Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dimulai dengan menemukan bahwa siswa TK Islam Asshafa, khususnya anak-anak berusia empat hingga lima tahun, memiliki kemampuan yang kurang baik dan lemah untuk mengenal berbagai huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak-anak tersebut dalam mengenal huruf dengan menggunakan media papan pintar selama proses pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif sama pentingnya seperti untuk penelitian formal.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan pintar huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak. Pada siklus I, 4 siswa mendapatkan katogeri yang sangat baik, dengan persentase 23,52 %, dan pada siklus II, 14 siswa mendapatkan katogeri yang sangat baik, dengan persentase 82,35%. Dapat disimpulkan bahwa media papan pintar huruf dapat meningkatkan minat dan antusiasme anak dalam pembelajaran mengenal huruf.

Keywords

Kemampuan mengenal huruf; Media pembelajaran; Papan pintar .

Article Details

How to Cite
Nuraida, Nur Hayati, D., Nabila Harfiah, D., & Fidrayani. (2024). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Papan Pintar Huruf Usia 4-5 Tahun Di TK Islam Asshafa. Jurnal PENA PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.32156

References

  1. Andini, A. N. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.18860/jpaui.v1i1.1076
  2. Heliati Fajriah, C. M. S. P. R. (2021). Pengembangan Media Papan Pintar Huruf Untuk Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 143. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10485
  3. Hiramoto, T., Onumata, Y., Manabe, Y., Takaba, H., Corporation, E., Energy, A., Flory, P. J., Æ, Ì., Sato, T., Geometry, R., Analysis, G., Muraki, M., Nakamura, K., Geometry, R., & Analysis, G. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.
  4. Kusumawati, & Widayati, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyebutkan Bunyi Huruf Melalui Media Papan Pintar Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah 65 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 07(2), 35–43. https://core.ac.uk/download/pdf/230644082.pdf
  5. Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
  6. Muhammad Yaumi, M. D. (2014). Teori, Model, dan Aplikasi. The American Journal of Nursing, 51(12), 739–740.
  7. Mulyatiningsih, E. (2012). Modul Metode Penelitian Tidakan Kelas. Bandung Rosdakarya, 1–22. staff.uny.ac.id
  8. Purwati, T. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Se- the Ability To Recognize Letters in Children Aged 4-5 Years in. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(5), 360–369.
  9. RIDVIA, R. (2013). Analisis Penelitian Kuantitatif. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
  10. Suberti, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Permainan Kotak Alfabet. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(2), 186–197.