Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh wax modeling terhadap motorik halus anak kelompok B TK Pertiwi Kota Sorong. Tujuan penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengetahui apakah pemodelan lilin berpengaruh terhadap motorik halus anak kelompok B TK Pertiwi Kota Sorong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemodelan lilin berpengaruh terhadap motorik halus anak kelompok B. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen semu. 10 anak akan berpartisipasi. Data dikumpulkan dengan observasi dan uji-t digunakan untuk analisis. Nilai t hitung yang diperoleh sebesar 5,277, sedangkan nilai t kritis pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,228 berdasarkan perhitungan SPSS v.25. Karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t kritis atau berada dalam interval penerimaan hipotesis alternatif (H1), maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa motorik halus anak kelompok B TK Pertiwi Kota Sorong dipengaruhi oleh permainan patung lilin.
Article Details
Copyright (c) 2024 grace tandi sinding, Nur imam Mahdi, Nur Rokhima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
- Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
- Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
- Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
- Arifudin, O., Halsbi, I., Setialwalti, E., Lestalriningrum, A., Suyaltno, A., Puspital, Y., Nugroho Cultur Salputro, A., Mal, M., Halrialnti, R., Ahmalndi, N . ... dalam Rismalwalti, N. (2021). Buah Masa Kecil menganalisis konsep pendidikan Dalsalr. 1.www.penerbitwidinal.com.
- Endang sriyani. Petingnya Melatih Kemampuan Motrik Halus Pada Anak. http://www.lazuardikamilagis.sch.id/ (06 Mei, 2020).
- Fadli, H. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Mahasantri, 1(2), 1–26.
- Feminin, K., & Pusari, R. W. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada AUD Melalui Kegiatan Bermain Konstruksi Plastisin Bentuk Huruf KelompokB RA Taqwal Ilah Semarang Tahun Ajaran2015/2016. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1173
- Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas AnakUsia. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 199. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689.
- Pasmawati, H., & Anggita, S. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan Plastisin untuk Menangani Anak Hiperaktif di Paud Islam Intan Insani Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 78–87. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.133-142.
- Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005
- Sari, D. W. P. (2013). Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(3) : 218-225.
- Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
- Sukaryasih, K. D., Ganing, N. N., & Putra, M. (2016). Penerapan Model Pakem Berbantuan Alat Permainan Edukatif Plastisin untuk Meningkatkan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7311.
- Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
- Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969
- Zaiti, H., Nasirun, N., & D, D. (2022). Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran di PAUD Segugus Rafflesia Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.18917
- Zuliyani, Mawar, Nasirun, Nasirun, & Wembrayarli, Wembrayarli. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Kembang Sepatu Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 81–88. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22251
References
Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
Arifudin, O., Halsbi, I., Setialwalti, E., Lestalriningrum, A., Suyaltno, A., Puspital, Y., Nugroho Cultur Salputro, A., Mal, M., Halrialnti, R., Ahmalndi, N . ... dalam Rismalwalti, N. (2021). Buah Masa Kecil menganalisis konsep pendidikan Dalsalr. 1.www.penerbitwidinal.com.
Endang sriyani. Petingnya Melatih Kemampuan Motrik Halus Pada Anak. http://www.lazuardikamilagis.sch.id/ (06 Mei, 2020).
Fadli, H. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Mahasantri, 1(2), 1–26.
Feminin, K., & Pusari, R. W. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada AUD Melalui Kegiatan Bermain Konstruksi Plastisin Bentuk Huruf KelompokB RA Taqwal Ilah Semarang Tahun Ajaran2015/2016. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1173
Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas AnakUsia. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 199. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689.
Pasmawati, H., & Anggita, S. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan Plastisin untuk Menangani Anak Hiperaktif di Paud Islam Intan Insani Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 78–87. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.133-142.
Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005
Sari, D. W. P. (2013). Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(3) : 218-225.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukaryasih, K. D., Ganing, N. N., & Putra, M. (2016). Penerapan Model Pakem Berbantuan Alat Permainan Edukatif Plastisin untuk Meningkatkan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7311.
Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969
Zaiti, H., Nasirun, N., & D, D. (2022). Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran di PAUD Segugus Rafflesia Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.18917
Zuliyani, Mawar, Nasirun, Nasirun, & Wembrayarli, Wembrayarli. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Kembang Sepatu Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 81–88. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22251