Main Article Content

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan termasuk dalam lembaga PAUD. Dalam pendidikan anak usia dini, kepemimpinan adalah suatu kegiatan memimpin yang mencakup kegiatan administrasi  dan manajemen untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal dan menyeluruh. Pendekatan kepemimpinan yang kolaboratif dapat membantu semua orang untuk bekerja sama dan membangun kolaborasi yang kuat di era yang semakin kompleks dengan kebutuhan dan tantangan yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana harmonisasi dalam kepemimpinan lembaga PAUD yang melibatkan semua steakholder di TK Kartika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa konsep kepemimpinan di TK Kartika telah berjalan sesuai dengan standar yang diharapkan dan dikelola dengan baik. Terutama, kepala sekolah TK Kartika telah mengadopsi tiga gaya kepemimpinan yang berpotensi membawa perbaikan yang signifikan yaitu gaya kepemimpinan demokratis, transformatif dan inovatif.

Keywords

Kepemimpinan; Kolaboratif; PAUD.

Article Details

How to Cite
Sundari, A., Masturoh, S., & Sianturi, R. (2024). Harmoni Pendidikan Anak Usia Dini : Menjalin Kepemimpinan Kolaboratif Antar Semua Steakholder Di TK Kartika. Jurnal PENA PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.30845

References

  1. Ainun, N. (2016). KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT NOVAN ARDY WIYANI. 1–23.
  2. Anwar, R. N., Mulyadi, M., & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2852–2862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577
  3. Harefa, D., Kumpangpune, N., Tumbelaka, R. E., Sam, U., Manado, R., Theologi, S. T., & Manado, A. (2018). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen PAUD. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(2), 27–34.
  4. Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
  5. Komara, E., Mulyanto, A., Rahman, I. A., Karimah, I., & Ibrahim, D. Z. (2023). Implementasi Kepemimpinan Partisipatif dalam Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah (RIN) Baleendah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1567–1571. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5205
  6. Munfarijah, S. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja dan Kreativitas dalam Kepemimpinan PAUD. International Conference of Moslem Society, 1(2), 232–242. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2419
  7. Novianti, R. (2023). Hubungan Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah Paud Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. 3, 13073–13081.
  8. Rahayu, N. R. (2022). Kepemimpinan kepala paud dalam pembentukan karakter anak di paud cahaya insan pengalusan mrebet purbalingga skripsi.
  9. Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
  10. Rahmawati, L., & Nila, R. (2010). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala PAUD Terhadap Peningkatan Mutu Lembaga. Journal of Leadership Education, 9(2), 22–34. https://doi.org/10.12806/v9/i2/rf2
  11. Ramadoni, W., & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). 1500–1504.
  12. Risbon & Elan, Pengelolaan Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
  13. Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874
  14. Wahyuni, S. (2019). Model Kepemimpinan Lembaga PAUD kelas Menengah Berbasis Fullday School. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 67–83. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.455
  15. Widiastuti, R. Y. (2021). Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. 1, 40–51.