Main Article Content

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimanakah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di MTs tarbiyah Kabupaten Rejang Lebong.  Bagaimanakah prestasi belajar  bahasa Indonesia siswa kelas VIII di MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong  ?, adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu: Untuk mengetahui bagaimanakah prestasi belajar  kelas VIII di MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif sederhana. Dari hasil penelitian penulis juga dapat memberikan saran untuk Siswa hendaknya lebih di motifasi untuk lebih berperan aktif dalam proses balajar mengajar. Tempat penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang lebong. Waktu penelitian direncanakan pada bulan Agustus- September Data penelitian ini berupa hasil tes prestasi bahasa Indonesia aspek morfologi dan sintaksis.Sumber penelitian ini adalah siswa kelas VIII  MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2015/2016 dengan jumlah siswa 40 orang. Teknik pengumupulan data dalam penelitian ini adalah tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis data deskriptif. Dari hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa Prestasi Belajar  Bahasa Indonesia siswa  kelas VIII di MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong” berada pada rentang 70-79, dengan tingkat rata- rata sebesar 76,5 dan termasuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian penulis juga dapat memberikan saran siswa hendaknya lebih di motivasi untuk lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Bagi guru tidak hanya menguasai menguasai aspek morfologis dan sintaksis saja tetapi ada unsur lainnya juga. 

Keywords

Prestasi Belajar Bahasa Indonesia MTs Rejang Lebong

Article Details

Author Biography

Erni Aryati, Universitas Bengkulu

Mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu

References

  1. Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
  2. Aliadi, Jemi. 2011. Kritik Struktur Tema dalam Novel Si Anak Kampoeng Karya Demian Dematra. Bengkulu: Dalam Skripsi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Tidak di Publikasikan.
  3. Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam pembelajaran. Surabaya: Insan.
  4. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  5. Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Deduktif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  7. Kusmiarti, Reni. 2010. Bahan Ajar Morfologi. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
  8. Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
  9. Saifuddin, Azwar. 1998. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.
  10. Susandi. 2009. Morfologi. Dalam https://susandi.wordpress.com/seputar-bahasa/morfologi-2/ di unggah pada tanggal 30 oktober 2015