Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh wax modeling terhadap motorik halus anak kelompok B TK Pertiwi Kota Sorong. Tujuan penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengetahui apakah pemodelan lilin berpengaruh terhadap motorik halus anak kelompok B TK Pertiwi Kota Sorong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemodelan lilin berpengaruh terhadap motorik halus anak kelompok B. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen semu. 10 anak akan berpartisipasi. Data dikumpulkan dengan observasi dan uji-t digunakan untuk analisis. Nilai t hitung yang diperoleh sebesar 5,277, sedangkan nilai t kritis pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,228 berdasarkan perhitungan SPSS v.25. Karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t kritis atau berada dalam interval penerimaan hipotesis alternatif (H1), maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa motorik halus anak kelompok B TK Pertiwi Kota Sorong dipengaruhi oleh permainan patung lilin.
Article Details
Copyright (c) 2024 grace tandi sinding, Nur imam Mahdi, Nur Rokhima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
- Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
- Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
- Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
- Arifudin, O., Halsbi, I., Setialwalti, E., Lestalriningrum, A., Suyaltno, A., Puspital, Y., Nugroho Cultur Salputro, A., Mal, M., Halrialnti, R., Ahmalndi, N . ... dalam Rismalwalti, N. (2021). Buah Masa Kecil menganalisis konsep pendidikan Dalsalr. 1.www.penerbitwidinal.com.
- Endang sriyani. Petingnya Melatih Kemampuan Motrik Halus Pada Anak. http://www.lazuardikamilagis.sch.id/ (06 Mei, 2020).
- Fadli, H. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Mahasantri, 1(2), 1–26.
- Feminin, K., & Pusari, R. W. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada AUD Melalui Kegiatan Bermain Konstruksi Plastisin Bentuk Huruf KelompokB RA Taqwal Ilah Semarang Tahun Ajaran2015/2016. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1173
- Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas AnakUsia. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 199. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689.
- Pasmawati, H., & Anggita, S. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan Plastisin untuk Menangani Anak Hiperaktif di Paud Islam Intan Insani Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 78–87. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.133-142.
- Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005
- Sari, D. W. P. (2013). Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(3) : 218-225.
- Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
- Sukaryasih, K. D., Ganing, N. N., & Putra, M. (2016). Penerapan Model Pakem Berbantuan Alat Permainan Edukatif Plastisin untuk Meningkatkan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7311.
- Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
- Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969
- Zaiti, H., Nasirun, N., & D, D. (2022). Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran di PAUD Segugus Rafflesia Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.18917
- Zuliyani, Mawar, Nasirun, Nasirun, & Wembrayarli, Wembrayarli. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Kembang Sepatu Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 81–88. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22251
References
Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
Arifudin, O., Halsbi, I., Setialwalti, E., Lestalriningrum, A., Suyaltno, A., Puspital, Y., Nugroho Cultur Salputro, A., Mal, M., Halrialnti, R., Ahmalndi, N . ... dalam Rismalwalti, N. (2021). Buah Masa Kecil menganalisis konsep pendidikan Dalsalr. 1.www.penerbitwidinal.com.
Endang sriyani. Petingnya Melatih Kemampuan Motrik Halus Pada Anak. http://www.lazuardikamilagis.sch.id/ (06 Mei, 2020).
Fadli, H. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Mahasantri, 1(2), 1–26.
Feminin, K., & Pusari, R. W. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada AUD Melalui Kegiatan Bermain Konstruksi Plastisin Bentuk Huruf KelompokB RA Taqwal Ilah Semarang Tahun Ajaran2015/2016. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1173
Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas AnakUsia. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 199. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689.
Pasmawati, H., & Anggita, S. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan Plastisin untuk Menangani Anak Hiperaktif di Paud Islam Intan Insani Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 78–87. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.133-142.
Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005
Sari, D. W. P. (2013). Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(3) : 218-225.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukaryasih, K. D., Ganing, N. N., & Putra, M. (2016). Penerapan Model Pakem Berbantuan Alat Permainan Edukatif Plastisin untuk Meningkatkan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7311.
Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
Utari, Y. F., Sumarsih, S., & Yulidesni, Y. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13969
Zaiti, H., Nasirun, N., & D, D. (2022). Prosedur Pelaksanaan Pembelajaran di PAUD Segugus Rafflesia Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 72–80. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.18917
Zuliyani, Mawar, Nasirun, Nasirun, & Wembrayarli, Wembrayarli. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Kembang Sepatu Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 81–88. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22251