Main Article Content
Abstract
Anak-anak usia dini memiliki potensi besar untuk mengoptimalkan nilai-nilai moral dalam setiap aspek perkembangan mereka. Sangat mudah untuk meningkatkan semua aspek perkembangan. Metode pembelajaran adalah komponen penting dari proses belajar. Ada lima ranah perkembangan yang dapat distimulasi agar anak tumbuh sepenuhnya. Penelitian ini berfokus pada ranah perkembangan nilai agama moral, dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode cerita siroh nabawiyah dapat meningkatkan perkembangan nilai agama moral anak-anak berusia 5-6 tahun di Tk Al-Basthi Plakpak Pegantenan Pamekasan. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Mereka mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Guru kelas dan wali murid adalah sumber data primer dalam penelitian ini. Sumber data sekunder adalah buku refrensi dan dokumentasi kegiatan di sekolah. Hasil dari penelitian. Dalam Tk Al-Basthi Plakpak Pegantenan Pamekasan, Metode Bercerita Siroh Nabawiyah Meningkatkan Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun, menurut hasil wawancara dan observasi.
Article Details
Copyright (c) 2024 Indah Wati Indah Wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Abdullah Nasil Ulwan. 2004. Pendidikan Anak Dalam Islam Jilid 2. Jakarta: Pustaka Amani.
- Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
- Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
- Anah, Usmi, Suryadi, D., & Suprapti, A. (2020). Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Anak Kelompok B ditinjau Dari Status Jender Di PAUD Segugus Kelapa Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13971
- Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
- Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
- Mukhtar Latif,dkk. 2013. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
- Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 27–39. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13851
- Hidayat, Otib Satibi. 2013. Materi Pokok Metode Pengembangan Moral Dan Nilai Agama. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
- Moeschatoen. 2014. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rinerka Cipta.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Al-Mubarakfuri, Syaikh Shafiyyurrahman. 2008. Siroh Nabawiyah. Jakarta Timur: Pustaka Al- Kautsar.
- Dadan Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
- Rahayu, Aprianti Yofita. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT INDEKS.
- Sari, D. Puspita, Nasirun, Muhammad, & Yulidesni, Y. (2020). Kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14017
- Siti Nurokhmah. 2014. Metode pembelajaran lingkup perkembangan nilai agama dan moral di Bustanul Atfhfal ‘Asyiyah larangan kecamatan pangadegan kabupaten purbalingga tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah. STAIN: Purwokerto
- Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
- Rasyid Harun,DKK. 2009. Anak Usia Dini. Jakarta: Erlangga.
- Suyanto Slamet. 2008. Strategi Pendidikan Anak. Jogjakarta: Hikayat Publising.
- Jamaris Martini. 2006. Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.
- Dwi Respantiningrum. 2014. Strategis Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Tarbiyatul Athfal Al Islamiyyah Al Manshuroh Pernasidi Kecamatan Cilingok Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Stain Purwakerto.
- Yanti, E. N., Kurniah, N., & Yulisdeni, Y. (2020). Permasalahan guru dalam pengelolaan Alat Permainan Edukatif di Kelas. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14094
- Yuliani Nurani Sujiono. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
- Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969
References
Abdullah Nasil Ulwan. 2004. Pendidikan Anak Dalam Islam Jilid 2. Jakarta: Pustaka Amani.
Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
Anah, Usmi, Suryadi, D., & Suprapti, A. (2020). Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Anak Kelompok B ditinjau Dari Status Jender Di PAUD Segugus Kelapa Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13971
Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
Mukhtar Latif,dkk. 2013. Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 27–39. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13851
Hidayat, Otib Satibi. 2013. Materi Pokok Metode Pengembangan Moral Dan Nilai Agama. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Moeschatoen. 2014. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rinerka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Al-Mubarakfuri, Syaikh Shafiyyurrahman. 2008. Siroh Nabawiyah. Jakarta Timur: Pustaka Al- Kautsar.
Dadan Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Rahayu, Aprianti Yofita. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT INDEKS.
Sari, D. Puspita, Nasirun, Muhammad, & Yulidesni, Y. (2020). Kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14017
Siti Nurokhmah. 2014. Metode pembelajaran lingkup perkembangan nilai agama dan moral di Bustanul Atfhfal ‘Asyiyah larangan kecamatan pangadegan kabupaten purbalingga tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah. STAIN: Purwokerto
Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
Rasyid Harun,DKK. 2009. Anak Usia Dini. Jakarta: Erlangga.
Suyanto Slamet. 2008. Strategi Pendidikan Anak. Jogjakarta: Hikayat Publising.
Jamaris Martini. 2006. Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Dwi Respantiningrum. 2014. Strategis Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Tarbiyatul Athfal Al Islamiyyah Al Manshuroh Pernasidi Kecamatan Cilingok Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Stain Purwakerto.
Yanti, E. N., Kurniah, N., & Yulisdeni, Y. (2020). Permasalahan guru dalam pengelolaan Alat Permainan Edukatif di Kelas. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14094
Yuliani Nurani Sujiono. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969