Main Article Content

Abstract

Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kualitatif dampak penerapan model Project Based Learning (PjBl) di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berbasis library research untuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelusuran Google Scholar tahun 2020-2025 dengan kata kunci PjBL ditemukan lebih dari 500 artikel, disaring berdasarkan kriteria inklusi sehingga diperoleh 25 artikel yang digunakan sebagai studi primer yang akan dianalisis berdasarkan kemampuan yang ditingkatkan dalam penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan memberikan deskripsi dampak model Project Based Learning di perguruan tinggi melalui telaah mendalam untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan model tersebut terhadap mahasiswa. Hasil penelitian menemukan bahwa hasil belajar, kreatifitas, kemampuan berfikir tingkat tinggi, motivasi belajar dan keaktifan mahasiswa meningkat secara kualitatif dengan penggunaan metode Project Based Learning, sehingga penerapan model Project Based Learning  merupakan salah satu strategi pembelajaran yang efektif dan relevan diterapkan di perguruan tinggi untuk mendukung capaian belajar yang holistik.


 


Kata kunci: dampak penerapan, Project Based Learning, perguruan tinggi

Keywords

Dampak penerapan project based learning perguruan tinggi

Article Details

References

  1. Anggadini, S. D., Damayanti, S., Suryanagara, G., Sukmawati, I., Fahrana, E., & Fitriyanti, D. (2023). Implementation of Project Based Learning (PBL) in an Effort to Improve Accounting Understanding and Knowledge. Jurnal Riset Akuntansi, 15(2). https://doi.org/10.34010/jra.v15i2.9510
  2. Baharudin, B., & Awaluddin, R. (2024). Implementasi PjBL berbantuan media interaktif daring pada Matakuliah Anti Korupsi dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1296–1303. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.747
  3. Bell, S. (2010). Project‑Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. “The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83”(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
  4. D. K. Meirawati & N. L. P. D. Kresnawati. (2022). Penelitian Dampak Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar pada Perkuliahan Bahasa Inggris Sistem Rombel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 493–501. DOI:10.23887/jippg.v5i3.56035
  5. Ekawarna, E. & Arpizal, & Novia Sri Dwijayanti. (2023). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Creativity dan Innovation Skills Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Prosiding Seminar Nasional Unimus.
  6. Fadillah, R., Ambiyar, A., & Giatman, M. (2021). Meta-analysis: Efektivitas penggunaan metode Project Based Learning dalam pendidikan vokasi. “Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran”, 4(1), 138‑??. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32408
  7. Farida, Anisatul, & Suprihatiningsih, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 20(1), 1–7.
  8. Fitriani, R., & Sarkity, D. (2023). Respon mahasiswa terhadap Project Based Learning dengan penugasan video tutorial uji statistik pada mata kuliah Educational Statistics. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 4(2), 105–114. https://doi.org/10.35961/tanjak.v4i2.963
  9. Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). PjBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa: Sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran PjBL dalam meningkatkan. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 1–11. (Artikel deskriptif membahas peran dan dampak penggunaan PjBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa di perguruan tinggi)
  10. Herlina, L. (2022). Efektivitas model Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan motivasi belajar matematika pada materi bangun ruang sisi lengkung. “SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA”, 2(4), 462–??.
  11. Hosnan, M. (2014). “Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21”. Bogor: Ghalia Indonesia.
  12. Husaini. (2025). Implementasi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning untu Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. JRPP, 8(2), http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
  13. Iskandar, I., & Wahidah, N. I. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Digital. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 123–128. https://doi.org/10.54297/seduj.v4i3.810
  14. Lea, S. J., Stephenson, D., & Troy, J. (2003). Higher education students’ attitudes to student-centred learning: Beyond “educational bulimia”. “Studies in Higher Education”, 28(3), 321–334. https://doi.org/10.1080/03075070309293
  15. Lesmana, C., & Jaedun, A. (2015). Efektivitas model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa STKIP PGRI Pontianak. *Jurnal Pendidikan Vokasi*, 5(2), 161–170. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6382
  16. Lestari, I. D., & Brahma, I. A. (2024). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam Kurikulum Merdeka di perguruan tinggi. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 129-137. https://doi.org/10.30998/xxxxx
  17. Maharani, N. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Produksi Ternak Perah di Prodi Peternakan Universitas Lampung. Media Didaktika, 10(2), 59–66.
  18. Muliaman, A. (2021). Efektivitas model Project Based Learning berorientasi eXe‑Learning dan motivasi terhadap hasil belajar pada materi laju reaksi. “Jurnal Ilmu Pendidikan” (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 1–??. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.956
  19. Muslihasari, A., Oktiningrum, W., Wibowo, A., & Wardhani, D. A. P. (n.d.). Project Based Learning (PjBL) to increase PGSD students’ creativity. Jurnal Ilmiah Mandala Education
  20. Nasution, T., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2022). Model Project‑Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Perguruan Tinggi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 152–165. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3675
  21. Rahmawati, Sri& Idawati,Sri. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) pada Materi Kimia Bahan Alam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa D3 Farmasi. Journal of Authentic Research, Vol. 4, No. 1.https://journal-center.litpam.com/index.php/jar/index
  22. Panjaitan, J., Simangunsong, I. T., & Sihombing, H. B. M. (2020). Implementation of HOTS Based Project Based Learning (PjBL) to Create Innovative Learning Media. *Jurnal Pendidikan Fisika*, 9(2), 79–90. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf
  23. Sudjana, N. (2005). “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  24. Thomas, J. W. (2000). A review of research on project‑based learning. San Rafael, CA: The Autodesk Foundation. Retrieved from http://www.bie.org/research/study/review_of_project_based_learning_2000
  25. Turgut, H. (2008). Prospective science teachers’ conceptualizations about project‑based learning. International Journal of Instruction, 1(1), 61–78.
  26. Vahlepi, S., Helty, H., & Tersta, F. W. (2021). Implementasi model pembelajaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10153–10159. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2593
  27. Wena, M. (2014). “Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Suatu tinjauan konseptual operasional” (Cetakan terbaru). Jakarta: Bumi Aksara.