Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dimulai dengan menemukan bahwa siswa TK Islam Asshafa, khususnya anak-anak berusia empat hingga lima tahun, memiliki kemampuan yang kurang baik dan lemah untuk mengenal berbagai huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak-anak tersebut dalam mengenal huruf dengan menggunakan media papan pintar selama proses pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif sama pentingnya seperti untuk penelitian formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan pintar huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak. Pada siklus I, 4 siswa mendapatkan katogeri yang sangat baik, dengan persentase 23,52 %, dan pada siklus II, 14 siswa mendapatkan katogeri yang sangat baik, dengan persentase 82,35%. Dapat disimpulkan bahwa media papan pintar huruf dapat meningkatkan minat dan antusiasme anak dalam pembelajaran mengenal huruf.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Dewi Nur Hayati, Fidrayani, Dewi Nabila Harfiah, Nuraida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Andini, A. N. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.18860/jpaui.v1i1.1076
- Heliati Fajriah, C. M. S. P. R. (2021). Pengembangan Media Papan Pintar Huruf Untuk Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 143. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10485
- Hiramoto, T., Onumata, Y., Manabe, Y., Takaba, H., Corporation, E., Energy, A., Flory, P. J., Æ, Ì., Sato, T., Geometry, R., Analysis, G., Muraki, M., Nakamura, K., Geometry, R., & Analysis, G. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.
- Kusumawati, & Widayati, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyebutkan Bunyi Huruf Melalui Media Papan Pintar Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah 65 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 07(2), 35–43. https://core.ac.uk/download/pdf/230644082.pdf
- Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
- Muhammad Yaumi, M. D. (2014). Teori, Model, dan Aplikasi. The American Journal of Nursing, 51(12), 739–740.
- Mulyatiningsih, E. (2012). Modul Metode Penelitian Tidakan Kelas. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id
- Purwati, T. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Se- the Ability To Recognize Letters in Children Aged 4-5 Years in. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(5), 360–369.
- RIDVIA, R. (2013). Analisis Penelitian Kuantitatif. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
- Suberti, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Permainan Kotak Alfabet. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(2), 186–197.
References
Andini, A. N. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.18860/jpaui.v1i1.1076
Heliati Fajriah, C. M. S. P. R. (2021). Pengembangan Media Papan Pintar Huruf Untuk Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 143. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10485
Hiramoto, T., Onumata, Y., Manabe, Y., Takaba, H., Corporation, E., Energy, A., Flory, P. J., Æ, Ì., Sato, T., Geometry, R., Analysis, G., Muraki, M., Nakamura, K., Geometry, R., & Analysis, G. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.
Kusumawati, & Widayati, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyebutkan Bunyi Huruf Melalui Media Papan Pintar Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah 65 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 07(2), 35–43. https://core.ac.uk/download/pdf/230644082.pdf
Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
Muhammad Yaumi, M. D. (2014). Teori, Model, dan Aplikasi. The American Journal of Nursing, 51(12), 739–740.
Mulyatiningsih, E. (2012). Modul Metode Penelitian Tidakan Kelas. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id
Purwati, T. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Se- the Ability To Recognize Letters in Children Aged 4-5 Years in. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(5), 360–369.
RIDVIA, R. (2013). Analisis Penelitian Kuantitatif. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
Suberti, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Permainan Kotak Alfabet. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(2), 186–197.