Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar menulis narasi berbasis
model pembelajaran brainwriting untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi
siswa kelas V SD Muhammadiyah 65 Sumber Harta. Jenis dan metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D).
Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 65 Sumber Harta.Teknik
pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan, angket respon dan tes. Instrumen
penelitian menggunakan instrumen analisis kebutuhan, instrumen validasi ahli,
instrumen uji coba produk, dan instrumen uji efektivitas produk. Analisis data pada
penelitian ini dilakukan dengan cara analisis data kevalidan ahli, kesepakatan
rater/penilai, respon pengguna, uji keterbacaan, dan teknik analisis data pretest dan
post-test n-gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar
menulis narasi berbasis model brainwriting untuk meningkatkan keterampilan
menulis narasi yang dikembangkan menurut validator ahli materi, validator ahli
bahasa, dan validator ahli desain dinyatakan layak untuk digunakan. Berdasarkan
hasil keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Muhammadiyah 65 Sumber
Harta didapati bahwa secara klasikal keterampilan menulis narasi siswa di atas
KKM.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pengembangan Bahan Ajar Menulis Narasi Berbasis Model Pembelajaran Brainwriting untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. (2025). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4(1), 126–136. https://doi.org/10.33369/kapedas.v4i1.36992

Referensi

    Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Revika Aditama.
    Apreasta, L., Saputra, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Model Brainwriting di Sekolah Dasar. Journal of Vocational Education and Information Technology, 1 (1). 7-12
    Arin, N., Haniffa, P., & Agung, S. (2018). Using of Brainwriting to Write a Poem English Study Program Muhammadiyah University if Bengkulu. Tesis Sarjana Muda, English Education Study Program, Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
    Astutik, B, W., Yuwana, S., Hendratno. (2021). Development of Non-Fiction Text Digital Learning Media in Narrative Writing Skills for Fourth Grade Elementary School Students. International Journal of Recent Educational Research, 2(3), 275-292. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i3.99
    Azizah, A. (2015). Pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan teknik brainwriting pada peserta didik SD/MI kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 136-140.
    Desyandri, D., Muhammadi,M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integraye thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7(1), 16-22.
    Dewi, F. H. (2015). The use of brainwriting 6-3-5 technique to improve students writing ability of recount text. Walisongo State University Semarang.
    Fadilah, A., Muktadir, A., Juwita, P. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) Pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN 86 Kaur. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 6(1), 88-102.
    Hatmo, K. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. In Lakaisha.
    Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata
    Libiawati, D., Indihadi, D., Nugraha, D. (2020). Analisis Kebutuhan Penyusunan Buku Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menulis Teks Eksplanasi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sekolah Dasar.7(2).77-82.
    Michalko. (2004). Permainan Berpikir (Thinkertoys). Bandung: Remaja Rosdakarya.
    Muktadir, A. (2021). Efektivitas Keterampilan Menulis Deskripsi Mahasiswa PGSD Melalui Pendekatan Pedagogi Genre. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6047-6054.
    Mulyati, Y. (2009). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
    Muslim, I. M. (2014). Helping EFL Student Improve their Writing. International Journal of Humanities and Social Science, 4 (2), 105-112
    Mustadi, A., Amelia, M. (2020). Spelling Writing Error Analysis in Nonfiction Essay of Elementary Student. Jurnal Prima Edukasia, 8 (2), 177-187
    Olanismi, O. B. (2016). Efectiveness of brainwriting and cort 5 thinking creativity techniques in fostering life skill, acquisition among nigerian undergraduates in ogun state. African Journal for The Psychological Study of Social Issues, 18(1), 84-98.
    Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press Revisi.
    Pribadi & Putri. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
    Santosa, T. A., Razak, A., Lufri, L., Zulyusr, Z., Fradila, E., & Arsih, F. (2021). Meta-Analisis: Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Ekologi. Journal of Digital Learning and Education, 1(1), 1-19.
    Setiawati, E., Muktadir, A., Parmadi, B. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Rakyat Bergambar Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal KAPEDAS-Kajian Pendidikan Dasar, 1(2), 108-120.
    Subandi., Utman. A., Satrijono. H., Suhartiningsih. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Sugestif dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas V SDN Arjasa 02 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi Unej, I (1).
    Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbiatan Angkasa.
    Waraulia,A.M.(2020). Bahan ajar (Cetakan Pertama). Jawa Timur. UNIPMA Press (Anggota IKAPI).
    Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, penelitian tindakan kelas (PTK), research and development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.
    Yunita, R. M., Ramdhani, I., Enawar, & Sumiyani. (2021). Analisis Kesalahan Menulis Karangan Narasi Pada Kelas V Min 1 Tanggerang. Berajah journal, 2 (1), 39-43
    Yunus dkk (2013). Keterampilan Menulis. Tanggerang Selatan: Universitas Bengkulu.