Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
- Ahmad, L. I. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru dan Faktor yang Mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). doi:10.24252/idaarah.v1i1.4133
- Ambarita, C. F. (2017). Kompetensi Profesional Guru SMA Kalam Kudus Medan. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(2), 164–169. doi:10.24114/sejpgsd.v7i2.6850
- Ananda, L. J. (2017). Kajian Kompetensi dan Profesionalisasi Guru. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(2), 175–181. doi:10.24114/sejpgsd.v7i2.6852
- Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). doi:10.37755/jsap.v8i2.170
- Drummond, A., & Sweeney, T. (2016). Can an objective measure of technological pedagogical content knowledge (TPACK) supplement existing TPACK measures? British Journal of Educational Technology, 48(4), 928–939. doi:10.1111/bjet.12473
- Muspawi, M. (2020). Realisasi Kinerja Pengawas dalam Membina Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1). doi:10.47783/jurpendigu.v1i1.70
- Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 275. http://repository.unib.ac.id/11133/
- Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
- Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. doi:10.17509/jpm.v2i2.8109
- Rivalina, R. (2016). Peran Guru Garis Depan dalam Mengembangkan Sekolah Efektif. Perspektif Ilmu Pendidikan, 30(2), 77. doi:10.21009/pip.302.2
- Rusnailah, R. (2019). Hasil Penilaian Kinerja dan Capaian Kompetensi Guru (SMAN 2 Banjarmasin dan SMAN 13 Banjarmasin). Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(1). doi:10.33654/jpl.v14i1.638
- Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet.
- Sarimaya, F. (2008). Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa, dan Bagaimana? Bandung: Yrama Widya.
- Supadi, Dewi W, Zulaikha S, Nuphanudin, Soraya E. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru Berbasis Myers Briggs Type Indicator/MBTI berbasis Tekonologi Informasi. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(3), Available from: http://dx.doi.org/10.37200/ijpr/v24i3/pr200954
- Susanti, R. (2013). Teknologi Pendidikan dan Peranannya dalam Transformasi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2). doi:10.32832/tek.pend.v2i2.448
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
- Uno, H. B. (2009). Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta. Bumi Aksara.
Referensi
Ahmad, L. I. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru dan Faktor yang Mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). doi:10.24252/idaarah.v1i1.4133
Ambarita, C. F. (2017). Kompetensi Profesional Guru SMA Kalam Kudus Medan. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(2), 164–169. doi:10.24114/sejpgsd.v7i2.6850
Ananda, L. J. (2017). Kajian Kompetensi dan Profesionalisasi Guru. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(2), 175–181. doi:10.24114/sejpgsd.v7i2.6852
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). doi:10.37755/jsap.v8i2.170
Drummond, A., & Sweeney, T. (2016). Can an objective measure of technological pedagogical content knowledge (TPACK) supplement existing TPACK measures? British Journal of Educational Technology, 48(4), 928–939. doi:10.1111/bjet.12473
Muspawi, M. (2020). Realisasi Kinerja Pengawas dalam Membina Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1). doi:10.47783/jurpendigu.v1i1.70
Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 275. http://repository.unib.ac.id/11133/
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. doi:10.17509/jpm.v2i2.8109
Rivalina, R. (2016). Peran Guru Garis Depan dalam Mengembangkan Sekolah Efektif. Perspektif Ilmu Pendidikan, 30(2), 77. doi:10.21009/pip.302.2
Rusnailah, R. (2019). Hasil Penilaian Kinerja dan Capaian Kompetensi Guru (SMAN 2 Banjarmasin dan SMAN 13 Banjarmasin). Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(1). doi:10.33654/jpl.v14i1.638
Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet.
Sarimaya, F. (2008). Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa, dan Bagaimana? Bandung: Yrama Widya.
Supadi, Dewi W, Zulaikha S, Nuphanudin, Soraya E. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru Berbasis Myers Briggs Type Indicator/MBTI berbasis Tekonologi Informasi. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(3), Available from: http://dx.doi.org/10.37200/ijpr/v24i3/pr200954
Susanti, R. (2013). Teknologi Pendidikan dan Peranannya dalam Transformasi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2). doi:10.32832/tek.pend.v2i2.448
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Uno, H. B. (2009). Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta. Bumi Aksara.