Main Article Content

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  keterampilan  menulis puisi dengan menggunakan teknik kata kunci. Metode penelitian dilakukan adalah PTK yang berdaur silkus melalui prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa S-2 PGSD semester I. Data penelitian adalah tes, pengamatan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembaran observasi mahasiswa, lembar penilaian keterampilan. Data hasil observasi akan dianalisis secara deskriptif, data hasil tes dianalisis menggunakan rata-rata. Proses   pembelalajaran  yang   dilaksanakan secara hierarkhis memudahkan siswa mengembangkan tulisan puisi sehingga hasil menulis puisi dengan kata kunci pun dapat meningkat. Hal itu tampak dari peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II.

Article Details

How to Cite
Muktadir, A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Dengan Teknik Kata Kunci. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(1), 31–35. https://doi.org/10.33369/kapedas.v1i1.21065

References

  1. Akhadiah, Sabarti dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksaara. Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
  3. Dewi, M. S., 2017, “Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis puisi Siswa A”. Jurnal Sekolah Dasar, Vol. 2 No. Nomor ISSN : 2528-2883.
  4. Djamarah, Syaiufudin Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Banjarmasin: Rineka Cipta. Hodidjah, dkk. 2018, “Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas
  5. Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci Di Kelas 5 SD”. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar- vol. 5, No. 1 (2018) 43-5.
  6. Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia, Jakarta: Nobel Edumedia.
  7. Nurgiantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
  8. Nurgiyantoro, B., 2016, Penilaian Bahasa berbasis Kompetensi (Edisi ke-2), Jogjakarta : BPFE.
  9. Santosa, Puji dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  10. Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju
  11. Slamet St Y. 2007. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
  12. Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  13. Suparno & Mohamad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UT. Suroso. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Kemampuan Menulis Melalui Classroom Action Research. Yogyakarta: Pararaton.
  14. Sutresna I. B., dkk. 2017. “Pemanfaatan Teknik kata Kunci untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MIPA 5 SMA N 1 Payangan”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.7 No 2.
  15. Santosa, P., dkk. 2010. Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka : Jakarta
  16. Susanto, A., 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group : Jakarta.
  17. Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Syarif, Erlina dkk. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Depdiknas.
  18. Tarigan, Henry Guntur. 2005, Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Universitas Terbuka : Jakarta.
  19. ----------. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Trianto, Agus. 2014. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud. Wardhani, Igak. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
  20. Wisang, O. I., (2014). Memahami Puisi dari Apresiasi menuju Kajian, Jogjakarta : Penerbit Ombak.