Main Article Content
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimanakah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di MTs tarbiyah Kabupaten Rejang Lebong. Bagaimanakah prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII di MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong ?, adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu: Untuk mengetahui bagaimanakah prestasi belajar kelas VIII di MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif sederhana. Dari hasil penelitian penulis juga dapat memberikan saran untuk Siswa hendaknya lebih di motifasi untuk lebih berperan aktif dalam proses balajar mengajar. Tempat penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang lebong. Waktu penelitian direncanakan pada bulan Agustus- September Data penelitian ini berupa hasil tes prestasi bahasa Indonesia aspek morfologi dan sintaksis.Sumber penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2015/2016 dengan jumlah siswa 40 orang. Teknik pengumupulan data dalam penelitian ini adalah tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis data deskriptif. Dari hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa Prestasi Belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII di MTs Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Rejang Lebong” berada pada rentang 70-79, dengan tingkat rata- rata sebesar 76,5 dan termasuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian penulis juga dapat memberikan saran siswa hendaknya lebih di motivasi untuk lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Bagi guru tidak hanya menguasai menguasai aspek morfologis dan sintaksis saja tetapi ada unsur lainnya juga.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
- Aliadi, Jemi. 2011. Kritik Struktur Tema dalam Novel Si Anak Kampoeng Karya Demian Dematra. Bengkulu: Dalam Skripsi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Tidak di Publikasikan.
- Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam pembelajaran. Surabaya: Insan.
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Deduktif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Kusmiarti, Reni. 2010. Bahan Ajar Morfologi. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
- Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
- Saifuddin, Azwar. 1998. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.
- Susandi. 2009. Morfologi. Dalam https://susandi.wordpress.com/seputar-bahasa/morfologi-2/ di unggah pada tanggal 30 oktober 2015
References
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Aliadi, Jemi. 2011. Kritik Struktur Tema dalam Novel Si Anak Kampoeng Karya Demian Dematra. Bengkulu: Dalam Skripsi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Tidak di Publikasikan.
Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam pembelajaran. Surabaya: Insan.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Deduktif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kusmiarti, Reni. 2010. Bahan Ajar Morfologi. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Saifuddin, Azwar. 1998. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.
Susandi. 2009. Morfologi. Dalam https://susandi.wordpress.com/seputar-bahasa/morfologi-2/ di unggah pada tanggal 30 oktober 2015