Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan data mengenai perencanaan dan proses pembelajaran drama di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI yang terdapat pada tiga sekolah yaitu pada SMA N 5, SMA N 6, dan SMA N 8 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan terhadap data yang telah diambil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan yang matang diperlukan agar pembelajaran berjalan efektif. Perencanaan pembelajaran tersebut dapat dibagi menjadi perencanaan Silabus dan RPP, perencanaan media pembelajaran drama, serta perencanaan siswa sebelum pembelajaran berlangsung. Sedangkan pada proses pembelajaran, proses pembelajaran yang ada pada SMA N 5 tergolong berhasil, sedangkan pada SMA N 6 dan SMA 8 proses pembelajaran yang dilakukan tidak sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sebelumnya telah di persiapkan.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Arikunto, Suhasimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rienika Cipta.
- Arikunto, Suhasimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rienika Cipta.
- Brahim. 1968. Drama Dalam Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
- Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
- Endaswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama (Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian). Yogyakarta: Caps.
- Furchan, Arif. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional Offset Printing.
- Ganda, Yahya. 1990. Pendidikan Seni Teater Buku Guru Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Rosda Jayaputra.
- Hasanuddin, WS. 2009. Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.
- Ibrahim, Nana Syaodih. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Kaswanti Purwo, Bambang, dkk. 1992. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
- Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Rendra, WS. 2007. Seni Drama Untuk Remaja. Jakarta: Burung Merak Press.
- Rohmadi, Muhammad, dan Slamet Subianto. 2011. Bunga Rampai Model- Model Pembelajaran Bahasa,Sastra, dam Seni. Surakarta: Yuma Pustaka.
- Saptaria, El Rikrik. 2006. Acting Handbook “Panduan Praktis Akting untuk Film dan Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
- Singarimbun, Masri, dan Sofian Efendi. 1985. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
- Sitorus, D. Eka. 2003. The Art Of Acting “Seni Peran untuk Teater, Film, dan TV. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Sugandi, Achmad, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.
- Sugandi, Achmad, dkk. 2004. Teori Pembelajaran. UNESS: UPT MKK.
- Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sumardjo, Jakob. 1984. Memahami Kesusastraan. Bandung: Penerbit Alumni.
- Tarigan, Henry Guntur , dan Djargo Tarigan. 1987. Teknik Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
- Waluyo, Herman J. 2001. Drama “Teori Pembelajarannya”. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya Yogyakarta.
References
Arikunto, Suhasimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rienika Cipta.
Arikunto, Suhasimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rienika Cipta.
Brahim. 1968. Drama Dalam Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Endaswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama (Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian). Yogyakarta: Caps.
Furchan, Arif. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional Offset Printing.
Ganda, Yahya. 1990. Pendidikan Seni Teater Buku Guru Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Rosda Jayaputra.
Hasanuddin, WS. 2009. Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.
Ibrahim, Nana Syaodih. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kaswanti Purwo, Bambang, dkk. 1992. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rendra, WS. 2007. Seni Drama Untuk Remaja. Jakarta: Burung Merak Press.
Rohmadi, Muhammad, dan Slamet Subianto. 2011. Bunga Rampai Model- Model Pembelajaran Bahasa,Sastra, dam Seni. Surakarta: Yuma Pustaka.
Saptaria, El Rikrik. 2006. Acting Handbook “Panduan Praktis Akting untuk Film dan Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Singarimbun, Masri, dan Sofian Efendi. 1985. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Sitorus, D. Eka. 2003. The Art Of Acting “Seni Peran untuk Teater, Film, dan TV. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugandi, Achmad, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.
Sugandi, Achmad, dkk. 2004. Teori Pembelajaran. UNESS: UPT MKK.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumardjo, Jakob. 1984. Memahami Kesusastraan. Bandung: Penerbit Alumni.
Tarigan, Henry Guntur , dan Djargo Tarigan. 1987. Teknik Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman J. 2001. Drama “Teori Pembelajarannya”. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya Yogyakarta.