Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kualitatif dampak penerapan model Project Based Learning (PjBl) di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berbasis library research untuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelusuran Google Scholar tahun 2020-2025 dengan kata kunci PjBL ditemukan lebih dari 500 artikel, disaring berdasarkan kriteria inklusi sehingga diperoleh 25 artikel yang digunakan sebagai studi primer yang akan dianalisis berdasarkan kemampuan yang ditingkatkan dalam penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan memberikan deskripsi dampak model Project Based Learning di perguruan tinggi melalui telaah mendalam untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan model tersebut terhadap mahasiswa. Hasil penelitian menemukan bahwa hasil belajar, kreatifitas, kemampuan berfikir tingkat tinggi, motivasi belajar dan keaktifan mahasiswa meningkat secara kualitatif dengan penggunaan metode Project Based Learning, sehingga penerapan model Project Based Learning merupakan salah satu strategi pembelajaran yang efektif dan relevan diterapkan di perguruan tinggi untuk mendukung capaian belajar yang holistik.
Kata kunci: dampak penerapan, Project Based Learning, perguruan tinggi
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Mutiara Widya Utami Mutiara, Dika Zakiyah, Wahyuni Sofinna Nur, Ajat Manjato

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Anggadini, S. D., Damayanti, S., Suryanagara, G., Sukmawati, I., Fahrana, E., & Fitriyanti, D. (2023). Implementation of Project Based Learning (PBL) in an Effort to Improve Accounting Understanding and Knowledge. Jurnal Riset Akuntansi, 15(2). https://doi.org/10.34010/jra.v15i2.9510
- Baharudin, B., & Awaluddin, R. (2024). Implementasi PjBL berbantuan media interaktif daring pada Matakuliah Anti Korupsi dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1296–1303. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.747
- Bell, S. (2010). Project‑Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. “The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83”(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
- D. K. Meirawati & N. L. P. D. Kresnawati. (2022). Penelitian Dampak Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar pada Perkuliahan Bahasa Inggris Sistem Rombel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 493–501. DOI:10.23887/jippg.v5i3.56035
- Ekawarna, E. & Arpizal, & Novia Sri Dwijayanti. (2023). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Creativity dan Innovation Skills Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Prosiding Seminar Nasional Unimus.
- Fadillah, R., Ambiyar, A., & Giatman, M. (2021). Meta-analysis: Efektivitas penggunaan metode Project Based Learning dalam pendidikan vokasi. “Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran”, 4(1), 138‑??. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32408
- Farida, Anisatul, & Suprihatiningsih, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 20(1), 1–7.
- Fitriani, R., & Sarkity, D. (2023). Respon mahasiswa terhadap Project Based Learning dengan penugasan video tutorial uji statistik pada mata kuliah Educational Statistics. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 4(2), 105–114. https://doi.org/10.35961/tanjak.v4i2.963
- Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). PjBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa: Sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran PjBL dalam meningkatkan. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 1–11. (Artikel deskriptif membahas peran dan dampak penggunaan PjBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa di perguruan tinggi)
- Herlina, L. (2022). Efektivitas model Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan motivasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung. “SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA”, 2(4), 462–??.
- Hosnan, M. (2014). “Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21”. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Husaini. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning untu Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. JRPP, 8(2), http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
- Iskandar, I., & Wahidah, N. I. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Digital. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 123–128. https://doi.org/10.54297/seduj.v4i3.810
- Lea, S. J., Stephenson, D., & Troy, J. (2003). Higher education students’ attitudes to student-centred learning: Beyond “educational bulimia”. “Studies in Higher Education”, 28(3), 321–334. https://doi.org/10.1080/03075070309293
- Lesmana, C., & Jaedun, A. (2015). Efektivitas model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa STKIP PGRI Pontianak. *Jurnal Pendidikan Vokasi*, 5(2), 161–170. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6382
- Lestari, I. D., & Brahma, I. A. (2024). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam Kurikulum Merdeka di perguruan tinggi. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 129-137. https://doi.org/10.30998/xxxxx
- Maharani, N. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Produksi Ternak Perah di Prodi Peternakan Universitas Lampung. Media Didaktika, 10(2), 59–66.
- Muliaman, A. (2021). Efektivitas model Project Based Learning berorientasi eXe‑Learning dan motivasi terhadap hasil belajar pada materi laju reaksi. “Jurnal Ilmu Pendidikan” (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 1–??. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.956
- Muslihasari, A., Oktiningrum, W., Wibowo, A., & Wardhani, D. A. P. (n.d.). Project Based Learning (PjBL) to increase PGSD students’ creativity. Jurnal Ilmiah Mandala Education
- Nasution, T., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2022). Model Project‑Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Perguruan Tinggi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 152–165. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3675
- Rahmawati, Sri& Idawati,Sri. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) pada Materi Kimia Bahan Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa D3 Farmasi. Journal of Authentic Research, Vol. 4, No. 1.https://journal-center.litpam.com/index.php/jar/index
- Panjaitan, J., Simangunsong, I. T., & Sihombing, H. B. M. (2020). Implementation of HOTS Based Project Based Learning (PjBL) to Create Innovative Learning Media. *Jurnal Pendidikan Fisika*, 9(2), 79–90. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf
- Sudjana, N. (2005). “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Thomas, J. W. (2000). A review of research on project‑based learning. San Rafael, CA: The Autodesk Foundation. Retrieved from http://www.bie.org/research/study/review_of_project_based_learning_2000
- Turgut, H. (2008). Prospective science teachers’ conceptualizations about project‑based learning. International Journal of Instruction, 1(1), 61–78.
- Vahlepi, S., Helty, H., & Tersta, F. W. (2021). Implementasi model pembelajaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10153–10159. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2593
- Wena, M. (2014). “Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Suatu tinjauan konseptual operasional” (Cetakan terbaru). Jakarta: Bumi Aksara.
References
Anggadini, S. D., Damayanti, S., Suryanagara, G., Sukmawati, I., Fahrana, E., & Fitriyanti, D. (2023). Implementation of Project Based Learning (PBL) in an Effort to Improve Accounting Understanding and Knowledge. Jurnal Riset Akuntansi, 15(2). https://doi.org/10.34010/jra.v15i2.9510
Baharudin, B., & Awaluddin, R. (2024). Implementasi PjBL berbantuan media interaktif daring pada Matakuliah Anti Korupsi dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1296–1303. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.747
Bell, S. (2010). Project‑Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. “The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83”(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
D. K. Meirawati & N. L. P. D. Kresnawati. (2022). Penelitian Dampak Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar pada Perkuliahan Bahasa Inggris Sistem Rombel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 493–501. DOI:10.23887/jippg.v5i3.56035
Ekawarna, E. & Arpizal, & Novia Sri Dwijayanti. (2023). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Creativity dan Innovation Skills Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Prosiding Seminar Nasional Unimus.
Fadillah, R., Ambiyar, A., & Giatman, M. (2021). Meta-analysis: Efektivitas penggunaan metode Project Based Learning dalam pendidikan vokasi. “Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran”, 4(1), 138‑??. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32408
Farida, Anisatul, & Suprihatiningsih, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 20(1), 1–7.
Fitriani, R., & Sarkity, D. (2023). Respon mahasiswa terhadap Project Based Learning dengan penugasan video tutorial uji statistik pada mata kuliah Educational Statistics. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 4(2), 105–114. https://doi.org/10.35961/tanjak.v4i2.963
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). PjBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa: Sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran PjBL dalam meningkatkan. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 1–11. (Artikel deskriptif membahas peran dan dampak penggunaan PjBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa di perguruan tinggi)
Herlina, L. (2022). Efektivitas model Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan motivasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung. “SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA”, 2(4), 462–??.
Hosnan, M. (2014). “Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21”. Bogor: Ghalia Indonesia.
Husaini. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning untu Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. JRPP, 8(2), http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Iskandar, I., & Wahidah, N. I. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Digital. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 123–128. https://doi.org/10.54297/seduj.v4i3.810
Lea, S. J., Stephenson, D., & Troy, J. (2003). Higher education students’ attitudes to student-centred learning: Beyond “educational bulimia”. “Studies in Higher Education”, 28(3), 321–334. https://doi.org/10.1080/03075070309293
Lesmana, C., & Jaedun, A. (2015). Efektivitas model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa STKIP PGRI Pontianak. *Jurnal Pendidikan Vokasi*, 5(2), 161–170. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6382
Lestari, I. D., & Brahma, I. A. (2024). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam Kurikulum Merdeka di perguruan tinggi. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 129-137. https://doi.org/10.30998/xxxxx
Maharani, N. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Produksi Ternak Perah di Prodi Peternakan Universitas Lampung. Media Didaktika, 10(2), 59–66.
Muliaman, A. (2021). Efektivitas model Project Based Learning berorientasi eXe‑Learning dan motivasi terhadap hasil belajar pada materi laju reaksi. “Jurnal Ilmu Pendidikan” (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 1–??. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.956
Muslihasari, A., Oktiningrum, W., Wibowo, A., & Wardhani, D. A. P. (n.d.). Project Based Learning (PjBL) to increase PGSD students’ creativity. Jurnal Ilmiah Mandala Education
Nasution, T., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2022). Model Project‑Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Perguruan Tinggi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 152–165. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3675
Rahmawati, Sri& Idawati,Sri. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) pada Materi Kimia Bahan Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa D3 Farmasi. Journal of Authentic Research, Vol. 4, No. 1.https://journal-center.litpam.com/index.php/jar/index
Panjaitan, J., Simangunsong, I. T., & Sihombing, H. B. M. (2020). Implementation of HOTS Based Project Based Learning (PjBL) to Create Innovative Learning Media. *Jurnal Pendidikan Fisika*, 9(2), 79–90. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf
Sudjana, N. (2005). “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thomas, J. W. (2000). A review of research on project‑based learning. San Rafael, CA: The Autodesk Foundation. Retrieved from http://www.bie.org/research/study/review_of_project_based_learning_2000
Turgut, H. (2008). Prospective science teachers’ conceptualizations about project‑based learning. International Journal of Instruction, 1(1), 61–78.
Vahlepi, S., Helty, H., & Tersta, F. W. (2021). Implementasi model pembelajaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10153–10159. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2593
Wena, M. (2014). “Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Suatu tinjauan konseptual operasional” (Cetakan terbaru). Jakarta: Bumi Aksara.