa, S., & Sinyanyuri, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Dengan Pendekatan Whole Language (A. Supriyana & D. Tesniyadi, Eds.; 1st ed.). Media Edukasi Indonesia.
- Usman, H., Utami, N. C. M., & Fajarianto, O. (2019). Model of English Teaching Materials for Elementary Schools Based on Contextual Approaches. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 231–240. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
- Yarmi, G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Teknik Menulis Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fip Universitas Negeri Jakarta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8–16.
- Yarmi, G. (2019). Whole-Language Approach: Improve the Speaking Ability at Early years School Level. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 15–28. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.02
References
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran bahasa indonesia kelas iii sekolah dasar. jurnal kiprah pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Ansoriyah, S., & Rahmat, A. (t.t.). peningkatan kemampuan menulis populer mahasiswa melalui pendekatan whole language dengan pembuatan media story board. 2(1). https://doi.org/10.21009/AKSIS
Anugrawati, S., & Hermansyah, T. (t.t.). What is Elementary Education Need for Sustainable Development | ISBN 978-623-6988-28-2 [601] Use of Quizizz Education Game Assessment Media Towards Students’ Motivation in Online Learning (Vol. 2020).
Darmawanti, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Melalui Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Daring (Vol. 1, Nomor 2).
Hartati MIN, S., Bengkulu Jln Irian No, K., & Semarang Kota Bengkulu, K. (2017). Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata Berwarna pada Siswa Kelas IA MIN 1 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.33369/diksa.v3i1.11495
Haryati, S., Albeta, W., Futra, D., & Desviana Siregar, A. (2021). Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan The Development of Evaluation Instruments in Online Learning using the Quizizz Application: During Covid-19 Pandemic. 13(1). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1
Kumalasari, D. E., Sumiharsono, M. R., & Hidayat, S. (t.t.). Pengaruh media
Lestari, A. I., & Khairuna, K. (2022). Development of quizizz-based learning media on digestive system materials in class xi. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 7(02), 129–138. https://doi.org/10.33503/ebio.v7i02.2100
Lestari, N. D. (t.t.). problematika pembelajaran bahasa indonesia dan upayanya dalam menghadapi tantangan era society 5.0. oktober, 20(2), 2022.
Sahprihatin, M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. 2(3), 235–243.
Septian, R. N., & Ananthiah, W. (t.t.). Problematika dan Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas Satu Sekolah Dasar.
Solihatini, I. T., Abidin, Y., Nailul, S., & Aljamaliah, M. (n.d.). Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. 7(2), 2021. https://doi.org/10.33369/diksa.v7i2.2089
Usman, H., & Anwar, M. (2021). Integrated language skill approach: Model of teaching materials for elementary school teacher education programs in indonesia. Studies in English Language and Education, 8(2), 656–669. https://doi.org/10.24815/siele.v8i2.19031
Usman, H., Lestari, I., & Pelenkahu, N. (2020). English e-Book for Elementary School Students: Research by Design Based on Whole Language Approach. 67
Usman, H., Rafiqa, S., & Sinyanyuri, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Dengan Pendekatan Whole Language (A. Supriyana & D. Tesniyadi, Eds.; 1st ed.). Media Edukasi Indonesia.
Usman, H., Utami, N. C. M., & Fajarianto, O. (2019). Model of English Teaching Materials for Elementary Schools Based on Contextual Approaches. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 231–240. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
Yarmi, G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Teknik Menulis Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fip Universitas Negeri Jakarta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8–16.
Yarmi, G. (2019). Whole-Language Approach: Improve the Speaking Ability at Early years School Level. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 15–28. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.02