Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak


 


Buku ajar menulis teks deskripsi yang ada belum melatih siswa menulis teks deskripsi sesuai harapan kurikulum Merdeka. Maka, perlu dikembangkan buku ajar menulis teks deskripsi berbasis pedagogi genre. Untuk itu, tujuan penelitian ini mengembangkan buku ajar menulis teks deskripsi berbasis pedagogi genre pada siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan uji N-gain (g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar menulis teks deskripsi berbasis pedagogi genre layak dan efektif digunakan oleh siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil kelayakan dari segi materi, bahasa, dan desain. Kemudian dari hasil uji efektivitas menunjukkan buku ajar menulis teks deskripsi berbasis pedagogi genre mampu meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi dari nilai rata-rata pretes 59,4 menjadi 80. Buku ajar menulis teks deskripsi berbasis pedagogi genre memiliki 4 langkah, sistematika dimulai dari membangun konteks menulis teks deskripsi, pemodelan, mengkonstruksi teks deskripsi bersama, dan mengkonstruksi teks deskripsi secara mandiri.


 


Kata kunci: Pengembangan Buku Ajar, Menulis Teks Deskripsi, Model Pedagogi Genre


 


 


 


 


 


 


 


 


 


Abstract


 


Existing textbooks for writing descriptive texts have not trained students to write descriptive texts according to the expectations of the Merdeka curriculum. So, it is necessary to develop a textbook for writing descriptive texts based on genre pedagogy. For this reason, the aim of this research is to develop a textbook for writing descriptive texts based on genre pedagogy for class VII students at SMP Negeri 22 Bengkulu City. This research is a type of ADDIE research. Data collection techniques use documentation, interviews, questionnaires, observations and tests. Data analysis techniques use feasibility tests and N-gain (g) tests. The results of the research show that textbooks for writing descriptive texts based on genre pedagogy are feasible and effective for use by students. This is proven by the feasibility results in terms of material, language and design. Then, the results of the effectiveness test show that the textbook for writing descriptive text based on genre pedagogy is able to increase the ability to write descriptive text from an average pre-test score of 59.4 to 80. The textbook for writing descriptive text based on genre pedagogy has 4 steps, systematically starting from building the context for writing descriptive text, modeling, constructing descriptive text together, and constructing descriptive text independently.


 


Keywords: Textbook Development, Writing Description Texts, Genre Pedagogical Models


 

Rincian Artikel

Referensi

    DAFTAR PUSTAKA
    Amrillah & Aini. (2020). Implementasi Pendekatan Pedagogi Genre pada Buku Ajar Bahasa Arab Kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Terbitan Kemenag 2020. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 12(1). https://doi.org/10.24252/saa.v11i1.35226
    Anditasari, dkk. 2018. Pengembangan Media Berbasis Permainan Edukatif pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan, 3(1). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
    Branch. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer Science & Business Media.
    Dewayani, dkk. 2021. Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Jakarta: kemendikbudristek.
    Durohman, dkk. (2018). Pengembangan Perangkat Project Based Learning (PjBL) pada Materi Sistematika SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). http://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i1.299
    Hendrawan & Indihadi. (2019). Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1).
    Kemendikbudristek. 2022. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonsia Fase A-Fase F. Jakarta.
    Kharismawati. (2021). Pengembangan Buku Panduan Menulis Karangan Deskripsi to Your Post pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1). http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8113
    Khulsum, dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal DIGLOSIA, 1(1). https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4
    Maryanti &Haryadi. 2022. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Pedagogi Genre, Saintifik, dan Clil. Journal of Elemantary School (JOES), 5(2). https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4281
    Muktadir. (2021). Efektivitas Keterampilan Menulis Deskripsi Mahasiswa PGSD Melalui Pendekatan Pedagogi Genre. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1910
    Lusita & Emidar. 2019. Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.24036/103924-019883
    Nuraeni, A. (2023). Pendekatan Pedagogi Genre dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(3). https://doi.org/10.51878/elementary.v3i3.2402
    Nurhidayati, dkk. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Media Bagan Berbasis Kontekstual untuk SMP Kelas VII Kota Semarang. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. https://doi.org/10.26877/teks.v5i2.6368
    Permanasari. 2017. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2). https://doi.org/10.52657/jp.v3i2.444
    Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
    Permanasari. 2017. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2). https://doi.org/10.52657/jp.v3i2.444
    Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
    Purwanto, N. (2009). Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
    Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.
    Rini & Mulyani. 2022. Menyusun Teks Diskusi dengan Model Pembelajaran Pedagogi Genre dan Compile Answer Berbasis Kearifan Lokal. Jaten: Yayasan Lembaga gumun Indonesia (YLGI).
    Setyosari, P. (2020). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
    Shofiani, dkk. 2024. Peningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Mahasiswa Semester I PBSI UNHASY pada Kuliah Apresiasi Sastra Menggunakan Model Pedagogi Genre. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(1). https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3161
    Siregar, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik Mata Kuliah Diagnosis Kendaraan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya, 4(2). https://doi.org/10.36706/jptm.v4i1.7168
    Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
    Sukini, Indaryanto, B., & Rozak, A. (2022). Penerapan Model Pedagogi Genre dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Mahasiswa PBSI. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2). http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.7905
    Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada.
    Trikandi. 2022. Pembelajaran Teks Deskripsi Berbasis Pendekatan MIKiR pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Muaro Jambi. Jurnal Bindo Sastra, 6(1). https://doi.org/10.32502/jbs.v6i1.4198
    Rahmadani. (2022). Karakteristik struktur dan kebahasaan teks deskripsi siswa di sekolah menengah pertama islam terpadu. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.29210/30031714000
    Yulistio & Fhitri. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, dan Clil (Content and Language Integrated Learning) pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(I). https://doi.org/10.33369/JIK.V3I1.7342