Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisa kebutuhan dalam mengembangkan media interaktif berbasis Quizizz dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dengan pendekatan whole language. Pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap media interaktif pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan model ADDIE yang memiliki lima langkah pengembangan meliputi analysis, design, development or production, implementation dan evaluations. Tempat penelitian dilakukan di SDN Pulogebang 11 Jakarta Timur. Sasaran penelitian pada analisia kebutuhan ini adalah 8 orang guru fase C dan 30 siswa fase C yang dipilih secara random. dan guru kelas fase C. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan observasi. Hasil analisis kebutuhan penelitian ini menunjukkan bahwa perlunya pengembangan media interaktif berbasis Quizizz dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dengan pendekatan whole language.

Keywords

Media Interaktif Quizizz Pendekatan Whole Language

Article Details

Author Biographies

Nurlaela Nurlaela, Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Herlina Usman, Universitas Negeri Jakarta

Dosen Universitas Negeri Jakarta

Gusti Yarmi, Universitas Negeri Jakarta

Dosen Universitas Negeri Jakarta

References

  1. Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran bahasa indonesia kelas iii sekolah dasar. jurnal kiprah pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
  2. Ansoriyah, S., & Rahmat, A. (t.t.). peningkatan kemampuan menulis populer mahasiswa melalui pendekatan whole language dengan pembuatan media story board. 2(1). https://doi.org/10.21009/AKSIS
  3. Anugrawati, S., & Hermansyah, T. (t.t.). What is Elementary Education Need for Sustainable Development | ISBN 978-623-6988-28-2 [601] Use of Quizizz Education Game Assessment Media Towards Students’ Motivation in Online Learning (Vol. 2020).
  4. Darmawanti, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Melalui Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Daring (Vol. 1, Nomor 2).
  5. Hartati MIN, S., Bengkulu Jln Irian No, K., & Semarang Kota Bengkulu, K. (2017). Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata Berwarna pada Siswa Kelas IA MIN 1 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.33369/diksa.v3i1.11495
  6. Haryati, S., Albeta, W., Futra, D., & Desviana Siregar, A. (2021). Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan The Development of Evaluation Instruments in Online Learning using the Quizizz Application: During Covid-19 Pandemic. 13(1). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1
  7. Kumalasari, D. E., Sumiharsono, M. R., & Hidayat, S. (t.t.). Pengaruh media
  8. Lestari, A. I., & Khairuna, K. (2022). Development of quizizz-based learning media on digestive system materials in class xi. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 7(02), 129–138. https://doi.org/10.33503/ebio.v7i02.2100
  9. Lestari, N. D. (t.t.). problematika pembelajaran bahasa indonesia dan upayanya dalam menghadapi tantangan era society 5.0. oktober, 20(2), 2022.
  10. Sahprihatin, M. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. 2(3), 235–243.
  11. Septian, R. N., & Ananthiah, W. (t.t.). Problematika dan Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas Satu Sekolah Dasar.
  12. Solihatini, I. T., Abidin, Y., Nailul, S., & Aljamaliah, M. (n.d.). Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. 7(2), 2021. https://doi.org/10.33369/diksa.v7i2.2089
  13. Usman, H., & Anwar, M. (2021). Integrated language skill approach: Model of teaching materials for elementary school teacher education programs in indonesia. Studies in English Language and Education, 8(2), 656–669. https://doi.org/10.24815/siele.v8i2.19031
  14. Usman, H., Lestari, I., & Pelenkahu, N. (2020). English e-Book for Elementary School Students: Research by Design Based on Whole Language Approach. 67
  15. Usman, H., Rafiqa, S., & Sinyanyuri, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Dengan Pendekatan Whole Language (A. Supriyana & D. Tesniyadi, Eds.; 1st ed.). Media Edukasi Indonesia.
  16. Usman, H., Utami, N. C. M., & Fajarianto, O. (2019). Model of English Teaching Materials for Elementary Schools Based on Contextual Approaches. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 231–240. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
  17. Yarmi, G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language Dengan Teknik Menulis Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fip Universitas Negeri Jakarta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8–16.
  18. Yarmi, G. (2019). Whole-Language Approach: Improve the Speaking Ability at Early years School Level. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 15–28. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.02