Main Article Content

Abstract

Aspek perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dioptimalkan pada anak, yang nantinya akan menentukan sikap dan perilaku anak ketika dewasa. Salah satu upaya untuk dapat membantu perkembangan sosial emosional anak, diperlukan metode pembelajaran yang cocok untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif. Pada penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian anak usia 4-5 tahun TK Muslimat NU II Pangorayan sebanyak 20 siswa, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai implementasi dan dampak dari pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU II Pangorayan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penerapan metode pembelajaran kooperatif dalam upaya membantu perkembangan sosial emosional anak di TK Muslimat NU II Pangorayan dirasa sudah berhasil. Hal ini dapat dilihat dari perubahan sikap anak yang merupakan karakteristik dan indikator perkembangan sosial emosional anak, diantaranya, kesadaran diri, rasa tanggung jawab dan prilaku sosial.

Article Details

How to Cite
umam, lailatulqamariyah. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Muslimat Nu II Pangorayan Proppo Pamekasan . JURNAL PENA PAUD, 4(2), 109–116. https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.26234

References

  1. Adi Walujo, Djoko. 2017. Kompendium PAUD. Prenadamedia Group. Kebayunan.
  2. Agusniatih, Andi. 2019. Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Teori dan Metode Pengembangan). Edu Publisher Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Jawabarat.
  3. Ibrahim, et.al. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
  4. Ibrahim, Muslimin. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  5. Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: PT Alfabeta.
  6. Lexi J. Meleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya,
  7. Nana Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
  8. Nugraha, Ali. 2014. (Metode Pengembangan Sosial Emosional). Tangerang Selatan, Universitas Terbuka.
  9. Rahman, Hibana S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
  10. Risky Ananda, Fadhilaturrahmi. 2018. Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak. Jurnal Bangkinang. Vol 2.
  11. Setiawan, M. H. Y. 2017. Permainan Kooperatif Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal AUDI, 1(1), 32–37.
  12. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  13. Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Uisa Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Group.
  14. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5218/1/COVER_BAB%20I_BAB20V
  15. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71393
  16. https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/primary/article/view/2177