Main Article Content
Abstract
Article Details
Copyright (c) 2022 Yuharjo Sipin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
References
- Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Pendekatan Teks: Representasi Kurikulum 2013. Lampung: Aksara_Jurnal Bahasa dan Sastra vol. 18 no. 1 hal. 84-99
- Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.
- Asrul, Ananda, R, & Rosnita. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Citapustaka Media.
- Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas
- Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
- Djumingin, S., & Syamsudduha. (2016). Perencanaan Pembelajaran Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah; Teori dan Penerapannya. Makasar. Badan Peneribt Universitas Negeri Makasar.
- Emilia, E. (2016). Pendekatan Berbasis Teks (Genre-Based Approach) Dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Bandung. Kiblat Buku Utama
- Fauyan, M. (2018). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013 Di SD/MI Kota Pekalongan. Jurnal Komposisi, 3(2), 96-105.
- Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.
- Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
- Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta. Ombak
- Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran literasi teks sastra. Semantik, 2(2), 67-86.
- Kamarudin, K. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pengayaan Membaca Pantun Melayu. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10 (2), 31-46.
- Kelebihan & kekurangan LKS. (2021). diakses 30 Oktober 2021, dari www.scribd.com
- Kemendikbud. (2021). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018.pdf diakses 17 Oktober 2021, dari www.kemdikbud.go.id
- Kemendikbud. (2020). UNESCO Tetapkan Pantun sebagai Warisan Budaya Dunia Tak benda diakses 25 September 2021, dari kemdikbud.go.id
- Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2018 Tentang Kebijakan Nasional Kebahasaan dan Kesastraan
- Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Diakses 10 Februari 2022, dari www.jdih.kemdikbud.go.id
- Kemendikbud. (2016). Permendikbud nomor 8 tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan. Diakses 10 Februari 2022, dari www.jdih.kemdikbud.go.id
- Kemendikbud. (2016). Pedoman Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madarasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta : Kemendikbud
- Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
- Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara
- Lebu, H., Wardiah, D., & Indasari, M. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2).
- Lianawati, W.S. (2019). Menyelami Keindahan Sastra Indonesia. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer
- Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung. Remaja Rosdakarya.
- Maulina, D. E. (2015). Keanekaragaman pantun di Indonesia. Semantik, 1(1).
- Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Grafindo Persada
- Mahsun. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok: PT. Rajagrafindo Persada (edisi kedua)
- McHugh, M. L. (2012). Interrater reliability: the kappa statistic. Biochemia medica, 22(3), 276-282.
- Mirnawati, M. (2015). Tinjauan terhadap Problematika Pembelajaran Sastra Indonesia pada Pendidikan Formal. Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra, 16(1).
- Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
- Oktavianti, Ika, Eka Zuliana, & Yuni Ratnasari. (2017). Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017
- Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
- Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press
- Pribadi, B.A. & Putri, D.A.P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Banten: Universitas Terbuka
- Rahim, A. R., Wardiman, W., & Lestari, Y. (2021). Inovasi Pembelajaran Pantun Berbasis Kearifan Lokal. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1086-1093.
- Ramadania, F. (2016). Konsep bahasa Dengan Pendekatan teks pada buku ajar kurikulum 2013. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2).
- Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
- Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343.
- Resnani, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Melalui Model Multiliterasi. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 62-69.
- Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
- Rosdiana, L.A., D. Sunendar, & Damaianti, V.S. (2021). Perencanaan Bahasa Indoneisa pada Setiap Jenjang Pendidikan Dengan Pendekatan Kurikulum 2013: Implementasi dan Tantangannya. Bandung: volume 10 nomor 2, September 2021
- Rismawati. 2017. Perkembangan Sejarah Sastra Indonesia. Banda Aceh: Bina Karya Akademika
- Samsiyah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi. Magetan. AE Media Grafika
- Sari, Y., Atmojo, I. R. W., & Karsono, K. (2020). Peningkatan keterampilan menulis pantun melalui penggunaan model pembelajaran concept sentence pada peserta didik kelas V sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(3), 140-144.
- Subekti, Ari. (2017). Tematik Terpadu Kurikulum 2013
- Untuk SD/MI Kelas V Tema 5 Sehat itu Penting. Jakarta: Kementerian
- Pendidikan dan Kebudayaan
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan: Research & Development. Bandung. Alfabeta
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta.
- Taum, Y. Y. (2017). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks: Peluang dan Tantangan Kurikulum 2013. Sintesis, 11(1), 12-22.
- Verrawati, A. J. (2017). Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky dalam pelaksanaan model pembelajaran Tematik integratif di SD. Jurnal Pendidikan.
- Wartik, W. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 24 Air Saleh. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 7(2), 53.
- Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R & D). Jakarta: Bumi Aksara
- Winda, N. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Pendekatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Banjarmasin: Stilistika: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya vol. 1, nomor 1, 1 April 2016, halaman 87-94
- Winiari, I. G. A., Meter, I. G., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).
- Wulan, N. S. (2014). Perkembangan mutakhir pendidikan Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 176-184.
References
Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Pendekatan Teks: Representasi Kurikulum 2013. Lampung: Aksara_Jurnal Bahasa dan Sastra vol. 18 no. 1 hal. 84-99
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.
Asrul, Ananda, R, & Rosnita. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Citapustaka Media.
Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Djumingin, S., & Syamsudduha. (2016). Perencanaan Pembelajaran Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah; Teori dan Penerapannya. Makasar. Badan Peneribt Universitas Negeri Makasar.
Emilia, E. (2016). Pendekatan Berbasis Teks (Genre-Based Approach) Dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Bandung. Kiblat Buku Utama
Fauyan, M. (2018). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013 Di SD/MI Kota Pekalongan. Jurnal Komposisi, 3(2), 96-105.
Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.
Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta. Ombak
Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran literasi teks sastra. Semantik, 2(2), 67-86.
Kamarudin, K. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pengayaan Membaca Pantun Melayu. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10 (2), 31-46.
Kelebihan & kekurangan LKS. (2021). diakses 30 Oktober 2021, dari www.scribd.com
Kemendikbud. (2021). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018.pdf diakses 17 Oktober 2021, dari www.kemdikbud.go.id
Kemendikbud. (2020). UNESCO Tetapkan Pantun sebagai Warisan Budaya Dunia Tak benda diakses 25 September 2021, dari kemdikbud.go.id
Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2018 Tentang Kebijakan Nasional Kebahasaan dan Kesastraan
Kemendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Diakses 10 Februari 2022, dari www.jdih.kemdikbud.go.id
Kemendikbud. (2016). Permendikbud nomor 8 tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan. Diakses 10 Februari 2022, dari www.jdih.kemdikbud.go.id
Kemendikbud. (2016). Pedoman Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madarasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta : Kemendikbud
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara
Lebu, H., Wardiah, D., & Indasari, M. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2).
Lianawati, W.S. (2019). Menyelami Keindahan Sastra Indonesia. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer
Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Maulina, D. E. (2015). Keanekaragaman pantun di Indonesia. Semantik, 1(1).
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Grafindo Persada
Mahsun. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok: PT. Rajagrafindo Persada (edisi kedua)
McHugh, M. L. (2012). Interrater reliability: the kappa statistic. Biochemia medica, 22(3), 276-282.
Mirnawati, M. (2015). Tinjauan terhadap Problematika Pembelajaran Sastra Indonesia pada Pendidikan Formal. Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra, 16(1).
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Oktavianti, Ika, Eka Zuliana, & Yuni Ratnasari. (2017). Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press
Pribadi, B.A. & Putri, D.A.P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Banten: Universitas Terbuka
Rahim, A. R., Wardiman, W., & Lestari, Y. (2021). Inovasi Pembelajaran Pantun Berbasis Kearifan Lokal. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1086-1093.
Ramadania, F. (2016). Konsep bahasa Dengan Pendekatan teks pada buku ajar kurikulum 2013. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2).
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343.
Resnani, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Melalui Model Multiliterasi. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 62-69.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Rosdiana, L.A., D. Sunendar, & Damaianti, V.S. (2021). Perencanaan Bahasa Indoneisa pada Setiap Jenjang Pendidikan Dengan Pendekatan Kurikulum 2013: Implementasi dan Tantangannya. Bandung: volume 10 nomor 2, September 2021
Rismawati. 2017. Perkembangan Sejarah Sastra Indonesia. Banda Aceh: Bina Karya Akademika
Samsiyah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi. Magetan. AE Media Grafika
Sari, Y., Atmojo, I. R. W., & Karsono, K. (2020). Peningkatan keterampilan menulis pantun melalui penggunaan model pembelajaran concept sentence pada peserta didik kelas V sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(3), 140-144.
Subekti, Ari. (2017). Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Untuk SD/MI Kelas V Tema 5 Sehat itu Penting. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan: Research & Development. Bandung. Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Taum, Y. Y. (2017). Pembelajaran Sastra Berbasis Teks: Peluang dan Tantangan Kurikulum 2013. Sintesis, 11(1), 12-22.
Verrawati, A. J. (2017). Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky dalam pelaksanaan model pembelajaran Tematik integratif di SD. Jurnal Pendidikan.
Wartik, W. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 24 Air Saleh. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 7(2), 53.
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R & D). Jakarta: Bumi Aksara
Winda, N. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Pendekatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Banjarmasin: Stilistika: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya vol. 1, nomor 1, 1 April 2016, halaman 87-94
Winiari, I. G. A., Meter, I. G., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).
Wulan, N. S. (2014). Perkembangan mutakhir pendidikan Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 176-184.