Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak-anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah II Manna Bengkulu Selatan melalui kegiatan menggambar bebas. Penelitian tindakan kelas adalah jenisnya. Ada sepuluh anak yang terlibat dalam penelitian ini, yang berusia antara lima dan enam tahun. pengumpulan data tentang peningkatan kreativitas anak melalui pengamatan dan dokumentasi. Metode untuk menganalisis data menggunakan rumus rata-rata Siklus I Pertemuan II (minggu pertama) dan Siklus II Pertemuan II (minggu kedua) menunjukkan peningkatan dalam katagori yang sangat baik, masing-masing dengan rata-rata 1,63 dan rata-rata 3,76. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan menggambar bebas dapat membantu guru meningkatkan kreativitas anak

Keywords

Keywords free drawing creativity

Article Details

How to Cite
aidah, nur, Riyanto, delrefi, & Wembrayarli. (2024). Upaya Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Menggambar Bebas Di TK B Aisyiyah II Manna Bengkulu Selatan. Jurnal PENA PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.22841

References

  1. Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
  2. Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
  3. Anik Pamilu. (2007). Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Citra Media.
  4. Anah, usmi, Suryadi, D., & Suprapti, A. (2020). Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Anak Kelompok B ditinjau Dari Status Jender Di PAUD Segugus Kelapa Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13971
  5. Ananda, R., Suryadi, D., & Wembrayarli, W. (2021). Keterlibatan Orangtua Dalam Aktivitas Literasi Baca Anak Kelempok B. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 70. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14744
  6. Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
  7. Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
  8. Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sd, Slb, Dan Tk. Bandung: Yrama Widya.
  9. Ersa Fitriah, Juraidah, Nasirun., D., & M.Sn, W. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Bermain Lempar Bola Di TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu: Keterampilan Motorik Kasar. Jurnal PENA PAUD, 3(2), 34–50. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24671
  10. Falega, A. T., Riyanto, R., & wembrayarli, W. (2022). Hubungan Kelekatan Ibu Dan Anak Dengan Kemandirian Anak Usia 5--6 Tahun Di Tk Gugus I Kamboja Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong. Jurnal PENA PAUD, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.22245
  11. Munandar, A.S. 1998. Kreativitas Dalan Pekerjaan. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
  12. Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
  13. Munandar, A.S.1988. Kreativitas Dalam Pekerjaan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  14. Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005
  15. Putri, J. A., Suryadi, D., & Yulidesni, Y. (2022). Perbedaan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Yang Belajar Dan Tidak Belajar Di Program TK Kelurahan Timur Indah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 10–21. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.19036
  16. Sari, D. puspita, nasirun, muhammad, & Yulidesni, Y. (2020). Kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14017
  17. Salsabila, A. S., Suryadi, D., & D, D. (2022). Pemanfaatan Bahan Alam Sebagai Alat Permainan Edukatif di Kelompok B TK Se-Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 34–42. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22439
  18. Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitataif, Kuantitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta
  19. Supriyadi, D. (2001). Kreativitas Kebudayaan & Perkembangan Iptek
  20. Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
  21. Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969
  22. Zaiti, H., Nasirun, N., & D, D. (2022). Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran di PAUD Segugus Rafflesia Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.18917
  23. Zuliyani, Mawar, Nasirun, Nasirun, & Wembrayarli, Wembrayarli. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Kembang Sepatu Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 81–88. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22251