Main Article Content
Abstract
Aspek perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dioptimalkan pada anak, yang nantinya akan menentukan sikap dan perilaku anak ketika dewasa. Salah satu upaya untuk dapat membantu perkembangan sosial emosional anak, diperlukan metode pembelajaran yang cocok untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif. Pada penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian anak usia 4-5 tahun TK Muslimat NU II Pangorayan sebanyak 20 siswa, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai implementasi dan dampak dari pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU II Pangorayan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penerapan metode pembelajaran kooperatif dalam upaya membantu perkembangan sosial emosional anak di TK Muslimat NU II Pangorayan dirasa sudah berhasil. Hal ini dapat dilihat dari perubahan sikap anak yang merupakan karakteristik dan indikator perkembangan sosial emosional anak, diantaranya, kesadaran diri, rasa tanggung jawab dan prilaku sosial.
Article Details
Copyright (c) 2023 lailatulqamariyah umam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Adi Walujo, Djoko. 2017. Kompendium PAUD. Prenadamedia Group. Kebayunan.
- Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
- Agusniatih, Andi. 2019. Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Teori dan Metode Pengembangan). Edu Publisher Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Jawabarat.
- Anah, usmi, Suryadi, D., & Suprapti, A. (2020). Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Anak Kelompok B ditinjau Dari Status Jender Di PAUD Segugus Kelapa Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13971
- Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
- Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
- Harmelia, E., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2020). Musikalitas Dol pada Anak Usia Dini. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 47–53. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13970
- Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 27–39. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13851
- Ibrahim, et.al. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
- Ibrahim, Muslimin. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: PT Alfabeta.
- Lexi J. Meleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya,
- Nana Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
- Nugraha, Ali. 2014. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Tangerang Selatan, Universitas Terbuka.
- Rahman, Hibana S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
- Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005
- Risky Ananda, Fadhilaturrahmi. 2018. Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak. Jurnal Bangkinang. Vol 2.
- Sari, M. M., Nasirun, M., & Ardina, M. (2020). Kreativitas Anak dalam Membuat Karya dengan Barang Bekas. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13975
- Sari, D. puspita, nasirun, muhammad, & Yulidesni, Y. (2020). Kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14017
- Setiawan, M. H. Y. 2017. Permainan Kooperatif Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal AUDI, 1(1), 32–37.
- Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
- Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Uisa Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Group.
- Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969
- Yanti, E. N., Kurniah, N., & Yulisdeni, Y. (2020). Permasalahan guru dalam pengelolaan Alat Permainan Edukatif di Kelas. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14094
References
Adi Walujo, Djoko. 2017. Kompendium PAUD. Prenadamedia Group. Kebayunan.
Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
Agusniatih, Andi. 2019. Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Teori dan Metode Pengembangan). Edu Publisher Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Jawabarat.
Anah, usmi, Suryadi, D., & Suprapti, A. (2020). Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Anak Kelompok B ditinjau Dari Status Jender Di PAUD Segugus Kelapa Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13971
Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
Harmelia, E., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2020). Musikalitas Dol pada Anak Usia Dini. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 47–53. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13970
Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 27–39. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13851
Ibrahim, et.al. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Ibrahim, Muslimin. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: PT Alfabeta.
Lexi J. Meleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya,
Nana Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Nugraha, Ali. 2014. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Tangerang Selatan, Universitas Terbuka.
Rahman, Hibana S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005
Risky Ananda, Fadhilaturrahmi. 2018. Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak. Jurnal Bangkinang. Vol 2.
Sari, M. M., Nasirun, M., & Ardina, M. (2020). Kreativitas Anak dalam Membuat Karya dengan Barang Bekas. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13975
Sari, D. puspita, nasirun, muhammad, & Yulidesni, Y. (2020). Kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14017
Setiawan, M. H. Y. 2017. Permainan Kooperatif Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal AUDI, 1(1), 32–37.
Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Uisa Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969
Yanti, E. N., Kurniah, N., & Yulisdeni, Y. (2020). Permasalahan guru dalam pengelolaan Alat Permainan Edukatif di Kelas. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14094