Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh wax modeling terhadap motorik halus anak kelompok B TK Pertiwi Kota Sorong. Tujuan penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengetahui apakah pemodelan lilin berpengaruh terhadap motorik halus anak kelompok B TK Pertiwi Kota Sorong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemodelan lilin berpengaruh terhadap motorik halus anak kelompok B. Penelitian ini  dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen semu.  10 anak akan berpartisipasi. Data dikumpulkan dengan observasi dan uji-t digunakan untuk analisis. Nilai t hitung yang diperoleh sebesar 5,277, sedangkan nilai t kritis pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,228 berdasarkan perhitungan SPSS v.25. Karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t kritis atau berada dalam interval penerimaan hipotesis alternatif (H1), maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa motorik halus anak kelompok B TK Pertiwi Kota Sorong dipengaruhi oleh permainan patung lilin.

Article Details

How to Cite
tandi sinding, grace, Mahdi, N. imam, & Rokhima, N. (2024). Pengaruh Permainan Plastisin Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Di TK Pertiwi Kota Sorong . Jurnal PENA PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.31689

References

  1. Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
  2. Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
  3. Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
  4. Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
  5. Arifudin, O., Halsbi, I., Setialwalti, E., Lestalriningrum, A., Suyaltno, A., Puspital, Y., Nugroho Cultur Salputro, A., Mal, M., Halrialnti, R., Ahmalndi, N . ... dalam Rismalwalti, N. (2021). Buah Masa Kecil menganalisis konsep pendidikan Dalsalr. 1.www.penerbitwidinal.com.
  6. Endang sriyani. Petingnya Melatih Kemampuan Motrik Halus Pada Anak. http://www.lazuardikamilagis.sch.id/ (06 Mei, 2020).
  7. Fadli, H. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Mahasantri, 1(2), 1–26.
  8. Feminin, K., & Pusari, R. W. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada AUD Melalui Kegiatan Bermain Konstruksi Plastisin Bentuk Huruf KelompokB RA Taqwal Ilah Semarang Tahun Ajaran2015/2016. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1173
  9. Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas AnakUsia. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 199. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689.
  10. Pasmawati, H., & Anggita, S. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan Plastisin untuk Menangani Anak Hiperaktif di Paud Islam Intan Insani Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 78–87. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.133-142.
  11. Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005
  12. Sari, D. W. P. (2013). Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(3) : 218-225.
  13. Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
  14. Sukaryasih, K. D., Ganing, N. N., & Putra, M. (2016). Penerapan Model Pakem Berbantuan Alat Permainan Edukatif Plastisin untuk Meningkatkan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7311.
  15. Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
  16. Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969
  17. Zaiti, H., Nasirun, N., & D, D. (2022). Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran di PAUD Segugus Rafflesia Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.18917
  18. Zuliyani, Mawar, Nasirun, Nasirun, & Wembrayarli, Wembrayarli. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Kembang Sepatu Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 81–88. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22251