Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui aplikasi quizizz. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa program studi D3 Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya berjumlah 22 orang. Hasil penelitian ini memperoleh terjadi peningkatan hasil keterampilan menulis paragraf yaitu sebesar 34,77% pada siklus I dan siklus II. Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini yaitu media pembelajaran quizziz dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kuis yang disajikan secara menarik karena tampilan yang interaktif, variasi bentuk soal, serta sistem penilaian otomatis menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kompetitif sehingga mampu meningkatkan fokus serta partisipasi aktif mahasiswa dalam pembelajaran menulis paragraf.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Resti Ries Tuti, Revie Juniarti, Bhramastya Sandy Hargita, Novritika, Sri Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Anggraeni, R. D., & Nurjanah, F. (2020). Strategi pembelajaran bahasa indonesia menggunakan media quizizz dalam meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas X SMA. Prosiding SAMASTA. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7229
- Aryanti, S., Hartati, H., Destriana, D., Victorian, A. R., Setiyo, E., Nanda, F. A., Destriani, D., Azhar, S., & Motik, D. (2023). Assistance using mobile learning applications to improve skills physical education teacher in the 4.0 era. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 13(2), 188. https://doi.org/10.35194/jm.v13i2.3762
- Atieka, T. A. (2024). Analisis Penggunaan Quizizz Dalam Peningkatkan Literasi Digital Generasi Z MENDUKUNG SDGs. 16(November), 177–188. www.quizizz.com
- Karmila, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Aplikasi Quizizz Siswa SMP. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(1), 51–58. https://doi.org/https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i1.430
- Mauluddin, I., Zahro, A., & Widyartono, D. (2024). Pembelajaran Menulis Teks Puisi Berbasis Model Akrostik dengan Kartu Kata melalui Media Wordwall. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 13–26. https://doi.org/10.33369/diksa.v10i1.31661
- Mudatsir. (2023). Analisis Model Project Based Learning (PJBL) Dengan Memanfaatkan Platform Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ilmu Pendidikan, 1(2), 293–303.
- Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.
- Ryan, M. D., Aryanti, S., Bayu, W. I., Destriani, D., Solahuddin, S., Azhar, S., & Tuti, R. R. (2024). Implementation of E-Book Flip PDF Professional Sepak Takraw Material for High School Students. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(2), 182–189. https://doi.org/10.26418/jilo.v7i2.89264
- Soleha, I. M., Jamilah, F., & Susetyo, S. (2024). Development of Feature Based Learning Media Instagram in Learning Writing Procedure Text at SMP Negeri 2 Imogiri Yogyakarta. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 38–50. https://doi.org/10.33369/diksa.v10i1.35145
- Utami, R., & Pekalongan, S. M. P. N. (2022). Jurnal Mutiara Pendidikan Procedure Melalui Media Quizizz Pada Peserta Didik Kelas Ixe Semesrter I Smp Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2021 / 2022. 6(2).
References
Anggraeni, R. D., & Nurjanah, F. (2020). Strategi pembelajaran bahasa indonesia menggunakan media quizizz dalam meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas X SMA. Prosiding SAMASTA. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7229
Aryanti, S., Hartati, H., Destriana, D., Victorian, A. R., Setiyo, E., Nanda, F. A., Destriani, D., Azhar, S., & Motik, D. (2023). Assistance using mobile learning applications to improve skills physical education teacher in the 4.0 era. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 13(2), 188. https://doi.org/10.35194/jm.v13i2.3762
Atieka, T. A. (2024). Analisis Penggunaan Quizizz Dalam Peningkatkan Literasi Digital Generasi Z MENDUKUNG SDGs. 16(November), 177–188. www.quizizz.com
Karmila, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Aplikasi Quizizz Siswa SMP. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(1), 51–58. https://doi.org/https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i1.430
Mauluddin, I., Zahro, A., & Widyartono, D. (2024). Pembelajaran Menulis Teks Puisi Berbasis Model Akrostik dengan Kartu Kata melalui Media Wordwall. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 13–26. https://doi.org/10.33369/diksa.v10i1.31661
Mudatsir. (2023). Analisis Model Project Based Learning (PJBL) Dengan Memanfaatkan Platform Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ilmu Pendidikan, 1(2), 293–303.
Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.
Ryan, M. D., Aryanti, S., Bayu, W. I., Destriani, D., Solahuddin, S., Azhar, S., & Tuti, R. R. (2024). Implementation of E-Book Flip PDF Professional Sepak Takraw Material for High School Students. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(2), 182–189. https://doi.org/10.26418/jilo.v7i2.89264
Soleha, I. M., Jamilah, F., & Susetyo, S. (2024). Development of Feature Based Learning Media Instagram in Learning Writing Procedure Text at SMP Negeri 2 Imogiri Yogyakarta. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 38–50. https://doi.org/10.33369/diksa.v10i1.35145
Utami, R., & Pekalongan, S. M. P. N. (2022). Jurnal Mutiara Pendidikan Procedure Melalui Media Quizizz Pada Peserta Didik Kelas Ixe Semesrter I Smp Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2021 / 2022. 6(2).