Main Article Content
Abstract
Kepemimpinan merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan termasuk dalam lembaga PAUD. Dalam pendidikan anak usia dini, kepemimpinan adalah suatu kegiatan memimpin yang mencakup kegiatan administrasi dan manajemen untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal dan menyeluruh. Pendekatan kepemimpinan yang kolaboratif dapat membantu semua orang untuk bekerja sama dan membangun kolaborasi yang kuat di era yang semakin kompleks dengan kebutuhan dan tantangan yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana harmonisasi dalam kepemimpinan lembaga PAUD yang melibatkan semua steakholder di TK Kartika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa konsep kepemimpinan di TK Kartika telah berjalan sesuai dengan standar yang diharapkan dan dikelola dengan baik. Terutama, kepala sekolah TK Kartika telah mengadopsi tiga gaya kepemimpinan yang berpotensi membawa perbaikan yang signifikan yaitu gaya kepemimpinan demokratis, transformatif dan inovatif.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Ayu Sundari, Sopi Masturoh, Risbon Sianturi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Ainun, N. (2016). KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT NOVAN ARDY WIYANI. 1–23.
- Anwar, R. N., Mulyadi, M., & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2852–2862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577
- Harefa, D., Kumpangpune, N., Tumbelaka, R. E., Sam, U., Manado, R., Theologi, S. T., & Manado, A. (2018). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen PAUD. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(2), 27–34.
- Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
- Komara, E., Mulyanto, A., Rahman, I. A., Karimah, I., & Ibrahim, D. Z. (2023). Implementasi Kepemimpinan Partisipatif dalam Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah (RIN) Baleendah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1567–1571. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5205
- Munfarijah, S. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja dan Kreativitas dalam Kepemimpinan PAUD. International Conference of Moslem Society, 1(2), 232–242. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2419
- Novianti, R. (2023). Hubungan Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah Paud Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. 3, 13073–13081.
- Rahayu, N. R. (2022). Kepemimpinan kepala paud dalam pembentukan karakter anak di paud cahaya insan pengalusan mrebet purbalingga skripsi.
- Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
- Rahmawati, L., & Nila, R. (2010). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala PAUD Terhadap Peningkatan Mutu Lembaga. Journal of Leadership Education, 9(2), 22–34. https://doi.org/10.12806/v9/i2/rf2
- Ramadoni, W., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). 1500–1504.
- Risbon & Elan, Pengelolaan Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
- Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874
- Wahyuni, S. (2019). Model Kepemimpinan Lembaga PAUD kelas Menengah Berbasis Fullday School. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 67–83. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.455
- Widiastuti, R. Y. (2021). Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. 1, 40–51.
References
Ainun, N. (2016). KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT NOVAN ARDY WIYANI. 1–23.
Anwar, R. N., Mulyadi, M., & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2852–2862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577
Harefa, D., Kumpangpune, N., Tumbelaka, R. E., Sam, U., Manado, R., Theologi, S. T., & Manado, A. (2018). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen PAUD. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(2), 27–34.
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Komara, E., Mulyanto, A., Rahman, I. A., Karimah, I., & Ibrahim, D. Z. (2023). Implementasi Kepemimpinan Partisipatif dalam Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah (RIN) Baleendah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1567–1571. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5205
Munfarijah, S. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja dan Kreativitas dalam Kepemimpinan PAUD. International Conference of Moslem Society, 1(2), 232–242. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2419
Novianti, R. (2023). Hubungan Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah Paud Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. 3, 13073–13081.
Rahayu, N. R. (2022). Kepemimpinan kepala paud dalam pembentukan karakter anak di paud cahaya insan pengalusan mrebet purbalingga skripsi.
Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rahmawati, L., & Nila, R. (2010). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala PAUD Terhadap Peningkatan Mutu Lembaga. Journal of Leadership Education, 9(2), 22–34. https://doi.org/10.12806/v9/i2/rf2
Ramadoni, W., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). 1500–1504.
Risbon & Elan, Pengelolaan Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874
Wahyuni, S. (2019). Model Kepemimpinan Lembaga PAUD kelas Menengah Berbasis Fullday School. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 67–83. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.455
Widiastuti, R. Y. (2021). Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. 1, 40–51.