Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Referensi
- Akhadiah, Sabarti dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksaara. Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
- Dewi, M. S., 2017, “Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis puisi Siswa A”. Jurnal Sekolah Dasar, Vol. 2 No. Nomor ISSN : 2528-2883.
- Djamarah, Syaiufudin Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Banjarmasin: Rineka Cipta. Hodidjah, dkk. 2018, “Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas
- Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci Di Kelas 5 SD”. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar- vol. 5, No. 1 (2018) 43-5.
- Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia, Jakarta: Nobel Edumedia.
- Nurgiantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
- Nurgiyantoro, B., 2016, Penilaian Bahasa berbasis Kompetensi (Edisi ke-2), Jogjakarta : BPFE.
- Santosa, Puji dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
- Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju
- Slamet St Y. 2007. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
- Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Suparno & Mohamad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UT. Suroso. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Kemampuan Menulis Melalui Classroom Action Research. Yogyakarta: Pararaton.
- Sutresna I. B., dkk. 2017. “Pemanfaatan Teknik kata Kunci untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MIPA 5 SMA N 1 Payangan”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.7 No 2.
- Santosa, P., dkk. 2010. Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka : Jakarta
- Susanto, A., 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group : Jakarta.
- Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Syarif, Erlina dkk. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Depdiknas.
- Tarigan, Henry Guntur. 2005, Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Universitas Terbuka : Jakarta.
- ----------. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Trianto, Agus. 2014. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud. Wardhani, Igak. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Wisang, O. I., (2014). Memahami Puisi dari Apresiasi menuju Kajian, Jogjakarta : Penerbit Ombak.
Referensi
Akhadiah, Sabarti dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksaara. Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, M. S., 2017, “Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis puisi Siswa A”. Jurnal Sekolah Dasar, Vol. 2 No. Nomor ISSN : 2528-2883.
Djamarah, Syaiufudin Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Banjarmasin: Rineka Cipta. Hodidjah, dkk. 2018, “Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas
Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci Di Kelas 5 SD”. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar- vol. 5, No. 1 (2018) 43-5.
Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia, Jakarta: Nobel Edumedia.
Nurgiantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, B., 2016, Penilaian Bahasa berbasis Kompetensi (Edisi ke-2), Jogjakarta : BPFE.
Santosa, Puji dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju
Slamet St Y. 2007. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suparno & Mohamad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UT. Suroso. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Kemampuan Menulis Melalui Classroom Action Research. Yogyakarta: Pararaton.
Sutresna I. B., dkk. 2017. “Pemanfaatan Teknik kata Kunci untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MIPA 5 SMA N 1 Payangan”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.7 No 2.
Santosa, P., dkk. 2010. Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka : Jakarta
Susanto, A., 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group : Jakarta.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Syarif, Erlina dkk. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Depdiknas.
Tarigan, Henry Guntur. 2005, Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Universitas Terbuka : Jakarta.
----------. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Trianto, Agus. 2014. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud. Wardhani, Igak. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wisang, O. I., (2014). Memahami Puisi dari Apresiasi menuju Kajian, Jogjakarta : Penerbit Ombak.