Main Article Content

Abstract


Penelitian ini berjudul Analisis Rencana Pelaksanan Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD IT TELADAN Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Penelitian  ini jabarkan penyesuaian perencanaan pembelajaran yang dibuat guru dalam masa pandemi covid-19.

            Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif. Hal ini dikarenakan penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggambarkan keadaan objek apa adanya di lapangan tanpa ada intervensi dari peneliti. Analisis RPP yang dibuat guru kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan semester I pada bulan Juli – September 2021. Data dianalisis dengan menggunakan kerangka acuan RPP surat edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat Covid-19 di Indonesia dan surat edaran Mendikbud nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan pembelajaran dari rumah selama masa darurat Covid-19 di Indonesia serta melihat acuan RPP pembelajaran umum Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Rumusan penelitian yang dijabarkan peneliti sebagai berikut; (1) kesesuaian antara kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran, yang telah dibuat guru dalam RPP muatan pelajaran IPS, (2) kesesuaian bahan ajar yang telah dibuat guru dalam mengakomodir kemampuan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa dalam RPP muatan pelajaran IPS, (3) kesesuaian evaluasi kompetensi dasar dan indikator pembelajaran yang dibuat guru dalam muatan pelajaran IPS, (4) kendala yang dihadapi guru SD IT Teladan dalam menyesuaikan RPP berdasarkan indikator pengetahuan, keterampilan dan sikap meskipun pada masa pandemi Covid-19.

            Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) guru belum menyesuaikan capaian indikator, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran pada muatan pelajaran IPS, (2) guru belum menyesuaikan bahan ajar yang mampu mengakomodir pengetahuan, keterampilan dan sikap, (3) guru belum melakukan evaluasi kompetens dasar dan indikator berdasarkan kemampuan secara holistik, (4) kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan RPP di masa pandemi Covid-19 adalah kesulitan  melaksanakan proses pada ranah pengetahuan yang menyentuh level kognisi High Order Thinking Skill (HOTS), penilaian keterampilan dan sikap pada muatan pelajaran IPS.

Hal tersebut berdasarkan temuan peneliti bahwa indikator pengetahuan muatan pelajaran IPS yang tertera di RPP buatan guru hanya pada rumusan level kognisi rendah. Pada ranah keterampilan tidak terjadi kegiatan praktik apapun sedangkan pada muatan pelajaran selain IPS terdapat kegiatan praktik keterampilan. Pada ranah sikap, guru melakukan penilaian sikap bukan berdasarkan prilaku belajar tematik namun pada keseharian kegiatan yang bernuasa islami. Serta guru belum mampu untuk  memahami pembuatan RPP yang sebenarnya karena RPP yang dicetak adalah RPP hasil karya bersama dari jaringan sekolah islam terpadu (JSIT) pusat yang dipercaya sangat bagus untuk dilaksanakan karena menggunakan konsep model Telaah (T), Eksplorasi (E), Rumuskan (R), Presentasikan (P), Aplikasikan (A), Duniawi (D), Ukhrowi (U) atau disingkat TERPADU. 

Article Details

How to Cite
Saputra, W. S., Badeni, & Puspa Djuwita. (2022). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD IT Teladan Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(2), 140–149. https://doi.org/10.33369/kapedas.v1i2.21615