Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B, dari hasil observasi peneliti masih menemukan anak yang kemampuan mengenal bentuk geometri belum berkembang, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan ludo sebagai bahan ajar terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri  anak kelompok B PAUD Kasih Bunda Tanding Marga. Peneliti ini menggunakan metode Kuantitatif Eksperimen, Subjek dan penelitian ini adalah PAUD Kasih Bunda Desa Tanding Marga dengan sampel yang diambil kelas B1 sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data  digunakan observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk melihat atau mengamati kemampuan mengenal; bentuk geometri anak dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesi. Hasil hipotesis yang didapatkan oleh peneliti setelah melakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) dengan melakukan pengunjian normalitas, homogenitas dan hipotetsis. Hasil dari perhitungan tersebut diperoleh  =-201,000 =1,73 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berati ada pengaruh permainan ludo terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak kelompok B PAUD Kasih Bunda Tanding Marga.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
syah, S. J. Y., Muhtarom, & Fitri, I. (2024). PENGARUH PERMAINAN LUDO TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK KELOMPOK B DI PAUD KASIH BUNDA TANDING MARGA. Jurnal PENA PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.32858

Referensi

  1. Adisti, Yulia, Suryadi, D., & Eka Daryati, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B PAUD Sandhy Putra Telkom Kota Bengkulu Dan PAUD Pembina Desa Kayu Kunyit Bengkulu Selatan: Kemampuan Membaca Anak Kelompok B . Jurnal PENA PAUD, 3(2), 18–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i2.24328
  2. Amelia, T., Suryadi, D., & Daryati, M. E. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Anyelir Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22268
  3. Anah, usmi, Suryadi, D., & Suprapti, A. (2020). Studi Deskriptif Kemampuan Membaca Anak Kelompok B ditinjau Dari Status Jender Di PAUD Segugus Kelapa Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13971
  4. Ananda, R., Suryadi, D., & Wembrayarli, W. (2021). Keterlibatan Orangtua Dalam Aktivitas Literasi Baca Anak Kelempok B. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 70. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.14744
  5. Anggeraini, R., Nasirun, M., & Yulisdeni, Y. (2020). Kendala Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.13968
  6. Apriani, W., Saparahayuningsih, S., & Daryati, M. E. (2021). Persepsi Guru Terhadap Modul Media Pembelajaran Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Se-Gugus Mawar Merah Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 60. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i1.15802
  7. Cania, S., Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh Media Glowing City Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1).
  8. Hasanah, U., Wijayanti, R., & Liesdiani, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2),
  9. Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
  10. Istiqomah, I., & Prasetyo, A.(2019) Upaya Meningkatkan Pengenalan Bentuk Geometri Dengan Metode Demonstrasi Kelompok A Paud Bina Ceria Semarang. Paudia, 4(1).
  11. Jihan, A. N. F., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).
  12. Khodizah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo Fisika Pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
  13. Maria, S., Saputri, D. F., & Sukadi, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya, 4(1).
  14. Ningsih, S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Bentuk Geometri Melalui Penggunaan Media Benda Konkrit Di Ra Darul Ulum Perdagangan (Doctoral dissertation).
  15. Nuraini, A. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik pada Kantor Kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau Kabupaten Buol. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12).
  16. Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan klasifikasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005
  17. Rezi Hardina dkk, Pengaruh Media Menara Tancap Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai,Vol.6.No.1.2022
  18. Ridwan, T., Hidayat, E., & Abidin, Z. (2020). Edugames N-Ram Untuk Pembelajaran Geometri Pada Anak Usia Dini. Jurnal Teknoinfo, 14(2).
  19. Sairo, H., Sumampouw, H. J., & Walangitan, O. (2018). Pengaruh Startegi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Ikan Kaleng Isabella pada PT. Sinar Purefoods Internasional Bitung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(002).
  20. Sari, F. K., & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh media realia terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1).
  21. Siregar, R. R., Simatupang, W. W., & Ani, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SDS Al-Ulum. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1).
  22. Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Geometri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).
  23. Surbakti, P. F. A. M., SS, S. S., & Daryati, M. E. (2021). Tinjauan Guru Tentang Evaluasi Perkembangan Motorik Halus Selama Pembelajaran Daring Di Kelompok B Se-Gugus Asparagus Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.33369/penapaud.v2i2.16776
  24. Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Al-Fathonah, 1(1).
  25. Wahyudi, A. I. H. A., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02).
  26. Wondal, R., Samad, R., & Kore, D. (2020). Peran Permainan Ludo Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2).
  27. Yanti, E. N., Kurniah, N., & Yulisdeni, Y. (2020). Permasalahan guru dalam pengelolaan Alat Permainan Edukatif di Kelas. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14094
  28. Zuliyani, Mawar, Nasirun, Nasirun, & Wembrayarli, Wembrayarli. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Kelompok B Di PAUD Se-Gugus Kembang Sepatu Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 3(1), 81–88. https://doi.org/10.33369/penapaud.v3i3.22251