Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap mata pelajaran fisika di kelas X Mipa 1 SMA Negeri 1 Adhyaksa Kota Jambi. Minat siswa sangat berperan penting karena jika siswa berminat maka prestasi belajar siswa juga akan semakin bagus. Minat belajar sendiri memiliki pengaruh dalam pencapaian prestasi siswa dalam mata pelajaran fisika, dengan adanya minat belajar akan membantu siswa memahami materi fisika yang cukup abstrak. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan instrumen angket untuk mengumpulkan data. Angket yang digunakan sebanyak 30 butir pernyataan dengan responden sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 29 siswa mendapatkan hasil yang cukup baik dan sebanyak 1 orang mendapatkan hasil yang kurang baik. Dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa kelas X Mipa 1 sudah memiliki minat yang cukup terhadap mata pelajara fisika. Siswa yang memiliki minat yang cukup baik memungkinkan untuk melakukan tindakan nyata dari minat yang dimiliki, sedangkan untuk siswa yang memiliki minat yang baik diharapkan dapat berkarir di bidang sains terutama fisika.

Article Details

How to Cite
Chen, D., Putri, N. D., Meliza, W., Astuti, Y., Wicaksono, L. Y., & Putri, W. A. (2020). Identifikasi Minat Siswa SMA Kelas X Terhadap Mata Pelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 36–39. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.36-39

References

  1. Astalini, et all. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial Dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Di Bidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muara Jambi. Jurnal Tarbiyah, 7(2).
  2. Astalini, et all. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2), 59.
  3. Hamdi, dan Rahim, C., (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sakti. Jurnal Sains Riset, 9(3).
  4. Kambuaya, Carlos. (n.d). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan, Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan Papua Barat Di Kota Bandung. Social work jurnal, 5(2), 160.
  5. Kurniawan, D. A., et all. (2018). Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA Di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 125.
  6. Matondang, Asnawati. (2018). Pengaruh Antara Minat dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 24.
  7. Nurhasanah, Siti.,dan Sobandi, A . (2016). Minat Belajar Siswa Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1).
  8. Prayuga, Yugi, dan Abadi, A. P. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1052.
  9. Putri, Kabela, et all. (2017). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 PRAJEKAN Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal pendidikan ilmu pendidikan, dan ilmu social., 11(1), 67.
  10. Putri, D. T. N., dan Isnani, G. (2015). Pengaruh Minat Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 118.
  11. Sirait, Erlando. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1).
  12. Slamento. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  13. Susanto, Haris. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.