Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan memetakan wujud kesantunan berbahasa yang digunakan oleh mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia (TBI) UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu selama proses pembelajaran. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan pendekatan pragmatik, berfokus pada analisis Maksim Kesantunan Leech pada tuturan verbal dan nonverbal. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Ditemukan total 444 tuturan kesantunan, terdiri dari 321 tuturan interaksi horizontal (mahasiswa-mahasiswa) dan 123 tuturan interaksi vertikal (mahasiswa-dosen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesantunan berbahasa didominasi oleh penerapan Maksim Kebijaksanaan dan Maksim Kerendahan Hati. Dominasi ini mengindikasikan adanya penggunaan strategi kesantunan negatif (menjaga jarak hormat) dalam interaksi vertikal, serta internalisasi nilai tawadhu (kerendahan hati) sebagai manifestasi etika keilmuan Islam. Inovasi yang ditemukan adalah bahwa Maksim Kebijaksanaan menjadi ciri khas yang menonjol dan signifikan dalam konteks institusi keagamaan, menunjukkan bahwa Maksim Kesantunan dimodifikasi oleh faktor sosio-religius.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Andre Sandi, Nelda Sari Siregar, Susi Seles, Dina Putri Juni Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Agustina, D., Sumarlam, S., & Rohmadi, M. (2020). Kesantunan Berbahasa Sebagai Faktor Determinan Keberhasilan Pembelajaran Berbahasa. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1). Https://Doi.Org/10.35194/Alinea.V9i1.830
- Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Di Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(1). Https://Doi.Org/10.33369/Jik.V3i1.7345
- Brown, P dan S. Levinson. 1987. Politeness. Cambridge: Cambridge University Press.
- Beden, S. (2019). Strategy Of Politeness In Writing: Application Of Leech (1983), Grice (1975) & Asmah (1996 & 2000) Models. International Journal Of Humanities, Philosophy And Language. Https://Doi.Org/10.35631/Ijhpl.260010
- Faiz, A., Hakam, K. A., Sauri, S., & Ruyadi, Y. (2020). Internalisasi Nilai Kesantunan Berbahasa Melalui Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1). Https://Doi.Org/10.17509/Jpis.V29i1.24382
- Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
- Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.
- Nasir, E., & Mahamod, Z. (2020). Kesantunan Berbahasa Dalam Kalangan Guru Bahasa Di Sebuah Sekolah Aliran Agama Language Politeness Among The Language Teachers In A Religious School. Journal Of Advanced Research In Social And Behavioural Sciences Journal Homepage, 19.
- Nugraheni, R. E. (2016). Wujud Pragmatik Kesantunan Imperatif Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1). Https://Doi.Org/10.33369/Diksa.V2i1.3247
- Tri Rina Budiwati. (2017). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Dalam Berinteraksi Dengan Dosen Di Universitas Ahmad Dahlan : Analisis Pragmatik Abstrak. The 5th Urecol Proceeding, 7(February).
- Yanti, N., Wulandari, C., Hiasa, F., & Hararahap, S. H. (2023). Kemampuan Menyimak Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Hasil Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (Ukbi). Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1). Https://Doi.Org/10.33369/Diksa.V9i1.30548
References
Agustina, D., Sumarlam, S., & Rohmadi, M. (2020). Kesantunan Berbahasa Sebagai Faktor Determinan Keberhasilan Pembelajaran Berbahasa. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1). Https://Doi.Org/10.35194/Alinea.V9i1.830
Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Di Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(1). Https://Doi.Org/10.33369/Jik.V3i1.7345
Brown, P dan S. Levinson. 1987. Politeness. Cambridge: Cambridge University Press.
Beden, S. (2019). Strategy Of Politeness In Writing: Application Of Leech (1983), Grice (1975) & Asmah (1996 & 2000) Models. International Journal Of Humanities, Philosophy And Language. Https://Doi.Org/10.35631/Ijhpl.260010
Faiz, A., Hakam, K. A., Sauri, S., & Ruyadi, Y. (2020). Internalisasi Nilai Kesantunan Berbahasa Melalui Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1). Https://Doi.Org/10.17509/Jpis.V29i1.24382
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.
Nasir, E., & Mahamod, Z. (2020). Kesantunan Berbahasa Dalam Kalangan Guru Bahasa Di Sebuah Sekolah Aliran Agama Language Politeness Among The Language Teachers In A Religious School. Journal Of Advanced Research In Social And Behavioural Sciences Journal Homepage, 19.
Nugraheni, R. E. (2016). Wujud Pragmatik Kesantunan Imperatif Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1). Https://Doi.Org/10.33369/Diksa.V2i1.3247
Tri Rina Budiwati. (2017). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Dalam Berinteraksi Dengan Dosen Di Universitas Ahmad Dahlan : Analisis Pragmatik Abstrak. The 5th Urecol Proceeding, 7(February).
Yanti, N., Wulandari, C., Hiasa, F., & Hararahap, S. H. (2023). Kemampuan Menyimak Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Hasil Tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (Ukbi). Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1). Https://Doi.Org/10.33369/Diksa.V9i1.30548