Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji validasi bahan ajar elektronik yang dibuat menggunakan  Flip PDF Professional pada materi Alat-Alat Optik. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R&D) Model pengembangan yang digunakan yaitu model 3 D dengan langkah- langkah  Define, Design, dan Develop. Validasi dilakukan oleh 2  judgement ahli dan 2 praktisi untuk menilai produk yang dikembangkan dari aspek penyajian, isi, dan bahasa. Berdasarkan hasil uji validitas aspek penyajian didapatkan hasil persentase sebesar 78,12% dengan kategori sangat baik, aspek isi sebesar 81,88% dengan kategori sangat baik,  aspek bahasa sebesar 82,81%  dan aspek media sebesar 75 % dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar elektronik menggunakan Flip PDF Professional yang dihasilkan sudah valid dengan persentase total sebesar 79,45% yang termasuk dalam  kategori sangat baik.

Kata Kunci : Pengembangan dan penelitian, Bahan Ajar Elektronik, Flip PDF Professional

 ABSTRACT

This research was aimed to describe validity tests of electronic teaching materials using Flip PDF Pro on Optical Instruments topic. This research used research and development model, namely 3D Development .The steps of 3D development were Define, Design, and Develop. Validation was carried out by 2 expert judgments and 2 practitioners to assess products developed from aspects of presentation, content, and language. Based on the results of the validity of the presentation aspects, the percentage results were 78.12% with very good categories, content aspects 81.85% with very good categories, language aspects at 82.75% and media aspects at 75% with very good categories. Based on these results, it can be concluded that the electronic teaching materials using Flip PDF Professional developed were valid and tested product with total validity test 79.4%, which is included in the excellent category.

Keywords :Research and Development, Electronic Teaching Materials, Flip PDF Professional

Article Details

How to Cite
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

References

  1. Perdana, F. A., Sarwanto, dan Sukarmin, 2017, Pengembangan modul elektronik fisika berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa SMA / MA Kelas X pada materi dinamika gerak, No. 3, Vol. 6, hal. 61–76.
  2. Samiasih, R., Sulton, dan Praherdhiono, H., 2017, Pengembangan e-module mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, Edcomtech, No. 2, Vol. 2, hal. 119–124.
  3. Johar, A., Risdianto, E., dan Indriyati, D., 2014, Perancangan dan implementasi media pembelajaran berbasis web pada bidang studi bahasa inggris di kelas VII SMP 1 Kota Bengkulu dengan menggunakan PHP dan MYSQL, Rekursif, No. 1, Vol. 2, hal. 1–9.
  4. Swandi, A., Nurul, S., & Irsan. (2014). Pengembangan media pembelajaran laboratorium virtual untuk mengatasi miskonsepsi pada materi fisika inti di SMAN 1 Binamu Jeneponto, Jurnal Fisika Indonesia, No. 52, Vol. 18, hal. 20–24.
  5. Risdianto, E., 2008, Pengembangan multimedia interaktif (MPI) pada praktikum fisika dasar I, Jurnal Exacta No. 2, Vol. VI, hal. 9–16.
  6. Risdianto, E., 2017, Teknik Membuat Bahan Ajar Sendiri , Bahan Ajar Elektronik dengan Open Sancore, Camtasia Studio, dan Youtube, Vanda, Bengkulu.
  7. Sulistyarini, E., 2015, Pengembangan bahan ajar fisika SMA materi gelombang bunyi berbasis interactive PDF, Skripsi, Tidak Diterbitkan, UNNES.
  8. Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., dan Nurjayadi, M., 2019, Pengembangan modul elektronik (e-module) biokimia pada materi metabolisme lipid menggunakan Flip PDF Professional, Jurnal Tadris Kimiya, No. 1, Vol. 4, hal. 48–56.
  9. Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
  10. Hera, R., Khairil, dan Hassanuddin, 2014, Pengembangan handout pembelajaran embriologi berbasis kontekstual pada perkuliahan perkembangan hewan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh, Jurnal Edubio Tropika, No. 2, Vol. 2, 187–250.
  11. Hayati, S., Budi, A. S., dan Handoko, E., 2015, Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), Vol. IV, hal. 49–54
  12. Dzulhijjah, S., 2012, Pengembangan bahan ajar digital berbasis gaya belajar pada materi suhu dan kalor SMA, Skripsi, Tidak Diterbitkan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.