Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi media pembelajaran Google Sites dalam keterampilan membaca puisi kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa empat media pembelajaran berbasis Google Sites. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi dan observasi non-partisipatif, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Keterampilan Membaca Puisi kelas XI unggul dalam kelengkapan materi dan tingkat interaktivitas. Sebaliknya, sebagian besar media lain masih memerlukan pengembangan pada aspek evaluasi bertahap, peningkatan aktivitas yang melibatkan siswa secara aktif, serta penyempurnaan tampilan visual agar lebih menarik. Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan penambahan fitur interaktif, penerapan evaluasi formatif di setiap tahapan, dan perbaikan desain visual untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.

Keywords

Kata Kunci: Google Sites, Media pembelajaran digital, dan Keterampilan Membaca puisi.

Article Details

References

  1. Afrianto, A., Parjito, P., Kasih, E. N. E. W., Azahra, R. R., & Kaban, S. P. P. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. Madaniya, 3(4), 776–783.
  2. https://www.madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/280
  3. Aulia, N., Harahap, U. H., & Silitonga, N. E. (2025). Tantangan Dan Strategi Manajemen Kurikulum Di Era Digital: Studi Literatur Untuk Inovasi Pendidikan. Jiic: Jurnal Intelek Insan Cedeikia, 2(5), 10283–10302.
  4. Creswell, J. W. (2021). Third Edition Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Sage.
  5. Diandita, Y. N., Saputra, R., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Dikdatik, 9(20), 409–416.
  6. Ekawati, S., Harahap, S. A., & Ramadhan, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Type Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDIT Ummu Hafidzah Sibiru-Biru. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 140–144.
  7. https://doi.org/10.57251/tem.v3i2.1501
  8. Falah, F., & Rusydiyah, E. F. (2022). Evaluasi Media Pembelajaran Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Fiqih. Akademika, 11(01), 13–22.
  9. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1683
  10. Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
  11. Hasanah, N., & Pujiati, P. (2025). Penerapan Pendekatan Deep Learning Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Kota Bekasi. El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 72–79. https://doi.org/10.54125/elbanar.v8i1.539
  12. Kaniawati, E., Mardani, M. E. M., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 18–32.
  13. Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., Fadhlurahman Jamirullah, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
  14. Qulub, L. (2019). Profesionalisme pendidik dalam proses pembelajaran. Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, 14(01), 29–44. https://dirasat.id
  15. Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
  16. https://doi.org/https://ojs3.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
  17. Setyawan, B. (2019). Pengembangan Media Google Sites dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 78–87.
  18. https://doi.org/10.29407/nor.v6i2.13797
  19. Sholihin, Y. P., & Susetyo. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Kemamuan Menulis Teks Fantasi Siswa Kelas VII SMP Ma’arif Gamping. Jurnal Pendidikan, 7(2), 114–123. https://doi.org/10.33369/diksa.v11i1.42447
  20. Ubaidi, A., Nabila, R., Raffi, M. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Google Sites terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar. JPDSH, 2(6), 784–808.
  21. Yuliantri, A., Noermanzah, & Wulandari, C. (2025). Pengembangan Buku Ajar Menulis Teks Deskripsi Berbasis Pedagogi Genre untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.33369/diksa.v11i1.40250
  22. Zein, M. (2024). Metode Pembelajaran Pendidikan Islam yang Efektif: Studi Empiris di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(12), 1073–1082.