Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Sri Sutanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
Referensi
- Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama
- Agus Santoso, Studi Deskriftif Effect Size Penelitian-Penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, (Yogyakarta: Jurnal Penelitian, 2010), hal. 3
- Ahmad Susanto. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
- Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Albonico, M., Engels, D., Savioli, L. (2004). Monitoring drug efficacy and early detection of drug resistance in human soil-transmitted nematodes: A pressing public agenda for helminth control. Int J Parasitol, 34: 1205-10.
- Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
- Archambault, J. (2008). “The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic problem Solving Techniques”. Action Research Required for the Master of Natural Science degree with concentration in physics. Arizona State University.
- Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Asyari, Muslichah. (2006). Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di SD. Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
- Azuma, R. T., (1997), A Survey of Augmented Reality, Presence : Teleoperators and Virtual Environments 6 (4): 355-385. http://www.cs.unc.edu/~azuma/ARpresence.pdf
- Bintoro, S. Rufi’I,Ach N,F. (2019). Augmented Reality DalamPembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan .7(1). Universitas Adi Buana Surabaya. Surabaya. Jawa Timur
- BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.
- BSNP. (2008). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP
- Darmadi. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama
- Depdiknas. (2017). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Dick, Walter ; Carey, Lou & Carey, James O. (2009). The systematic design instructional. New Jersey : Pearson Education Upper Saddle River.
- Divayana, D.G.H., Suyasa, P.W.A. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mata kuliah kurikulum dan pengajaran di jurusan pendidikan teknik informatika universitas pendidikan ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI),5(3). Retrieved (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/9922)
- DOI:10.15575/jtk.v4i2.5659
- Edison, Emron. et. al. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta
- Ennis, Robert h. (1993). Critical Thinking Assessment. Theori Into Practice. Journal education.32 (3) 3. 179-186
- Faiz, Fahrudin. (2012). Thinking Skill: Pengantar Berpikir Kritis. Yogyakarta: SUKA Press.
- Farenta, ArviSekar, Sulton, Punaji Setyosari (2016). “E-modul Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang” jurnal Pengembangan Volume 1, No. 6, Juni 2016
- Farenta, Arvi Sekar, Sulton, Punaji Setyosari (2016). “E-modul Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang” jurnal Pengembangan Volume 1, No. 6, Juni 2016
- Fisher, J., & Ng, D. (2017). Presenting a 4-Item Spiritual Well-Being Index (4- ISWBI). Religions, 8(9), 179-192. doi:10.3390/rel8090179
- Fransiska, M. dan Lestari, B.U. (2017). Penerapan Strategi Discovery Learning (DL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Inovasi Pembelajaran. 3(.1).173
- Hake dan Richard. R. (1999). Analyzing Change /Gain Scores. Diakses dari laman web tanggal 19 Juni
- Hanafiah. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
- Haryadi, Sandi., Ery Tri Djatmika, Punaji Setyosari. (2017). Suplemen Buku Ajar Tematik Materi Energi Alternatif & Sumber Daya Alam Berbasis Kontekstual Untuk Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.2 (10) .73-78 Bulan Oktober
- Hendra S. (2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: PT. Gramedia. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/6488/6712.
- Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10 (1),48-52. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54
- Johnson, E. (2011). CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.
- Kusumawati, Mia. (2015). Penelitian pendidikan penjasorkes. Bandung: Alfabeta.
- Kuswana, Wowo Sunaryo. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Lestari, K. E., &Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
- Lismaya, L (2019). Berpikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya. Media Sahabat Cendekia
- Mardiana, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Debat terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP UNSIL: Tidak Diterbitkan Fakultas Teknik, 20 (1), Mei 2016.
- Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 13 (2). 174. Januari 2022
- Mutiara S. Panggabean. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Nana, (2019). Pengembangan Bahan Ajar, Jawa Tengah: Lakeisha
- Noviyanti. 2020. Efektivitas Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V MI Darul Ulum Kota Batu. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.
- Nurdyansyah & Luly R. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo, Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology. Jurnal TEKPEN, 1( 2), 929-930.
- Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi penerapan media kuis interaktif quizizz terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika. Mes: Journal of Mathematics Education and Science, 6 (1), 72-83.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 41 tahun 2007
- Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
- Pratiwi, F.2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Universitas Tanjungpura Pontianak. 24 November 2014.
- Priatna, I Komang, I Made Putrama, Dewa Gede, And Hendra Divayana,(2017) Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada, 6
- Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
- Ruseffendi, E.T. (2005). Statistik Dasar Untuk Penelitian Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung Press 2022 http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
- Rusnita,D.(2019). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Berbasis Discovery Learning Pada Materi IPA Konsep Perpindahan Panas Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan dasar. l2 (2). Universitas Bengkulu . Januari 2022
- Saurina, Nia, Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK. 3 (2)
- Septryanesti, N. (2019) Desain Uji Coba E-Modul Pembelajaran Kimia berbasis Blog pada Materi Hidrokarbon. JTK (Jurnal Tadris Kimiya) 4(2):202-215. Diakses tanggal 23 Desember 2021
- Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group
- Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta
- Surya Pratama, Friska. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Problem Posing Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Thomas, A. & Edson, A.J. (2019). A Framework for Teachers’ Evaluation of Digital Instructional Materials: Integrating Mathematics Teaching Practices With Technology Use in K-8 Classrooms. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 19(3), 351-372. https://www.learntechlib.org/primary/p/181387/.
- Urlaela, E. (2015). Strategi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan berpikir keratif matematis serta menurunkan kecemasan matematis siswa SMP. Tesis UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
- Winarni, E.W. (2012) Inovasi dalam pembelajaran IPA ,Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB
- Winarni, E.W. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
- Winarni, E.W. (2018). Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB
Referensi
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama
Agus Santoso, Studi Deskriftif Effect Size Penelitian-Penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, (Yogyakarta: Jurnal Penelitian, 2010), hal. 3
Ahmad Susanto. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Albonico, M., Engels, D., Savioli, L. (2004). Monitoring drug efficacy and early detection of drug resistance in human soil-transmitted nematodes: A pressing public agenda for helminth control. Int J Parasitol, 34: 1205-10.
Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Archambault, J. (2008). “The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic problem Solving Techniques”. Action Research Required for the Master of Natural Science degree with concentration in physics. Arizona State University.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asyari, Muslichah. (2006). Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di SD. Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
Azuma, R. T., (1997), A Survey of Augmented Reality, Presence : Teleoperators and Virtual Environments 6 (4): 355-385. http://www.cs.unc.edu/~azuma/ARpresence.pdf
Bintoro, S. Rufi’I,Ach N,F. (2019). Augmented Reality DalamPembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan .7(1). Universitas Adi Buana Surabaya. Surabaya. Jawa Timur
BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi.
BSNP. (2008). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP
Darmadi. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama
Depdiknas. (2017). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dick, Walter ; Carey, Lou & Carey, James O. (2009). The systematic design instructional. New Jersey : Pearson Education Upper Saddle River.
Divayana, D.G.H., Suyasa, P.W.A. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mata kuliah kurikulum dan pengajaran di jurusan pendidikan teknik informatika universitas pendidikan ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI),5(3). Retrieved (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/9922)
DOI:10.15575/jtk.v4i2.5659
Edison, Emron. et. al. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta
Ennis, Robert h. (1993). Critical Thinking Assessment. Theori Into Practice. Journal education.32 (3) 3. 179-186
Faiz, Fahrudin. (2012). Thinking Skill: Pengantar Berpikir Kritis. Yogyakarta: SUKA Press.
Farenta, ArviSekar, Sulton, Punaji Setyosari (2016). “E-modul Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang” jurnal Pengembangan Volume 1, No. 6, Juni 2016
Farenta, Arvi Sekar, Sulton, Punaji Setyosari (2016). “E-modul Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang” jurnal Pengembangan Volume 1, No. 6, Juni 2016
Fisher, J., & Ng, D. (2017). Presenting a 4-Item Spiritual Well-Being Index (4- ISWBI). Religions, 8(9), 179-192. doi:10.3390/rel8090179
Fransiska, M. dan Lestari, B.U. (2017). Penerapan Strategi Discovery Learning (DL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Inovasi Pembelajaran. 3(.1).173
Hake dan Richard. R. (1999). Analyzing Change /Gain Scores. Diakses dari laman web tanggal 19 Juni
Hanafiah. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Haryadi, Sandi., Ery Tri Djatmika, Punaji Setyosari. (2017). Suplemen Buku Ajar Tematik Materi Energi Alternatif & Sumber Daya Alam Berbasis Kontekstual Untuk Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.2 (10) .73-78 Bulan Oktober
Hendra S. (2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: PT. Gramedia. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/6488/6712.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10 (1),48-52. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54
Johnson, E. (2011). CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.
Kusumawati, Mia. (2015). Penelitian pendidikan penjasorkes. Bandung: Alfabeta.
Kuswana, Wowo Sunaryo. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lestari, K. E., &Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Lismaya, L (2019). Berpikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya. Media Sahabat Cendekia
Mardiana, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Debat terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP UNSIL: Tidak Diterbitkan Fakultas Teknik, 20 (1), Mei 2016.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 13 (2). 174. Januari 2022
Mutiara S. Panggabean. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nana, (2019). Pengembangan Bahan Ajar, Jawa Tengah: Lakeisha
Noviyanti. 2020. Efektivitas Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V MI Darul Ulum Kota Batu. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Nurdyansyah & Luly R. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo, Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology. Jurnal TEKPEN, 1( 2), 929-930.
Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi penerapan media kuis interaktif quizizz terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika. Mes: Journal of Mathematics Education and Science, 6 (1), 72-83.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 41 tahun 2007
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Pratiwi, F.2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Universitas Tanjungpura Pontianak. 24 November 2014.
Priatna, I Komang, I Made Putrama, Dewa Gede, And Hendra Divayana,(2017) Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada, 6
Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Ruseffendi, E.T. (2005). Statistik Dasar Untuk Penelitian Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung Press 2022 http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Rusnita,D.(2019). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Berbasis Discovery Learning Pada Materi IPA Konsep Perpindahan Panas Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan dasar. l2 (2). Universitas Bengkulu . Januari 2022
Saurina, Nia, Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK. 3 (2)
Septryanesti, N. (2019) Desain Uji Coba E-Modul Pembelajaran Kimia berbasis Blog pada Materi Hidrokarbon. JTK (Jurnal Tadris Kimiya) 4(2):202-215. Diakses tanggal 23 Desember 2021
Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group
Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta
Surya Pratama, Friska. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Problem Posing Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Thomas, A. & Edson, A.J. (2019). A Framework for Teachers’ Evaluation of Digital Instructional Materials: Integrating Mathematics Teaching Practices With Technology Use in K-8 Classrooms. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 19(3), 351-372. https://www.learntechlib.org/primary/p/181387/.
Urlaela, E. (2015). Strategi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan berpikir keratif matematis serta menurunkan kecemasan matematis siswa SMP. Tesis UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
Winarni, E.W. (2012) Inovasi dalam pembelajaran IPA ,Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB
Winarni, E.W. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Winarni, E.W. (2018). Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB