Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui aplikasi quizizz. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa program studi D3 Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya berjumlah 22 orang. Hasil penelitian ini memperoleh terjadi peningkatan hasil keterampilan menulis paragraf yaitu sebesar 34,77% pada siklus I dan siklus II. Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini yaitu media pembelajaran quizziz dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kuis yang disajikan secara menarik karena tampilan yang interaktif, variasi bentuk soal, serta sistem penilaian otomatis menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kompetitif sehingga mampu meningkatkan fokus serta partisipasi aktif mahasiswa dalam pembelajaran menulis paragraf.

Keywords

learning outcomes, writing, paragraphs, quizizz

Article Details

References

  1. Anggraeni, R. D., & Nurjanah, F. (2020). Strategi pembelajaran bahasa indonesia menggunakan media quizizz dalam meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas X SMA. Prosiding SAMASTA. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7229
  2. Aryanti, S., Hartati, H., Destriana, D., Victorian, A. R., Setiyo, E., Nanda, F. A., Destriani, D., Azhar, S., & Motik, D. (2023). Assistance using mobile learning applications to improve skills physical education teacher in the 4.0 era. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 13(2), 188. https://doi.org/10.35194/jm.v13i2.3762
  3. Atieka, T. A. (2024). Analisis Penggunaan Quizizz Dalam Peningkatkan Literasi Digital Generasi Z MENDUKUNG SDGs. 16(November), 177–188. www.quizizz.com
  4. Karmila, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Aplikasi Quizizz Siswa SMP. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(1), 51–58. https://doi.org/https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i1.430
  5. Mauluddin, I., Zahro, A., & Widyartono, D. (2024). Pembelajaran Menulis Teks Puisi Berbasis Model Akrostik dengan Kartu Kata melalui Media Wordwall. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 13–26. https://doi.org/10.33369/diksa.v10i1.31661
  6. Mudatsir. (2023). Analisis Model Project Based Learning (PJBL) Dengan Memanfaatkan Platform Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ilmu Pendidikan, 1(2), 293–303.
  7. Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.
  8. Ryan, M. D., Aryanti, S., Bayu, W. I., Destriani, D., Solahuddin, S., Azhar, S., & Tuti, R. R. (2024). Implementation of E-Book Flip PDF Professional Sepak Takraw Material for High School Students. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(2), 182–189. https://doi.org/10.26418/jilo.v7i2.89264
  9. Soleha, I. M., Jamilah, F., & Susetyo, S. (2024). Development of Feature Based Learning Media Instagram in Learning Writing Procedure Text at SMP Negeri 2 Imogiri Yogyakarta. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 38–50. https://doi.org/10.33369/diksa.v10i1.35145
  10. Utami, R., & Pekalongan, S. M. P. N. (2022). Jurnal Mutiara Pendidikan Procedure Melalui Media Quizizz Pada Peserta Didik Kelas Ixe Semesrter I Smp Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2021 / 2022. 6(2).