Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan e-learning di TK Negeri 8 Bengkulu Selatan yang dilihat dari tiga langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan 9 orang Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumetasi. Analisis data dilakukan dengan langkah sebagai berikut : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran e-learning di TK Negeri 8 Bengkulu Selatan secara kesiapan sarana dan prasarana belum tersedia. Proses pelaksanaan pembelajaran dengan e-learning dilakukan dengan menggunakan media whatsapp group. Materi bahan ajar yang digunakan berupa gambar, video, maupun link materi. Metode pembelajaran di TK Negeri 8 Bengkulu Selatan menggunakan web course. Terdapat hamabatan pelaksanaan pembelajaran dengan e-learning seperti kurang efektifnya waktu pembelajaran, kurang maksimalnya siswa menerima materi pembelajaran, dan guru tidak dapat secara langsung mendampingi siswa dalam penerimaan pembelajaran e-learning tersebut. Evaluasi di lakukan dengan cara mengambil penilaian dari tugas dan latihan siswa. Raport belajar siswa dalam pembelajaran e-learning tidak berbeda dengan raport pembelajaran langsung. Saran kepada pihak sekolah hendaknya memberikan dukungan berupa pengadaan sarana prasarana pembelajaran e-learning, kepada guru meskipun kondisi pandemi seperti ini, guru diharapkan tetap dapat maksimal dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik dan dapat terus mengembangkan kemampuan dan keterampilan pembelajaran e-learning.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 niken veptisari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).