Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan internalisasi nilai karakter religius dan nasionalis dengan metode pembiasaan keteladanan berbasis budaya sekolah di SDN 17 Kota Bengkulu serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam proses internalisasi nilai karakter. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi . Subjek dalam penelitian ini merupakan guru di SDN 17 kota bengkulu sebagai narasumber utama, sedangkan kepala sekolah dan siswa sebagai narasumber pendukung. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan internalisasi nilai karakter terdiri dari tahap-tahap internalisasi, pengunaan metode pembiasaan keteladanan, internalisasi nilai melalui budaya sekolah dengan lingkup kegiatan rutin, kegiatan terprogram dan kegiatan spontan. Terdapat faktor pendukung internalisasi nilai karakter melalui budaya sekolah yaitu  partisipasi guru, lingkungan, dan sarana prasarana. Selain itu ditemukan juga faktor penghambat yaitu partisipasi orangtua dan kesadaran peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah ada upaya dari guru dan pihak sekolah dalam intrenalisasi nilai karakter religius dan nasionalis dengan metode pembiasaan keteladanan berbasis budaya sekolah.

Kata Kunci

Internalisasi Nilai Karakter Pembiasaan Budaya Sekolah Guru

Rincian Artikel

Cara Mengutip
wahendra, W., & Bambang Parmadi. (2022). Internalisasi Nilai Karakter Religius dan Nasionalis Dengan Metode Pembiasaan Keteladanan Berbasis Budaya Sekolah oleh Guru di SDN 17 Kota Bengkulu. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(2), 45–51. https://doi.org/10.33369/kapedas.v1i2.23326

Referensi

  1. Ahsanulkhaq, Moh., (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan, Jurnal Prakarsa Paedagoiga, 2(1), 21-33.
  2. Ali., (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063-2069.
  3. Ambarwati, Tria, et al., (2021). Pembinaan Karakter Nasionalis melalui Pembiasaan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Pra Pembelajaran, JIHI3S, 1(1), 160-172.
  4. Angita, Linda. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajara Ips Dan Budaya Sekolah (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gempol Pasuruan) (Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).
  5. Bitasari, Wahyu., (2022). Implementasi Pendidikan Karaktermelalui Budaya Sekolah, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 24-41.
  6. Dewi, A. K. T. et al., (2019). Implementasi Nilai Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah, Jurnal Pendidikan, 4(2), 247-255.
  7. Fitri, Agus Zaenul., (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika Di Sekolah (Edisi Ke-1), Depok : AR Ruzz Media.
  8. Hakam, K. A., & Nurdin, E. S., (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai (Edisi Ke-2), Bandung : CV Maulana Media Grafika.
  9. Hermanto, Eko. (2013). Studi Deskriptif Pengembangan Nilia-Nilai Kebansaa Pada Siswa Melalui Pemutaran Lagu Nasional Di SDN 07 Kota Bengkulu (Skripsi, FKIP UNIB).
  10. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan., (2017). Penguatan Pendidikan Karakter, Jakarta : PASKA
  11. Kesuma, Dharma. et al., (2011). Pendidikan Karakter : Kajian Teori Dan Praktek Di Sekolah (Edisi Ke-1), Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
  12. Kusuma, S. W., & Sutapa, P., (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643.
  13. Maryamah, Eva., (2016). Pengembangan Budaya Sekolah, TARWABI, 2(2), 90-101.
  14. Maunah, Binti., (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa , Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90-101.
  15. Mufarrochah, Niswatul. & Makinudin, Mohammad., (2021). PPK Berbasis Budaya Sekolah, JALIE, 5(2), 401-426.
  16. Perdana, E. (2018). Terjemahan Metafungsi Interpersonal dalam Undang-Undang Tax Amnesty.
  17. Ratmini, et al., (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah, Porseding Seminar Nasional SENSASEDA, 1, 136-148.
  18. Rozalina, Yuni. (2017). Pengembangan Karakter Religius Pada Siswa Melalui Pembelajaran PKN Di Kelas VA SDN 68 Kota Bengkulu (Skripsi, FKIP UNIB).
  19. Safitri, Novika Malinda., (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di SMPN 14 Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 173-183.
  20. Satori dan Komariah, (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, (edisi ke-7). Bandung : ALFABETA
  21. Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R dan D. Bandung : ALFABETA.
  22. Suhadisiswi, Indarti., (2018). Pedoman Praktis Implementasi PPK Berbasis Budaya Sekolah, Jakarta : PASKA
  23. Syahputra, Dedi. (2017). Studi Deskriptif Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Menanamkan Norma Kesopanan Pada Siswa Di SDN 60 Kota Bengkulu (Skripsi, FKIP UNIB).
  24. Undang - Undang No. 20 Tahun 2003 Bab 2 Pasal 3 ayat Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  25. Undang-undang no.14 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen
  26. Winarni, Endang Widi., (2018). Teori Dan Praktek Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D (Edisi Ke-1), Jakarta : Bumi Aksara
  27. Yuliani, Eva. (2012). Studi Deskriptif Unjuk Kerja Guru Dalam Mengembangkan Karakter Unggul Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran PKN Di SDN1 RSBI Kota Bengkulu (Skripsi, FKIP UNIB).