Journal Description

Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (KAPEDAS) menerima artikel/tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Fokus kajian berkenaan dengan paradigma umum di bidang pendidikan dasar, menegah, atas, dan tinggi. Berorientasi pada permasalahan dinamika sistem dan pengembangan pembelajaran, inovasi, kreativitas, keterkaitan kearifan lokal, dan pendidikan modern. Teknis dan sistematika penulisan mengacu pada pedoman penulisan artikel sebagaimana tercantum halaman akhir jurnal ini. Seluruh naskah yang masuk akan dibahas dan disunting kelayakannya.


 


Terbit setiap bulan MARET dan SEPTEMBER

Vol. 3 No. 2 (2024): September

Published: 28 September 2024

Analisis Unsur Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses pada Buku IPAS Muatan IPA Kelas IV Fase B Kurikulum Merdeka

Analisis Unsur Berpikir Kreatif Dan Keterampilan Proses Pada Buku IPAS Muatan IPA Kelas IV Fase B Kurikulum Merdeka

Okdiansyah (1), Endang Widi Winarni (2), Abdul Muktadir (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
191-201
17

Menanamkan Nilai Karakter Bergotong Royong Melalui Ekstrakulikuler Seni Tari Bertema Sikap Peduli Lingkungan di SDN 77 Kota Bengkulu

Puja Rapita (1), Abdul Muktadir (2), Bambang Parmadi (3)
(1) SD Negeri 77 Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
202-209
9

Pengaruh Media Powerpoint Interaktif dalam Pembelajaran Sains Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD

Ricke Leosita Utami (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) SD Negeri 156 Seluma, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
210-218
13

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Konteks Ekoliterasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar

Likran Isnadi (1), Abdul Muktadir (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) SD Negeri 85 Bengkulu Tengah, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
219-231
11

Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Aplikasi Prezi Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Siklus Air di Kelas V Sekolah Dasar

Yeni Puspita Sari (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) SD Negeri 73 Bengkulu Selatan, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
232-240
8

Pengembangan Soal Numerasi Berorientasi AKM Berbasis Cagar Budaya Kota Bengkulu untuk Siswa Kelas V SD

Vivi Oktavia (1), Agus Susanta (2), Bambang Parmadi (3)
(1) SDIT Insan Mulia Bengkulu, Kota Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
241-249
27

Pengaruh Pembelajaran IPA dengan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas V

Nasirun (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) SD Negeri Trans Pendingan, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
250-261
6

Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Gambar Menggunakan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar pada Pelajaran Bahasa Indonesia

Yayanti (1), Abdul Muktadir (2), Agus Susanta (3)
(1) SD Negeri 53 Bengkulu Tengah, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
262-276
10

Pengembangan LKPD IPA Berbasis Sains, Teknologi, Masyarakat, (STM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV

Yebby Yelita Sari (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
277-287
8

Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Keramat Riak Berbasis Audio Visual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 56 Kota Bengkulu

Indah Putri Utami (1), Abdul Muktadir (2), Irwan Koto (3)
(1) SD Negeri 56 Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
288-301
9

Pengaruh Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV

Mahdalena (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) SD Negeri 2 Sungai Pinang, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
302-314
16

Pengaruh Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Komik Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD

Marisha Herwanti (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
315-323
17

Pengaruh Pemanfaatan Media Augmented Reality dengan Flash Card dalam Pembelajaran Sains Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar

Tri Moka Lestari (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) SD IT Hidayatullah, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
324-329
4

Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Suriyani (1), Abdul Muktadir (2), Agus Susanta (3)
(1) MIN 2 Bengkulu Tengah, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
330-342
6

Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbasis Model Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Lia Maya Sari (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
343-356
17

Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Metode Guide Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis Kelas Iv Sekolah Dasar

Yuniarti (1), Abdul Muktadir (2), Agus Susanta (3)
(1) SD Negeri 71 Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
357-370
8

Pengaruh Penggunaan E-Book Ensiklopedia Tata Surya dengan Pendekatan TPACK Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VI

Desy Putri Sari (1), Irwan Koto (2), Osa Juarsa (3)
(1) SD Negeri 14 Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
371-380
11

Pengaruh Media Powtoon dalam Pembelajaran Sains Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Aidiyana Auva (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) SD Negeri 1 Bengkulu Tengah, Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
381-391
16

Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Perilaku Prososial dan Motivasi Belajar IPS di Kelas V SD Gugus IX Kota Bengkulu

Febby Intan Permata Sari (1), Badeni (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) SD Negeri 01 Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia ,
(2) FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
392-398
12

Pengembangan Paket Miniatur Sistem Tata Surya dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas VI SD

Marya Dalena (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
399-412
6
View All Issues