Main Article Content
Abstract
Kepemimpinan merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan termasuk dalam lembaga PAUD. Dalam pendidikan anak usia dini, kepemimpinan adalah suatu kegiatan memimpin yang mencakup kegiatan administrasi dan manajemen untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal dan menyeluruh. Pendekatan kepemimpinan yang kolaboratif dapat membantu semua orang untuk bekerja sama dan membangun kolaborasi yang kuat di era yang semakin kompleks dengan kebutuhan dan tantangan yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana harmonisasi dalam kepemimpinan lembaga PAUD yang melibatkan semua steakholder di TK Kartika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa konsep kepemimpinan di TK Kartika telah berjalan sesuai dengan standar yang diharapkan dan dikelola dengan baik. Terutama, kepala sekolah TK Kartika telah mengadopsi tiga gaya kepemimpinan yang berpotensi membawa perbaikan yang signifikan yaitu gaya kepemimpinan demokratis, transformatif dan inovatif.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Ayu Sundari, Sopi Masturoh, Risbon Sianturi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Ainun, N. (2016). KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT NOVAN ARDY WIYANI. 1–23.
- Anwar, R. N., Mulyadi, M., & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2852–2862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577
- Harefa, D., Kumpangpune, N., Tumbelaka, R. E., Sam, U., Manado, R., Theologi, S. T., & Manado, A. (2018). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen PAUD. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(2), 27–34.
- Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
- Komara, E., Mulyanto, A., Rahman, I. A., Karimah, I., & Ibrahim, D. Z. (2023). Implementasi Kepemimpinan Partisipatif dalam Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah (RIN) Baleendah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1567–1571. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5205
- Munfarijah, S. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja dan Kreativitas dalam Kepemimpinan PAUD. International Conference of Moslem Society, 1(2), 232–242. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2419
- Novianti, R. (2023). Hubungan Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah Paud Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. 3, 13073–13081.
- Rahayu, N. R. (2022). Kepemimpinan kepala paud dalam pembentukan karakter anak di paud cahaya insan pengalusan mrebet purbalingga skripsi.
- Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
- Rahmawati, L., & Nila, R. (2010). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala PAUD Terhadap Peningkatan Mutu Lembaga. Journal of Leadership Education, 9(2), 22–34. https://doi.org/10.12806/v9/i2/rf2
- Ramadoni, W., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). 1500–1504.
- Risbon & Elan, Pengelolaan Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
- Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874
- Wahyuni, S. (2019). Model Kepemimpinan Lembaga PAUD kelas Menengah Berbasis Fullday School. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 67–83. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.455
- Widiastuti, R. Y. (2021). Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. 1, 40–51.
References
Ainun, N. (2016). KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT NOVAN ARDY WIYANI. 1–23.
Anwar, R. N., Mulyadi, M., & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2852–2862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577
Harefa, D., Kumpangpune, N., Tumbelaka, R. E., Sam, U., Manado, R., Theologi, S. T., & Manado, A. (2018). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen PAUD. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(2), 27–34.
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Komara, E., Mulyanto, A., Rahman, I. A., Karimah, I., & Ibrahim, D. Z. (2023). Implementasi Kepemimpinan Partisipatif dalam Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah (RIN) Baleendah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1567–1571. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5205
Munfarijah, S. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja dan Kreativitas dalam Kepemimpinan PAUD. International Conference of Moslem Society, 1(2), 232–242. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2419
Novianti, R. (2023). Hubungan Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah Paud Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. 3, 13073–13081.
Rahayu, N. R. (2022). Kepemimpinan kepala paud dalam pembentukan karakter anak di paud cahaya insan pengalusan mrebet purbalingga skripsi.
Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rahmawati, L., & Nila, R. (2010). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala PAUD Terhadap Peningkatan Mutu Lembaga. Journal of Leadership Education, 9(2), 22–34. https://doi.org/10.12806/v9/i2/rf2
Ramadoni, W., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). 1500–1504.
Risbon & Elan, Pengelolaan Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874
Wahyuni, S. (2019). Model Kepemimpinan Lembaga PAUD kelas Menengah Berbasis Fullday School. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 67–83. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.455
Widiastuti, R. Y. (2021). Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. 1, 40–51.