Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan musik Dol dalam konteks musikalitas pada anak usia dini. Data diperoleh melalui wawancara dengan subjek penelitian. Subjek penelitian yaitu guru dan pelatih Dol dari PAUD/ TK/ RA di Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah interview/ wawancara. Wawancara pada penelitian ini tidak terstruktur menggunakan snowball sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi: data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Penelitian ini menggunakan Triangulasi sumber sebagai keabsahan data. Hasil penelitian dari wawancara yang telah dilakukan peneliti dengan para subjek penelitian dapat dideskripsikan bahwa, musikalitas Dol pada anak usia dini menjadikan musik Dol sebagai sarana untuk membantu perkembangan pada anak, yaitu : (1)Musikalitas Dol pada anak usia dini, dapat diterapkan pada anak dengan mengenalkan tiga pukulan dasar Dol; (2)Musikalitas Dol pada anak usia dini, dapat mengolah rasa pada anak; (3)Musikalitas Dol pada anak usia dini dapat menstimulasi aspek perkembangannya; dan (4)Musikalitas Dol pada anak usia dini dapat memunculkan nilai karakter. Berdasarkan hasil, maka disarankan kepada, guru, yaitu dapat mengembangkan aspek perkembangan dan nilai karakter pada anak melalui musik Dol dalam pembelajaran. Kepada peneliti selanjutnya, dapat dilakukan penelitian tentang pelaksanaan Dol untuk mengembangkan nilai karakter pada anak usia dini.

Kata Kunci: Dol, Musik Dol, Musikalitas Dol, Anak Usia Dini

Keywords

Dol Musik Dol Musikalitas Dol

Article Details

How to Cite
Harmelia, E., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2020). Musikalitas Dol pada Anak Usia Dini. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 47–53. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13970