Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak-anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah II Manna Bengkulu Selatan melalui kegiatan menggambar bebas. Penelitian tindakan kelas adalah jenisnya. Ada sepuluh anak yang terlibat dalam penelitian ini, yang berusia antara lima dan enam tahun. pengumpulan data tentang peningkatan kreativitas anak melalui pengamatan dan dokumentasi. Metode untuk menganalisis data menggunakan rumus rata-rata Siklus I Pertemuan II (minggu pertama) dan Siklus II Pertemuan II (minggu kedua) menunjukkan peningkatan dalam katagori yang sangat baik, masing-masing dengan rata-rata 1,63 dan rata-rata 3,76. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan menggambar bebas dapat membantu guru meningkatkan kreativitas anak

Keywords

Keywords free drawing creativity

Article Details

How to Cite
aidah, nur. (2024). Upaya Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Menggambar Bebas Di TK B Aisyiyah II Manna Bengkulu Selatan. JURNAL PENA PAUD, 4(2), 125–133. https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.22841

References

  1. Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sd, Slb, Dan Tk. Bandung: Yrama Widya.
  2. Anik Pamilu. (2007). Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Citra Media.
  3. Munandar, A.S. 1998. Kreativitas dalan pekerjaan. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
  4. Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Munandar, A.S.1988. Kreativitas Dalam Pekerjaan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
  6. Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitataif, Kuantitatif, Dan R & D. bandung: Alfabeta
  7. Supriyadi, D. (2001). Kreativitas Kebudayaan & Perkembangan Iptek