Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data tentang kemampuan dan pembelajaran siswa di SMA Negeri 2 Dumai. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 2 Dumai berjumlah 36 orang, ditambah dengan 1 orang guru Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Teori yang dipakai adalah teori atau pendapat Suroto (1990), Pratiwi (2014), Mariana (2009), dan Yusana (2013). Teknik yang dipakai adalah teknik tes dan wawancara. Memahami unsur intrinsik drama sebagai bagian sastra merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dipelajari di tingkat SMA Negeri 2 Dumai kelas XII MIPA 5. Melalui pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu memahami unsur intrinsik drama dari pementasan drama tersebut. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa tes kemampuan siswa dengan nilai rata-rata 91,54% berkategori sangat baik. Sedangkan pembelajarannya berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berkategori sangat baik.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Sudirman Shomary, Tri Yuliawan, Roziah, dan Nurul Aini Sudirman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Abdullah, Ma`ruf. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
- Aminuddin. (2020). Pengantar Apresiasi karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Anshori, Isa. (2009). Perencanaan Sistem Pembelajaran. Sidoarjo. Muhammadiyah University Press.
- Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Asrul, dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
- Budiyanto, Teguh, dkk. (2016). Strategi Promosi, Kualitas Produk, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Mereferensikan Rumah Pada Puri Camar Liwas PT. Camar Sapta Ganda. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 16, No. 4, p. 492.
- Djamaluddin, Ahdar. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pendadogis. Sulawesi Selatan: Kaaffah Learning Center.
- Fatmasari, Ria Kristia. (2018). Keterampilan Membaca. Bangkalan. STKIP PGRI Bangkalan .
- Fanouraki, C., & Zakopoulos, V. (2023). Interacting through Blogs in Theatre/Drama Education: A Greek Case Study. Journal of Interactive Media in Education, 2023(1), 1–16. https://doi.org/10.5334/jime.775
- Fengyi, Z. (2022). The Influence of Chenwei on Han Dynasty Literature and Literary Theory. Journal of Chinese Humanities, 8(1), 58–115. https://doi.org/10.1163/23521341-12340125
- Hsu, W. (2023). Extensive Reading through Watching English-subtitled K-dramas. 36(1), 46–65.
- Irham, Muhammad. (2020). Pengaruh Daya Ingat Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Miftahul Hidayah Pekanbaru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau.
- Karaosmanoglu, G., Adiguzel, O., Metinnam, L., & Ozen, Z. (2022). Can Drama Lessons Be Given Online? Perspectives of Drama Teachers during the COVID-19. International Online Journal of Education and Teaching, 9(3), 1249–1272. Retrieved from https://orcid.org/0000-0001-6984-2693
- Kemendikbud. (2017). Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK/ Kelas XII MIPA 5. Jakarta: Kemendikbud.
- Mariana, Alit I Made. (2009). Pengantar Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Denpasar: LPMP.
- Matondang, Zulkifli. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Vol. 6, No 1.
- Nuryanto, Tato. (2017). Apresiasi Drama. Depok. PT RajaGrafindo Persada. Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Paramita, Daniar Ratna Wijayanti, dkk. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Lumajang: Widya Gama Press.
- Pratiwi, Yuni. (2014). Teori Drama dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Ombak.
- Rochovska, I., & Svabova, B. (2023). The Use of Creative Drama Methods Within Kindergartens From the Perspective of the Teaching Staff. Problems of Education in the 21st Century, 81(3), 388–400. https://doi.org/10.33225/pec/23.81.388
- Rohkmansyah, Alfian. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Saat, Sulaiman. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. Gowa. Pusaka Almaida. Sochartono, Irawan. 1995. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaha Rosdakarya.
- Sudarman. (2019). Pengembangan Kurikulum: Kajian Teori dan Praktik. Samarinda: Mulawarman University Press.
- Suhita, Sri. (2018). Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
- Suroto. (1990). Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia untuk SMTA. Jakarta: Erlangga.
- Taniredja, Tukiran dan Hidayati. (2011). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
- Van, T. T. M. (2009). The Relevance of Literary Analysis to Teaching Literature in the EFL Classroom, English Teaching Forum, 2009. English Teaching Forum, 47(3), 2–9. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ923454
- Wardani. (1980). Pengajaran Sastra. Jakarta: Depdikbud.
- Winarni, Retno. (2014). Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Yusana, Wardika D.M., dkk. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Bangsa pada Siswa SMK Negeri 2 Tabanan. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2.
- Yusup, Febrianawati. (2018). Uji Validitas Dan Uji Reabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 7. No. 1. p. 18.
- Zhang, P. (2023). New Media, New Literary Theory, and New Literature from an Interological Horizon. Signs and Media, 2(1–2), 1–22. https://doi.org/10.1163/25900323-12340020
References
Abdullah, Ma`ruf. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Aminuddin. (2020). Pengantar Apresiasi karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Anshori, Isa. (2009). Perencanaan Sistem Pembelajaran. Sidoarjo. Muhammadiyah University Press.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrul, dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Budiyanto, Teguh, dkk. (2016). Strategi Promosi, Kualitas Produk, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Mereferensikan Rumah Pada Puri Camar Liwas PT. Camar Sapta Ganda. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 16, No. 4, p. 492.
Djamaluddin, Ahdar. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pendadogis. Sulawesi Selatan: Kaaffah Learning Center.
Fatmasari, Ria Kristia. (2018). Keterampilan Membaca. Bangkalan. STKIP PGRI Bangkalan .
Fanouraki, C., & Zakopoulos, V. (2023). Interacting through Blogs in Theatre/Drama Education: A Greek Case Study. Journal of Interactive Media in Education, 2023(1), 1–16. https://doi.org/10.5334/jime.775
Fengyi, Z. (2022). The Influence of Chenwei on Han Dynasty Literature and Literary Theory. Journal of Chinese Humanities, 8(1), 58–115. https://doi.org/10.1163/23521341-12340125
Hsu, W. (2023). Extensive Reading through Watching English-subtitled K-dramas. 36(1), 46–65.
Irham, Muhammad. (2020). Pengaruh Daya Ingat Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Miftahul Hidayah Pekanbaru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau.
Karaosmanoglu, G., Adiguzel, O., Metinnam, L., & Ozen, Z. (2022). Can Drama Lessons Be Given Online? Perspectives of Drama Teachers during the COVID-19. International Online Journal of Education and Teaching, 9(3), 1249–1272. Retrieved from https://orcid.org/0000-0001-6984-2693
Kemendikbud. (2017). Buku Teks Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK/ Kelas XII MIPA 5. Jakarta: Kemendikbud.
Mariana, Alit I Made. (2009). Pengantar Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Denpasar: LPMP.
Matondang, Zulkifli. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Vol. 6, No 1.
Nuryanto, Tato. (2017). Apresiasi Drama. Depok. PT RajaGrafindo Persada. Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Paramita, Daniar Ratna Wijayanti, dkk. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Lumajang: Widya Gama Press.
Pratiwi, Yuni. (2014). Teori Drama dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Ombak.
Rochovska, I., & Svabova, B. (2023). The Use of Creative Drama Methods Within Kindergartens From the Perspective of the Teaching Staff. Problems of Education in the 21st Century, 81(3), 388–400. https://doi.org/10.33225/pec/23.81.388
Rohkmansyah, Alfian. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saat, Sulaiman. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. Gowa. Pusaka Almaida. Sochartono, Irawan. 1995. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaha Rosdakarya.
Sudarman. (2019). Pengembangan Kurikulum: Kajian Teori dan Praktik. Samarinda: Mulawarman University Press.
Suhita, Sri. (2018). Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suroto. (1990). Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia untuk SMTA. Jakarta: Erlangga.
Taniredja, Tukiran dan Hidayati. (2011). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Van, T. T. M. (2009). The Relevance of Literary Analysis to Teaching Literature in the EFL Classroom, English Teaching Forum, 2009. English Teaching Forum, 47(3), 2–9. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ923454
Wardani. (1980). Pengajaran Sastra. Jakarta: Depdikbud.
Winarni, Retno. (2014). Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yusana, Wardika D.M., dkk. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Bangsa pada Siswa SMK Negeri 2 Tabanan. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2.
Yusup, Febrianawati. (2018). Uji Validitas Dan Uji Reabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 7. No. 1. p. 18.
Zhang, P. (2023). New Media, New Literary Theory, and New Literature from an Interological Horizon. Signs and Media, 2(1–2), 1–22. https://doi.org/10.1163/25900323-12340020