Journal Description

Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (KAPEDAS) menerima artikel/tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Fokus kajian berkenaan dengan paradigma umum di bidang pendidikan dasar, menegah, atas, dan tinggi. Berorientasi pada permasalahan dinamika sistem dan pengembangan pembelajaran, inovasi, kreativitas, keterkaitan kearifan lokal, dan pendidikan modern. Teknis dan sistematika penulisan mengacu pada pedoman penulisan artikel sebagaimana tercantum halaman akhir jurnal ini. Seluruh naskah yang masuk akan dibahas dan disunting kelayakannya.


 


Terbit setiap bulan MARET dan SEPTEMBER

Vol. 2 No. 1 (2023): Maret

Published: 22 March 2023

Pengembangan Bahan Ajar Muatan Pelajaran PPKn Berbasis Higher Order Thinking Skills untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 49 Bengkulu Tengah

Wiharti (1), Puspa Djuwita (2), Abdul Muktadir (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
1-14
128

Pergeseran Bahasa Enggano dalam Komunikasi Siswa SDN 053 Pulau Enggano Sebagai Literasi Bahasa Daerah

Wahyu Alfanda (1), Abdul Muktadir (2), Puspa Djuwita (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
15-24
114

Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook pada Materi Cerita Rakyat Bengkulu untuk Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

Yolanda Fresiska Jaya (1), Puspa Djuwita (2), Abdul Muktadir (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
25-34
88

Pengembangan E- Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Keberagaman Budaya Masyarakat untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas V Sekolah Dasar

Leni Susianti (1), Puspa Djuwita (2), Osa Juarsa (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
35-47
142

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Narasi Berbasis Literasi Wisata Lokal pada Kelas IV Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Kognitif

Marlina (1), Abdul Muktadir (2), Bambang Parmadi (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
48-59
65

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV

Putri Nuriantisyah (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
60-71
169

Mengembangkan Nilai Karakter Kerja Sama pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Kota Bengkulu Melalui Ekstrakurikuler Seni Tari Persembahan dalam Rangka Pewarisan Budaya Lokal

Lola Manera (1), Puspa Djuwita (2), Bambang Parmadi (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
72-78
46

Pengembangan Media Wayang Berbahan Barang Bekas Berbasis Budaya Lingkungan Setempat Bermuatan Cerita Rakyat Bengkulu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Erna Oksari (1), Abdul Muktadir (2)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
79-90
45

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Materi Siklus Air Kelas V SD untuk Meningkatkan Berpikir Kritis

Sari Erander (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
91-100
172

Pengembangan Modul Berbasis Pemecahan Masalah Soal Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV SD

Elli Nurdahwati (1), Agus Susanta (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
101-113
89

Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV

Dela Safitri (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
114-125
47

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Terintegrasi dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Materi Bilangan di Kelas 1 Sekolah Dasar

Yosi Arianita (1), Agus Susanta (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
126-135
76

Pengembangan LKPD Menulis Puisi Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Class untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Helda Susanti (1), Abdul Muktadir (2), Bambang Parmadi (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
136-144
88

Pengembangan LKPD Berorientasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Proses SAINS Siswa Kelas V

Pingsi Anggriani (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
145-155
39

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Muatan Karakter Peduli Lingkungan pada Pembelajaran IPA di kelas IV

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Muatan Karakter Peduli Lingkungan Pada Pembelajaran IPA di kelas IV

Heni Mukti Asih Maisari S (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
156-165
57

Pengembangan LKPD dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika Permainan Tradisional Cak-Belikak pada Materi Geometri Segi Banyak di Kelas IV Sekolah Dasar

Nurochim (1), Agus Susanta (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
166-179
118

Analisis Tugas dalam Buku Tematik Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas VI Berdasarkan Unsur Pengetahuan, Konteks, dan Proses Sains

Tri Lestari (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
180-192
36

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas V

Ventri Adetia Jumintri (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
193-204
56

Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thingking Skills (HOTS) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN 21 Bengkulu Tengah

Rinto Hartono (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
205-217
105

Pengembangan Komik Berbasis Cerita Rakyat Bengkulu untuk Mensukseskan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar

Neni Marlianti (1), Abdul Muktadir (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
218-228
87
View All Issues