Main Article Content

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berorentasiDiscovery Learning berbantuan Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D) model yang dipakai dalam pengembangan adalah ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas V SD Negeri 38 Kota Bengkulu. Data dikumpulkan melalui dokumen, wawancara, angket, dan tes. Uji yang dilakukan untuk pembakuan instrument penelitian adalah uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan analisis butir soal di uji taraf kesukaran dan uji day abeda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. pengolahan dan analisis data dilakukan terhadap skor prettest dan skor posttest. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan lembar tes soal. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi materi, bahasa, dan penyajian serta respon siswa terhadap LKPD berorientasi Discovery Learning dengan berbantuan mind mapping layak digunakan dalam pembelajaran dan berpengaruh terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa. Pada kelas ekspremen 1 rata-rata pretest adalah 60,23 meningkat menjadi 83,19. Berdasarkan hasil pretest dan posttest tersebut didapatkan gain score sebesar 0,59 yang berada pada katagori sedang. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas control maupun ekspremen mengalami peningkatan setelah pembelajaran. LKPD berorientasi DL dengan berbantuan mind mapping yang dikembangkan dinilai efektif dalam meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi peserta didik dikarenakan peran proses pembelajaran menggunakan model DL berbantuan mind mapping.

Keywords

LKPD Discovery Leraning Mind Mapping

Article Details

How to Cite
Apriani, D. A., Irwan Koto, & Endang Widi Winarni. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORENTASI DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI KELAS V. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(2), 246–256. https://doi.org/10.33369/kapedas.v1i2.22171

References

  1. Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. BSNP. 2008. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP.
  3. Fakhriyatu Zahro1,I Nyoman Sudana Degeng & Alif Mudiono.(2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2).
  4. Irfan, M & Syahrani. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Metode Mind Map Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 107-114.
  5. Oktaviani, R. (2021). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2).
  6. Retnawati. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
  7. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
  8. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
  9. Sudijono, Anas.(2011). Evaluasi Pedidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
  10. Syah, M. 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
  11. Syaiful.( 2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
  12. Theresia Widyantini. (2013). Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
  13. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
  14. Yunisa Sari.2014. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  15. Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 196.
  16. Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik penelitian kuantitatif dan kualitatif PTK Reserch and Development. Bumi Aksara.
  17. Windura, S. (2017). Mind Map Langkah Demi Langkah. Yogyakarta: Gramedia.
  18. Wulandari, Fitri.(2018). “Korelasi Kemampuan Daya Ingat Dan Kecerdasan Spiritual Dengan Kecakapan Afektif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di Min 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018”, Skripsi; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ponorogo.