Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi media pembelajaran Google Sites dalam keterampilan membaca puisi kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa empat media pembelajaran berbasis Google Sites. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi dan observasi non-partisipatif, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Keterampilan Membaca Puisi kelas XI unggul dalam kelengkapan materi dan tingkat interaktivitas. Sebaliknya, sebagian besar media lain masih memerlukan pengembangan pada aspek evaluasi bertahap, peningkatan aktivitas yang melibatkan siswa secara aktif, serta penyempurnaan tampilan visual agar lebih menarik. Berdasarkan temuan tersebut, direkomendasikan penambahan fitur interaktif, penerapan evaluasi formatif di setiap tahapan, dan perbaikan desain visual untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Anggi Rosita Dewi, Nafri Yanti, Agus Trianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Afrianto, A., Parjito, P., Kasih, E. N. E. W., Azahra, R. R., & Kaban, S. P. P. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. Madaniya, 3(4), 776–783.
- https://www.madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/280
- Aulia, N., Harahap, U. H., & Silitonga, N. E. (2025). Tantangan Dan Strategi Manajemen Kurikulum Di Era Digital: Studi Literatur Untuk Inovasi Pendidikan. Jiic: Jurnal Intelek Insan Cedeikia, 2(5), 10283–10302.
- Creswell, J. W. (2021). Third Edition Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Sage.
- Diandita, Y. N., Saputra, R., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Dikdatik, 9(20), 409–416.
- Ekawati, S., Harahap, S. A., & Ramadhan, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Type Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDIT Ummu Hafidzah Sibiru-Biru. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 140–144.
- https://doi.org/10.57251/tem.v3i2.1501
- Falah, F., & Rusydiyah, E. F. (2022). Evaluasi Media Pembelajaran Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Fiqih. Akademika, 11(01), 13–22.
- https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1683
- Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
- Hasanah, N., & Pujiati, P. (2025). Penerapan Pendekatan Deep Learning Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Kota Bekasi. El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 72–79. https://doi.org/10.54125/elbanar.v8i1.539
- Kaniawati, E., Mardani, M. E. M., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 18–32.
- Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., Fadhlurahman Jamirullah, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
- Qulub, L. (2019). Profesionalisme pendidik dalam proses pembelajaran. Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, 14(01), 29–44. https://dirasat.id
- Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
- https://doi.org/https://ojs3.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
- Setyawan, B. (2019). Pengembangan Media Google Sites dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 78–87.
- https://doi.org/10.29407/nor.v6i2.13797
- Sholihin, Y. P., & Susetyo. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Kemamuan Menulis Teks Fantasi Siswa Kelas VII SMP Ma’arif Gamping. Jurnal Pendidikan, 7(2), 114–123. https://doi.org/10.33369/diksa.v11i1.42447
- Ubaidi, A., Nabila, R., Raffi, M. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Google Sites terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar. JPDSH, 2(6), 784–808.
- Yuliantri, A., Noermanzah, & Wulandari, C. (2025). Pengembangan Buku Ajar Menulis Teks Deskripsi Berbasis Pedagogi Genre untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.33369/diksa.v11i1.40250
- Zein, M. (2024). Metode Pembelajaran Pendidikan Islam yang Efektif: Studi Empiris di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(12), 1073–1082.
References
Afrianto, A., Parjito, P., Kasih, E. N. E. W., Azahra, R. R., & Kaban, S. P. P. (2022). Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. Madaniya, 3(4), 776–783.
https://www.madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/280
Aulia, N., Harahap, U. H., & Silitonga, N. E. (2025). Tantangan Dan Strategi Manajemen Kurikulum Di Era Digital: Studi Literatur Untuk Inovasi Pendidikan. Jiic: Jurnal Intelek Insan Cedeikia, 2(5), 10283–10302.
Creswell, J. W. (2021). Third Edition Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Sage.
Diandita, Y. N., Saputra, R., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Dikdatik, 9(20), 409–416.
Ekawati, S., Harahap, S. A., & Ramadhan, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Type Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDIT Ummu Hafidzah Sibiru-Biru. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 140–144.
https://doi.org/10.57251/tem.v3i2.1501
Falah, F., & Rusydiyah, E. F. (2022). Evaluasi Media Pembelajaran Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Fiqih. Akademika, 11(01), 13–22.
https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1683
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
Hasanah, N., & Pujiati, P. (2025). Penerapan Pendekatan Deep Learning Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Kota Bekasi. El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 72–79. https://doi.org/10.54125/elbanar.v8i1.539
Kaniawati, E., Mardani, M. E. M., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 18–32.
Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., Fadhlurahman Jamirullah, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Qulub, L. (2019). Profesionalisme pendidik dalam proses pembelajaran. Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, 14(01), 29–44. https://dirasat.id
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
https://doi.org/https://ojs3.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Setyawan, B. (2019). Pengembangan Media Google Sites dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 78–87.
https://doi.org/10.29407/nor.v6i2.13797
Sholihin, Y. P., & Susetyo. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Kemamuan Menulis Teks Fantasi Siswa Kelas VII SMP Ma’arif Gamping. Jurnal Pendidikan, 7(2), 114–123. https://doi.org/10.33369/diksa.v11i1.42447
Ubaidi, A., Nabila, R., Raffi, M. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Google Sites terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar. JPDSH, 2(6), 784–808.
Yuliantri, A., Noermanzah, & Wulandari, C. (2025). Pengembangan Buku Ajar Menulis Teks Deskripsi Berbasis Pedagogi Genre untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.33369/diksa.v11i1.40250
Zein, M. (2024). Metode Pembelajaran Pendidikan Islam yang Efektif: Studi Empiris di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(12), 1073–1082.