Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda? karya Agnes Danovar dengan menggunakan pendekatan strukturalisme, data penelitian berupa kata, frase, kalimat dan peristiwa-peristiwa berupa rangkaian cerita yang mengandung ide tertentu dalam novel. Dengan menggunakan metode formal yaitu analisis dengan mempertimbangkan, aspek-aspek bentuk, yang terdapat dalam karya sastra. Metode ini tidak bisa dilepaskan dengan teori strukturalisme. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif karena pada penelitian ini berusaha menganalisis dokumen untuk diketahui isi dan makna yang terkandung dalam dokumen tersebut yaitu dengan cara membaca semua isi buku secara berulang-ulang untuk mengetahui bagaimana tokoh dalam cerita, tindakan yang dilakukan oleh tokoh dan peristiwa peristiwa yang ada selanjutnya menemukan rangkaian-rangkaian kalimat yang mengandung pendidikan karakter apa saja dalam novel tersebut. Dari hasil analisis ditemukan rangkaian peristiwa yang terjadi adalah penderitaan seorang gadis tuna rungu yang menjalani hidupnya dengan penuh semangat, kesabaran, kerja keras dan kekurangan dalam dirinya bukanlah suatu rintangan untuk mencapai cita-cita dan berbakti pada orang tua. Kesimpulan dari penelitian dalam novel tersebut mengandung pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai peduli sosial, dan tanggung jawab.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
- Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Jakarta: Aditama.
- Adisusilo, Sutarjo. 2011. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
- Ahimsa, Shri Heddy Putra. 2006. Struturalisme Levi-Strauss Mitos dan KaryaSatra. Yogyakarta: Kepel Press.
- Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar BaruArgesindo.
- Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Asep Jihad, dkk. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta: Depdiknas.
- Badudu. J. S. 1984. Sari Kasusastraan Indonesia 2. Bandung: Pustaka Prima.
- Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Araska.
- Davonar, Agnes. 2014. Ayah Mengapa Aku Berbeda. Jakarta: Inti Book Publishing.
- Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
- Endaswara, Suwardi. 2004. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
- Estuning Tiyas Rahayu, Diyah. 2014. Universitas Bengkulu. Tesis Kajian Nilai Karakter dalam Cerita Rakyat (Andai-Andai) Masyarakat Basemah Kabupataen Lahat.
- Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
- Jabrohim 2001. Metodelogi Penelitian sastra. Yogyakarta: PT. Haindita GrahaWidia.
- Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaa Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
- Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
- Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito.
- Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
- Pradopo, Rachmad Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra, Metode, Kritik, danPenerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Antropologi Sastra Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Denpasar : Pustaka Pelajar.
- Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Denpasar: Pustaka Pelajar.
- Rosydi Ikhwan. 2013. Analisis Teks Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Semi, Atar. M. 1993. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya Setiadi.
- Elly. M. 2006. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.
- Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Syafri, Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karaker Berbasis Al-Qur’an. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
- Teeuw. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.
- Yasa, I Nyoman, 2012. Teori Sastra dan Penerapanya. Bandung : Karya Putra Darwati (KPD).
Referensi
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Jakarta: Aditama.
Adisusilo, Sutarjo. 2011. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
Ahimsa, Shri Heddy Putra. 2006. Struturalisme Levi-Strauss Mitos dan KaryaSatra. Yogyakarta: Kepel Press.
Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar BaruArgesindo.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asep Jihad, dkk. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta: Depdiknas.
Badudu. J. S. 1984. Sari Kasusastraan Indonesia 2. Bandung: Pustaka Prima.
Damayanti, Deni. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Araska.
Davonar, Agnes. 2014. Ayah Mengapa Aku Berbeda. Jakarta: Inti Book Publishing.
Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
Endaswara, Suwardi. 2004. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Estuning Tiyas Rahayu, Diyah. 2014. Universitas Bengkulu. Tesis Kajian Nilai Karakter dalam Cerita Rakyat (Andai-Andai) Masyarakat Basemah Kabupataen Lahat.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Jabrohim 2001. Metodelogi Penelitian sastra. Yogyakarta: PT. Haindita GrahaWidia.
Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaa Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kurniawan, Heru. 2013. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Pradopo, Rachmad Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra, Metode, Kritik, danPenerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Antropologi Sastra Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Denpasar : Pustaka Pelajar.
Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Denpasar: Pustaka Pelajar.
Rosydi Ikhwan. 2013. Analisis Teks Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Semi, Atar. M. 1993. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya Setiadi.
Elly. M. 2006. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Syafri, Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karaker Berbasis Al-Qur’an. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Teeuw. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.
Yasa, I Nyoman, 2012. Teori Sastra dan Penerapanya. Bandung : Karya Putra Darwati (KPD).