Main Article Content

Abstract

Anak-anak usia dini memiliki potensi besar untuk mengoptimalkan nilai-nilai moral dalam setiap aspek perkembangan mereka. Sangat mudah untuk meningkatkan semua aspek perkembangan. Metode pembelajaran adalah komponen penting dari proses belajar. Ada lima ranah perkembangan yang dapat distimulasi agar anak tumbuh sepenuhnya. Penelitian ini berfokus pada ranah perkembangan nilai agama moral, dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode cerita siroh nabawiyah dapat meningkatkan perkembangan nilai agama moral anak-anak berusia 5-6 tahun di Tk Al-Basthi Plakpak Pegantenan Pamekasan. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Mereka mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Guru kelas dan wali murid adalah sumber data primer dalam penelitian ini. Sumber data sekunder adalah buku refrensi dan dokumentasi kegiatan di sekolah. Hasil dari penelitian. Dalam Tk Al-Basthi Plakpak Pegantenan Pamekasan, Metode Bercerita Siroh Nabawiyah Meningkatkan Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun, menurut hasil wawancara dan observasi.

Article Details

How to Cite
Indah Wati, I. W. (2024). Implementasi Metode Bercerita Siroh Nabawiyah  Dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama Moral  Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Basthi Plakpak Pegantenan Pamekasan. Jurnal PENA PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.26173

References

  1. Abdullah Nasil Ulwan. 2004. Pendidikan Anak Dalam Islam Jilid 2. Jakarta: Pustaka Amani.
  2. Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
  3. Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
  4. Anah, Usmi, Suryadi, D., & Suprapti, A. (2020). Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Anak Kelompok B ditinjau Dari Status Jender Di PAUD Segugus Kelapa Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13971
  5. Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
  6. Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
  7. Mukhtar Latif,dkk. 2013. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
  8. Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 27–39. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13851
  9. Hidayat, Otib Satibi. 2013. Materi Pokok Metode Pengembangan Moral Dan Nilai Agama. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
  10. Moeschatoen. 2014. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rinerka Cipta.
  11. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  12. Al-Mubarakfuri, Syaikh Shafiyyurrahman. 2008. Siroh Nabawiyah. Jakarta Timur: Pustaka Al- Kautsar.
  13. Dadan Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
  14. Rahayu, Aprianti Yofita. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT INDEKS.
  15. Sari, D. Puspita, Nasirun, Muhammad, & Yulidesni, Y. (2020). Kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14017
  16. Siti Nurokhmah. 2014. Metode pembelajaran lingkup perkembangan nilai agama dan moral di Bustanul Atfhfal ‘Asyiyah larangan kecamatan pangadegan kabupaten purbalingga tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah. STAIN: Purwokerto
  17. Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
  18. Rasyid Harun,DKK. 2009. Anak Usia Dini. Jakarta: Erlangga.
  19. Suyanto Slamet. 2008. Strategi Pendidikan Anak. Jogjakarta: Hikayat Publising.
  20. Jamaris Martini. 2006. Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.
  21. Dwi Respantiningrum. 2014. Strategis Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Tarbiyatul Athfal Al Islamiyyah Al Manshuroh Pernasidi Kecamatan Cilingok Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Stain Purwakerto.
  22. Yanti, E. N., Kurniah, N., & Yulisdeni, Y. (2020). Permasalahan guru dalam pengelolaan Alat Permainan Edukatif di Kelas. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14094
  23. Yuliani Nurani Sujiono. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
  24. Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  25. Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969