Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan data mengenai perencanaan dan proses pembelajaran drama di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI yang terdapat pada tiga sekolah yaitu pada SMA N 5, SMA N 6, dan SMA N 8 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan terhadap data yang telah diambil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan yang matang diperlukan agar pembelajaran berjalan efektif. Perencanaan pembelajaran tersebut dapat dibagi menjadi perencanaan Silabus dan RPP, perencanaan media pembelajaran drama, serta perencanaan siswa sebelum pembelajaran berlangsung. Sedangkan pada proses pembelajaran, proses pembelajaran yang ada pada SMA N 5 tergolong berhasil, sedangkan pada SMA N 6 dan SMA 8 proses pembelajaran yang dilakukan tidak sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sebelumnya telah di persiapkan.

Keywords

pembelajaran drama SMA Kota Bengkulu

Article Details

Author Biography

Egi Nusivera, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Dosen pada Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

References

  1. Arikunto, Suhasimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rienika Cipta.
  2. Arikunto, Suhasimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rienika Cipta.
  3. Brahim. 1968. Drama Dalam Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
  4. Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Endaswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama (Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian). Yogyakarta: Caps.
  6. Furchan, Arif. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional Offset Printing.
  7. Ganda, Yahya. 1990. Pendidikan Seni Teater Buku Guru Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Rosda Jayaputra.
  8. Hasanuddin, WS. 2009. Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.
  9. Ibrahim, Nana Syaodih. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  10. Kaswanti Purwo, Bambang, dkk. 1992. Berbagai Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  11. Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  12. Rendra, WS. 2007. Seni Drama Untuk Remaja. Jakarta: Burung Merak Press.
  13. Rohmadi, Muhammad, dan Slamet Subianto. 2011. Bunga Rampai Model- Model Pembelajaran Bahasa,Sastra, dam Seni. Surakarta: Yuma Pustaka.
  14. Saptaria, El Rikrik. 2006. Acting Handbook “Panduan Praktis Akting untuk Film dan Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
  15. Singarimbun, Masri, dan Sofian Efendi. 1985. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
  16. Sitorus, D. Eka. 2003. The Art Of Acting “Seni Peran untuk Teater, Film, dan TV. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  17. Sugandi, Achmad, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.
  18. Sugandi, Achmad, dkk. 2004. Teori Pembelajaran. UNESS: UPT MKK.
  19. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  20. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  21. Sumardjo, Jakob. 1984. Memahami Kesusastraan. Bandung: Penerbit Alumni.
  22. Tarigan, Henry Guntur , dan Djargo Tarigan. 1987. Teknik Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  23. Waluyo, Herman J. 2001. Drama “Teori Pembelajarannya”. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya Yogyakarta.