Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan terkait pelaksanaan program unggulan literasi membaca dan praktik shalat di RA Muslimat NU Blumbang. Jenis penelitian yang digunakan adalah lapangan dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan utama program ini adalah memenuhi harapan orang tua, meningkatkan prestasi akademis, dan mempersiapkan peserta didik untuk melangkah ke jenjang berikutnya. Tantangan yang dihadapi mencakup menjaga ketertiban siswa selama sesi membaca dan upaya mengatasi kelelahan serta kebosanan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program unggulan, terutama literasi membaca dan praktek sholat, memberikan dampak positif yang signifikan. Program literasi membaca di RA Muslimat NU Blumbang fokus pada pengenalan huruf abjad, pengajaran kosa kata, dan bimbingan dalam pengucapan. Persiapan program melibatkan pemilihan materi bacaan, pelatihan guru, dan penilaian kemajuan siswa. Program literasi membaca meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, memunculkan minat baca, dan meningkatkan kepekaan terhadap tulisan serta keterampilan bahasa. Program praktek sholat memberikan dampak positif pada kesadaran spiritual, disiplin waktu, dan karakter moral peserta didik. Keterlibatan orang tua memperkuat hubungan antara sekolah dan keluarga, menciptakan komunitas yang peduli dan mendukung. Secara keseluruhan, program-program ini membentuk peserta didik yang lebih baik secara akademis, spiritual, dan sosial di RA Muslimat NU Blumbang, Pekalongan.


Kata Kunci : Implemantasi, Literasi Membaca, dan Praktek Sholat

Keywords

Literasi Baca Anak Program unggulan Praktek sholat

Article Details

How to Cite
Salwa, N., Salsabila, Rahmawati, G., & Kemal4 , A. (2024). A Implemetasi Program Unggulan Literasi Menbaca dan Praktek Sholat di RA Muslimat NU Blumbang. Jurnal PENA PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.31101

References

  1. Al-Basuruwani, & Abu A., Z., M. (2018) . Fiqh Shalat Terlengkap. Yogyakarta: Laksana. Cet.I.
  2. Bobi H., Kuswono, Ragil A., & Umi H. (2019). TK ‘Aisyiyah Busthanul Athfal Tertua Dan Terbaik di Provinsi Lampung: Sebuah Tinjauan Awal. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah. 7 (2). 217.
  3. Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  4. Gita A. K., & Mavianti. (2023). Teknik Pengenalan Bacaan dan Gerakan Shalat pada Anak. Journal on Education. 05 (03). Maret-April.
  5. Ikramullah, & M Akbar. (2023). Analisis Penerapan Tata Cara Shalat Yang Benar Pada Anak-Anak TPA Geuceu Meunara. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat. 3 (1). 7-21.
  6. Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya. 5(1), 108-118.
  7. Marsye R., H., P., Ade I., & Wasitohadi. (2022). Evaluasi Strategi Bersaing di TK Tunas Kasih Klungkung. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. 9 (1). Januari-Juni. 89-90.
  8. Maulidiyah, & Dian A. (2022). Penerapan Pembelajaran Praktik Ibadah Shalat Sunnah Pada Mata Pelajaran Fiqih Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kelas VII MTs Pembangunan UIN Jakarta. Skripsi. Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  9. Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Miles and Huberman 1994. In Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook.
  10. Mutlak, & Alfius A. (2020). Disiplin Rohani Sebagai Praktek Ibadah Pribadi. Sola Gratia: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika. 4 (1). 1–24.
  11. Nurlaili, Alya Z., A., Ria H., Dhea S., & Fennika. (2023). Peran Guru Dalam Membimbing Ibadah Sholat Pada Anak Usia Dini Di Ra Darul Ikhlas. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis. 4 (2). April. 100-101.
  12. Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut baca terhadap minat membaca siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). 2(1), 81-85.
  13. Rahmat A., Yuni Y., S., & Dewi I. (2021). Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Program Keberagamaan di Mi Jam’iyyatul Khair Ciputat Timur. Jurnal Tarbawi.06 (01). 47.
  14. Saesti W., P. (2016). Perlibatan Oriang Tua dalm Program Sekolah di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini . Edisi 2 Tahun ke-5. 206.
  15. Sugiyono. (2013). Metode Penelitan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.if dan R & D. In Alfabeta.
  16. Tadkiroatun M. (2007). Permasalahan Membaca dan Menulis di KB dan TK. Jurnal Penelitian Humaniora, 12 (2). Oktober.
  17. Tatik A. (2014). Peningkatan Kemampuan Mmebaca Permulaan Melalui Penggunaan Gambar. Jurnal Pendidik Usia Dini. 8 Edisi I. April. 48.
  18. Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan. 16(1), 11-21
  19. Zurinal. A. (2008). Fiqih Ibadah. Jakarta: Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Cet.I.