Main Article Content

Abstract

Aspek perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dioptimalkan pada anak, yang nantinya akan menentukan sikap dan perilaku anak ketika dewasa. Salah satu upaya untuk dapat membantu perkembangan sosial emosional anak, diperlukan metode pembelajaran yang cocok untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif. Pada penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian anak usia 4-5 tahun TK Muslimat NU II Pangorayan sebanyak 20 siswa, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai implementasi dan dampak dari pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU II Pangorayan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penerapan metode pembelajaran kooperatif dalam upaya membantu perkembangan sosial emosional anak di TK Muslimat NU II Pangorayan dirasa sudah berhasil. Hal ini dapat dilihat dari perubahan sikap anak yang merupakan karakteristik dan indikator perkembangan sosial emosional anak, diantaranya, kesadaran diri, rasa tanggung jawab dan prilaku sosial.

Article Details

How to Cite
umam, lailatulqamariyah, Musayyadah, & Hatta, M. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Muslimat Nu II Pangorayan Proppo Pamekasan . Jurnal PENA PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.26234

References

  1. Adi Walujo, Djoko. 2017. Kompendium PAUD. Prenadamedia Group. Kebayunan.
  2. Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
  3. Agusniatih, Andi. 2019. Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Teori dan Metode Pengembangan). Edu Publisher Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Jawabarat.
  4. Anah, usmi, Suryadi, D., & Suprapti, A. (2020). Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Anak Kelompok B ditinjau Dari Status Jender Di PAUD Segugus Kelapa Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13971
  5. Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
  6. Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
  7. Harmelia, E., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2020). Musikalitas Dol pada Anak Usia Dini. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 47–53. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13970
  8. Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 27–39. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13851
  9. Ibrahim, et.al. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
  10. Ibrahim, Muslimin. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  11. Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: PT Alfabeta.
  12. Lexi J. Meleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya,
  13. Nana Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
  14. Nugraha, Ali. 2014. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Tangerang Selatan, Universitas Terbuka.
  15. Rahman, Hibana S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
  16. Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005
  17. Risky Ananda, Fadhilaturrahmi. 2018. Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak. Jurnal Bangkinang. Vol 2.
  18. Sari, M. M., Nasirun, M., & Ardina, M. (2020). Kreativitas Anak dalam Membuat Karya dengan Barang Bekas. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13975
  19. Sari, D. puspita, nasirun, muhammad, & Yulidesni, Y. (2020). Kemampuan membaca huruf hijaiyyah anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14017
  20. Setiawan, M. H. Y. 2017. Permainan Kooperatif Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal AUDI, 1(1), 32–37.
  21. Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
  22. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  23. Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Uisa Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Group.
  24. Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969
  25. Yanti, E. N., Kurniah, N., & Yulisdeni, Y. (2020). Permasalahan guru dalam pengelolaan Alat Permainan Edukatif di Kelas. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14094