Main Article Content
Abstract
Article Details
References
- Creswell, J. W. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
- Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Siswa sekolah dasar dan AUD. Raudhatul Athfal, 1. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
- Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
- Fauzi, I, & Suryadi, D. (2020). Didactical Design Research Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (1), 58-68. https://doi.org/10.36456/inventa.4.1.a2207
- Frisancho, S., & Delgado, G. E. (2018). Moral education as intercultural moral education. Intercultural Education, 29(1). https://doi.org/10.1080/14675986.2017.1405214
- Juhji. (2016). Peran Guru dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan , 14-18.
- Kemdikbud. (2013). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.
- Komalasari, K., & Sapriya, S. (2016). Living Values Education in Teaching Materials to Develop Students ' Civic Disposition. The New Educational Review, 44(1990), 107- 121. https://doi.org/10.15804/tner.2016.44.2.09
- Mahanani, P., & Muchtar, M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Menggunakan Model Inkuiri dan Project Based Learning (PJBL) pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 43-49. https://doi.org/10.17977/um009v28i12019p043
- Maleong, I. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Munir, Z. A., & Awiria, A. (2020). Implementasi Pendidikan Nilai melalui Permainan Tradisional Aanak Suku Sasak di MI NW Loang Sawak Lombok Tengah. Taman
- Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1). https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.5764 Nasional, U. S. P. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional.
- Oktaviani, S., & Hairunnissa, H. (2020). Analisis Penenrapan Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas V SDN 009 Samarinda Ulu. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan KeSD-An, 4(2). https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8360
- Putri Utami, I. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Perencanaan Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal dI SD Muhammadiyah I Malang. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(1). https://doi.org/10.30738/tc.v2i1.2773
- Sardiman, A. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
- Siwi Widiastuti. (2012). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 1/ Edisi 1.
- Sudarwiyani, K. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Online Berbasis Kearifan Lokal ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Etnografi di SDN 1 Samsam). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3i).
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). In International Journal of Physiology (Vol. 6, Issue 1). Alfabeta.
- Suhendro Eko & Syaefudin. (2020). Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Siswa sekolah dasar dan AUD. Vol. 5 (3) September 2020 (133-140). https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
- Syah. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
- Thacker, E. S., Friedman, A. M., Fitchett, P. G., & Journell, W., & Lee, J. K. (2018). Exploring How an Elementary Teacher Plans and Implements Social Studies Inquiry. The Social Studies, 109(2), 85-100. https://doi.org/10.1080/00377996.2018.1451983
- Wagiran. (2011). Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal di Wilayah Propinsi DIY dan Mendukung Perwujudan Visi Pembangunan DIY Menuju tahun 2025. Yogyakarta: Setda Provinsi DIY.
- Werdistira, I. W. A., & Purnama, I. G. A. V. (2020). Local wisdom based Balinese digital story telling through blended learning method. Linguistics and Culture Review, 4(1). https://doi.org/10.37028/lingcure.v4n1.26
- Wibowo, I. S. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa . Urnal Gentala Pendidikan Dasar , 30-33.
References
Creswell, J. W. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Siswa sekolah dasar dan AUD. Raudhatul Athfal, 1. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fauzi, I, & Suryadi, D. (2020). Didactical Design Research Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (1), 58-68. https://doi.org/10.36456/inventa.4.1.a2207
Frisancho, S., & Delgado, G. E. (2018). Moral education as intercultural moral education. Intercultural Education, 29(1). https://doi.org/10.1080/14675986.2017.1405214
Juhji. (2016). Peran Guru dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan , 14-18.
Kemdikbud. (2013). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.
Komalasari, K., & Sapriya, S. (2016). Living Values Education in Teaching Materials to Develop Students ' Civic Disposition. The New Educational Review, 44(1990), 107- 121. https://doi.org/10.15804/tner.2016.44.2.09
Mahanani, P., & Muchtar, M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Menggunakan Model Inkuiri dan Project Based Learning (PJBL) pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 43-49. https://doi.org/10.17977/um009v28i12019p043
Maleong, I. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munir, Z. A., & Awiria, A. (2020). Implementasi Pendidikan Nilai melalui Permainan Tradisional Aanak Suku Sasak di MI NW Loang Sawak Lombok Tengah. Taman
Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1). https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.5764 Nasional, U. S. P. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional.
Oktaviani, S., & Hairunnissa, H. (2020). Analisis Penenrapan Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas V SDN 009 Samarinda Ulu. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan KeSD-An, 4(2). https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8360
Putri Utami, I. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Perencanaan Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal dI SD Muhammadiyah I Malang. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(1). https://doi.org/10.30738/tc.v2i1.2773
Sardiman, A. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Siwi Widiastuti. (2012). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 1/ Edisi 1.
Sudarwiyani, K. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Online Berbasis Kearifan Lokal ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Etnografi di SDN 1 Samsam). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3i).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). In International Journal of Physiology (Vol. 6, Issue 1). Alfabeta.
Suhendro Eko & Syaefudin. (2020). Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Siswa sekolah dasar dan AUD. Vol. 5 (3) September 2020 (133-140). https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
Syah. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Thacker, E. S., Friedman, A. M., Fitchett, P. G., & Journell, W., & Lee, J. K. (2018). Exploring How an Elementary Teacher Plans and Implements Social Studies Inquiry. The Social Studies, 109(2), 85-100. https://doi.org/10.1080/00377996.2018.1451983
Wagiran. (2011). Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal di Wilayah Propinsi DIY dan Mendukung Perwujudan Visi Pembangunan DIY Menuju tahun 2025. Yogyakarta: Setda Provinsi DIY.
Werdistira, I. W. A., & Purnama, I. G. A. V. (2020). Local wisdom based Balinese digital story telling through blended learning method. Linguistics and Culture Review, 4(1). https://doi.org/10.37028/lingcure.v4n1.26
Wibowo, I. S. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa . Urnal Gentala Pendidikan Dasar , 30-33.